Jumat, 30 Januari 2015

Hulu Sungai Selatan Dilanda Banjir

Sabtu, 31 Januari 2015




            Hujan yang mengguyur Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan, membuat sungai Amandit meluap. Dampaknya daerah rendah dilanda banjir, Jum’at (30/01/2015) sekitar pukul 12.00 WITA. Banjir ini merupakan yang kesekian kali terjadi.
            Beberapa pemukiman warga terendam. Ternasuk jalanan. Seperti yang terjadi di Pandai, Taluk Aman, Banyu Barau, Sungai Kupang dan Pisangan. Semuanya ada di Kecamatan Kandangan. Akses jalan terhambat. Warga berupaya menyelamatkan barang berharga yang ada di rumah mereka ke tempat yang lebih tinggi. Tim SAR Gabungan HSS yang terdiri dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) HSS, Tagana HSS, BPK HSS, dan yang lainnya bahu membahu turun langsung membantu korban banjir.
            Selain itu banjir dimanfaatkan anak-anak sebagai tempat bermain. Mereka tampak asyik melakukan permainan memanfaatkan genangan air banjir untuk kesenangan. “Asyik sekali mumpung banjir kami bermain beramai-ramai,” ujar Udin, seorang anak berusia SD di Taluk Aman.
            Selain di Kandangan banjir juga terjadi di Kecamatan Angkinang. Sungai Angkinang meluap. Beberapa tempat terendam. Rumah warga yang berada di bantaran sungai turut terendam setinggi lutut orang dewasa. “Mudahan banjir kali ini tidak lama. Sehingga airnya bisa surut ,” ujar Asnah, warga Angkinang.
            Asnah berharap pihak berwenang di Kabupaten HSS bisa ikut prihatin  dengan adanya banjir ini. “Mudahan para pejabat atau wakil rakyat turut peduli melihat keadaan warganya yang dilanda banjir. Dengan memberikan bantuan bukan saja dalam bentuk materi tapi juga moril,” ujar Asnah.
            Sampai pukul 17.00 WITA air masih belum surut. Pihak BPBD HSS selalu siap siaga di lapangan untuk membantu. (akhmad husaini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jembatan MTsN 3 HSS Jumat Pagi

 Jumat, 26 April 2024 Melihat kondisi jembatan kayu ulin MTsN 3 HSS, pada hari Jumat (26/04/2024) pagi. (ahu)