Senin, 12 November 2012

REFLEKSI 33 TAHUN AKHMAD HUSAINI

Selasa, 13 November 2012




MASIHKAH ADA HARAPAN DISISA PERJALANAN INI ?

            Hidup adalah gerak yang tidak pernah diam. Hidup memuat berbagai masalah. Dan masalah yang dihadapi manusia sepertinya tidak pernah tuntas, sebab selesai masalah yang satu, akan muncul masalah yang baru. Begitu seterusnya, hingga akhirnya masalah itu bermuara pada masalah yang paling besar. Disinilah akan ditentukan harkat dan martabat seorang manusia yang sesungguhnya : adakah ia akan mundur teratur menghadapi masalah itu dengan resiko dicap sebagai pribadi yang kalah dan pengecut, ataukah maju pantang menyerah sehingga akhirnya ia berhak menyandang gelar pribadi yang besar ?
Ahad, 18 November 2012 genap 33 tahun usia saya. Ada banyak hal mengemuka. Ingin memberikan sumbangsih kepada keluarga, agama, dan bangsa.
            Saya ingin menaikhajikan kedua orangtua. Keinginan lainpun belum terkabulkan. Usia 33 tahun bukan usia muda lagi. 33 tahun usia yang sudah matang. Uban mulai tumbuh. Pertanda peringatan : kamu sudah tua !
            Sementara pada kenyataannya diusia 33 tahun saya masih menyandang predikat : bujangan, masih honorer, belum beristeri, belum punya anak, belum bisa membahagiakan orangtua, masih tinggal dengan orangtua, dsb.
            Sementara teman-teman seangkatan saya : sudah kawin, sudah punya anak, dapat posisi strategis dalam pekerjaan, ada yang jadi kepala sekolah, jadi kepala KUA di sebuah kecamatan di Kabupaten Kotabaru, dsb.
            Saya ingin menjadi lebih baik dan berubah. Tapi apa daya kemampuan terbatas. Ekonomi keluarga yang pas-pasan. Andai saja setamat Aliyah dulu saya kuliah. Tentu sekarang saya akan menikmati hasilnya.
            Tapi kenyataannya setamat MAN saya tidak melanjutkan studi ke jenjang berikutnya. Banyak rekan yang mengusulkan saya agar kuliah. Tapi itu sekedar usul saja. Yang menyandang dananya saya juga.
            Alangkah indahnya bila saya menjadi orang yang mapan dan sukses. Jadi orang terkenal. Dihormati oleh semua kalangan. Suatu waktu menggelar reunian sekolah. Ketemu dengan teman-teman lama. Ingin memamerkan diri : Nih sekarang saya jadi orang penting dan terkenal…!
            Itu cuma khayalan saya saja. Saya berusaha untuk selalu bersyukur atas segala nikmat Allah SWT yang diberikan kepada saya. Inilah yang harus saya jalani sekarang.
            Sejak kecil saya sudah hobi membaca. Hingga dikalangan keluarga saya digelari kutu buku. Saat sekolah di SDN Angkinang 1 sering meminjam buku di perpustakaan. Biasanya seminggu sekali jadwal peminjamannya. Setiap murid diberi jatah 2 buku yang bisa dibawa pulang ke rumah.
            Kebiasaan membaca terbawa hingga saya sekolah di MTsN Angkinang. Buku apa saja saya lahap habis. Termasuk juga koran pembungkus nasi pundut yang dijual di kantin sekolah.
            Keinginan untuk menulis muncul kala saya duduk di bangku MAN 2 Kandangan. Hasilnya tulisan saya muncul di SKH Banjarmasin Post untuk pertama kalinya di rubrik Kreasi Remaja. Dampak penulisan itu saya terkenal di sekolah. Teman dan guru pun memuji. Saya kian bergairah menulis. Hingga kini tak terhitung tulisan saya dimuat di media massa.
            Sebagai rasa cinta terhadap Kabupaten Hulu Sungai Selatan sekaligus menyalurkan hobi menulis, tahun 2008 saya membuat blog bertitel : http://sketsahss212.blogspot.com
            Kenapa memakai nama SKETSAHSS212 ? SKETSA berarti lukisan atau gambaran tentang Kabupaten Hulu Sungai Selatan, tempat saya dilahirkan, dibesarkan, dan tempat tinggal saya sekarang.
            Lalu apa 212 itu ? Ini tak ada hubungannya dengan Wiro Sableng. Tapi merupakan tanggal Hari Jadi Kabupaten HSS yakni 2 Desember (12). Hingga kini blog saya kian ditingkatkan kualitasnya. Judul blognya saya ubah menjadi jurnal.hss, Semua Tentang Kabupaten Hulu Sungai Selatan Ada Disini.
            Saya berharap blog saya ini dapat menjadi referensi bagi siapa saja yang ingin mengenal lebih dekat dengan Kabupaten HSS.
            Mimpi saya tulisan dan foto-foto diblog saya ini jadi bahan rujukan pemerintah atau instansi lain yang ingin menulis buku atau laporan kegiatan yang berhubungan dengan Kabupaten HSS.
            Mudah-mudahan di usia ke 33 tahun ini saya lebih memantapkan keimanan. Selain itu kualitas kepenulisan saya kian meningkat. Semoga !

Kandangan, 11-11-2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi AHU : Watak Simbol Intonasi Perangai Jingga

 Jumat, 22 Maret 2024 Cerita guramang alasan manis kian sinis watak simbolis kehendak penawar lara senarai kehendak intim suara nurani ego k...