Minggu, 18 November 2012

KERAJINAN TRADISIONAL HSS

Jum'at, 16 November 2012








MERAUP UNTUNG LEWAT TANGGUK


            Nama  Sari di Desa Angkinang Selatan cukup dikenal. Sehari-hari ia jadi muadzin di Langgar Al Kautsar. Urusan keagamaan ditempat ibadah tersebut ialah yang mengurusnya.
            Namun Sari punya keahlian lain dalam bidang kerajinan tradisional berupa tangguk. Alat penciduk ikan yang terbuat dari rangkaian bilah-bilah bambu dan paikat. Di Angkinang mungkin Sari lah satu-satunya perajin tangguk.
            Saban bulan ia bisa menghasilkan puluhan buah tangguk. Profesi ini digeluti sejak puluhan tahun silam. Warisan orangtua. Sari memasarkan hasil olahannya ke pasar Angkinang setiap hari Kamis berjarak sekitar 300 meter dari rumahnya. Juga bisa ke pasar Bagambir pada hari Jumat berjarak sekitar 3 kilometer dari rumahnya.
            Tangguk terbuat dari bilah bambu yang diikat dengan paikat. Untuk memperkuat ikatan digunakan paku kecil. Sari berharap ada perhatian pemerintah untuk usahanya ini. Tangguk yang dibuat Sari beragam ukurannya. Ia bisa menjual hingga puluhan buah tiap memasarkan.

Kandangan, 15 November 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi AHU : Watak Simbol Intonasi Perangai Jingga

 Jumat, 22 Maret 2024 Cerita guramang alasan manis kian sinis watak simbolis kehendak penawar lara senarai kehendak intim suara nurani ego k...