Kamis, 10 April 2014

Atlas Tematik HSS Digemari Siswa

Jum'at, 11 April 2014




Satu lagi buku di Perpustakaan Darul Fikri Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Angkinang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) bertambah. Kali ini berupa koleksi buku Atlas Tematik Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Di HSS hanya beberapa sekolah yang mendapatkannya, termasuk MTsN Angkinang. Karena dicetak terbatas.
            Buku itu memuat potensi HSS sepertipertanian, pendidikan, kesehatan, dan pariwisata. Buku setebal 76 halaman itu berukuran 30 x 20 cm itu ternyata cukup digemari siswa.

            Seperti yang dilakukan oleh Miftah Nanda Putra, siswa Kelas VII B. Ia terlihat asyik membaca buku tersebut saat jam istirahat. “Jarang ada buku bernuansa daerah. Isinya cukup bagus. Dari tidak tahu saya menjadi tahu. Menambah wawasan tentang HSS terkini,” ucap siswa yang biasa disapa Nanda ini.
            Dalam buku tersebut ditunjang foto-foto yang berhubungan dengan isi materi. “Mudahan buku ini bisa bermanfaat bagi teman-teman siswa. Semoga buku sejenis bisa diperbanyak,” ujar Nanda.
            Sementara itu Mahmudin, S.Pd, Pengelola Perpustakaan Darul Fikri mengatakan buku Atlas Tematik HSS itu merupakan bantuan Pemkab HSS. Karena terbatas hanya beberapa sekolah yang dapat. “ Bukunya hanya 20 eksemplar. Untuk itu kita pelihara dengan sebaik mungkin,” kata Mahmudin.
            Menurut Mahmudin hampir tiap hari buku tersebut dipinjam siswa baik untuk dibaca di tempat maupun dibawa pulang. “Hanya diberi waktu sehari bila dibawa pulang ke rumah setelah itu dikembalikan lagi,” ujar Mahmudin
            Mukhlianor, S.Pd, guru IPS mengatakan adanya buku tersebut sangat membantu untuk menyelesaikan tugas siswa. “Sewaktu-waktu saya menugaskan siswa untuk mengenal potensi  daerah dan menggambar peta HSS. Jadi buku itu bisa dimanfaatkan oleh siswa,” ujar Mukhlianor. (akhmad husaini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jembatan MTsN 3 HSS Jumat Pagi

 Jumat, 26 April 2024 Melihat kondisi jembatan kayu ulin MTsN 3 HSS, pada hari Jumat (26/04/2024) pagi. (ahu)