Senin, 06 Juni 2016

Bertemu Acil Iyam di Samarinda

Senin, 6 Juni 2016




Saya mempunyai acil (bibi, tante dalam Bahasa Banjar) di Samarinda, Kalimantan Timur. Namanya Hj Siti Mariam, biasa disapa Haji Iyam. Beliau merupakan adik dari ibu saya. Sudah lama bermukim disana. Karena ikut suami.



Walau sudah lama berdiam di Samarinda, saya belum pernah kesana sekalipun. Jadi pas kegiatan bajalanan keluarga besar MTsN Angkinang, tak saya sia-siakan untuk ikut dan singgah ke rumah sidin. Kebetulan tempat kami menginap tak jauh dari rumah acil saya tersebut. Kalau berjalan kaki sekitar 1 kilometer saja.



Haji Iyam biasanya pulang ke Angkinang setahun sekali, pas momen lebaran Idul Fitri. Tapi katanya kali ini beliau menyatakan tidak pulang. Jadi pas sekali saya datang kesana bersilaturrahmi sekaligus tahu tempat sidin bagana.



Saya bermalam bersama sepupu saya. Rumah acil berada di Jalan RE Martadinata Samarinda. Berada di pinggir jalan raya dan hanya beberapa ratus meter dari tepi sungai Mahakam.



Saya dan sepupu saya naik ke rumah di tingkat dua. Kami disediakan kamar untuk tidur. Setelah mandi saya berbincang di ruang tamu sambil menonton televisi. Saya disuguhi sirup dan beberapa wadai. Tak lama kemudian karena mengantuk saya pamit untuk tidur.



Karena siangnya saya full bajalanan ke  Tenggarong bersama rombongan MTsN Angkinang. Di dalam kamar cukup nyaman sekali. Terlihat di dinding foto-foto keluarga dan ada juga foto tokoh ulama Kalsel Guru Sekumpul. Tak lama setelah itu saya terlelap.



Pukul 05.00 WITA saya bangun. Lalu mandi dan shalat Subuh. Setelah itu kami pamit pulang menuju penginapan dengan berjalan kaki diantar H Suni, suami acil Iyam. (akhmad husaini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Akun Kegiatan Harian

 Kamis, 25 April 2024 Dugal punya akun kegiatan harian / vlog diary di Snack Video dengan nama OK 18, itu singkatan dari Orang Kebun, sement...