Senin, 22 September 2014

MTsN Angkinang Promosikan Lamang Kandangan

Selasa, 23 September 2014




Ada yang menarik pada pelaksanaan upacara bendera di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Angkinang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Senin (22/9/2014) tadi. Pada akhir kegiatan anggota paduan suara yang diikuti dengan keyboard membawakan lagu baru berjudul Lamang Kandangan dihadapan para guru dan siswa.
Lagu karya seniman HSS tersebut cukup enak didengarkan di telinga. “ Lagu berbahasa Banjar ini merupakan karya seniman HSS. Kami mendengarnya pertama kali saat acara Konferensi PGRI se Kalsel beberapa waktu lalu. Alhamdulillah siswa kami cepat menyerap untuk membawakannya,” ujar Akhmad Yamani, S.Ag.
Lagu tersebut, disampaikan Yamani berisi tentang Lamang Kandangan, kuliner khas Kabupaten HSS yang sudah populer di Kalimantan Selatan. “ Lagu ini menggambarkan tentang Lamang Kandangan yang biasa dijual di pasar Subuh. Lalu ada Utuh dan Galuh membawa lamang yang ada dalam bambu tersebut. Cara memakannya ditemani kijing bersama sambal,” ujar Yamani mengutip isi lagu.
Sifaun Nazirah, siswi Kelas IX D, yang ikut membawakan lagu tersebut, cukup bangga dengan adanya lagu khas Kandangan tersebut. “ Ini sebagai sarana promosi khazanah seni budaya yang dimiliki Kabupaten HSS,” ujar Sifaun Nazirah. (akhmad husaini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Akun Kegiatan Harian

 Kamis, 25 April 2024 Dugal punya akun kegiatan harian / vlog diary di Snack Video dengan nama OK 18, itu singkatan dari Orang Kebun, sement...