Selasa, 23 September 2014

Siswa Senang Karyanya Dipajang

Rabu, 24 September 2014




            Ternyata kemampuan siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) MTsN Angkinang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) dalam membuat kerajinan tangan tak diragukan lagi. Buktinya mereka bisa melahirkan karya dengan inovasi dan kreatif. Hal ini sebagai usaha memanfaatkan barang bekas yang selama ini dianggap sampah. Bisa bernilai jual tinggi. Seperti kardus, gelas air mineral, bungkus plastik makanan ringan, dsb.
            Barang bekas tersebut disulap menjadi aneka kerajinan yang bernilai jual tinggi. Seperti tas, mainan anak, tempat tisu, rumah-rumahan, dsb. Barang itu hasilnya dapat dilihat di salah satu sudut koperasi madrasah.
            Hasiati, S.Ag, guru Seni Budaya menyampaikan dengan adanya pemajangan karya siswa tersebut kalau-kalau ada yang berminat membelinya. Baik guru maupun siswa sendiri. “ Sehingga siswa lebih semangat dalam berkarya. Karya siswa dihargai walau hanya sebatas dipajang di koperasi madrasah. Soal laku atau tidak itu belakangan,” ujar Hasiati, Rabu (24/9/2014).
            Menurut Hasiati, karya yang dipajang sudah merupakan pilihan. “ Ini cukup bagus sebagai penarik minat kalau-kalau ada yang berminat membelinya,” ujar Hasiati.
            Dalam tugas praktek Seni Budaya, Hasiati mengatakan, ia berusaha memotivasi siswa untuk memanfaatkan barang bekas sebagai media karyanya. “ Selain sebagai tugas belajar juga menyalurkan bakat siswa dalam karya kerajinan tangan. Yang punya nilai ekonomis,” ujar Hasiati.
            Nurhikmah, siswi Kelas VIII B, mengaku bangga hasil karya siswa, termasuk karyanya, ikut dipajang di koperasi madrasah. “ Tentu bangga sekali. Kami merasa diperhatikan. Mudahan kami akan terus berkarya,” ujar Nurhikmah.
            Nurhikmah berharap koperasi madrasah terus berusaha memajang karya siswa. “ Selain itu pula bisa diikutkan pada ajang pameran di luar madrasah,” ujar Nurhikmah. (akhmad husaini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)