Jumat, 02 November 2012

SERBA - SERBI PERSILADA I HSS TAHUN 2012

Sabtu, 3 November 2012

MENGANTAR BARANG

Sabtu (3/11/2012) pagi saya ke Batu Laki membonceng anak murid saya Faisal dari Kelas VIII B mengantar barang untuk regu pramuka MTsN Angkinang yang lupa dibawa. 

Dengan motor kami melintasi jalan yang begitu menyiksa batin. Selain terjal dan curam juga rusak disana-sini. Tanpa aspal. Cuma kerikil tajam yang siap membahayakan pengguna jalan. 


TUJUAN KEGIATAN

            Gerakan pramuka adalah pendidikan kepramukaan bagi kaum muda guna menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik, sanggup bertanggung jawab dan mampu membina dan membangun sebagai penerus generasi selanjutnya. Dalam mencapai tujuannya, antara lain dalam upaya menanamkan dan menumbuhkan budi pekerti luhur dengan cara memantapkan mental, moral, fisik, pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman melalui berbagai kegiatan.
            Siswa-siswi Madrasah Tsanawiyah di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Hulu Sungai Selatan merupakan bagian dari generasi muda Indonesia sebagai kader bangsa yang akan mewarisi tongkat estafet kepemimpinan dalam melanjutkan perjuangan bangsa di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat yang akan datang. Kegiatan ini diharapkan mampu menghasilkan kader-kader pemimpin yang berpotensi dan berdedikasi tinggi, serta benar-benar mampu menjawab kebutuhan dengan berlandaskan nilai-nilai luhur Pancasila dan Imtaq.
            Untuk hal tersebut perlu memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi para anggota pramuka di lingkungan Kemenag HSS dalam upaya pembentukan watak dan mental menjadi manusia yang berkepribadian dan berjiwa Pancasila dan berimtaq.


LOGO DAN MAKNA PERSILADA I  HSS TAHUN 2012

            Tali yang membentuk simpul mati melambangkan bahwa pramuka selalu mempererat tali silaturrahmi, tidak terpecah belah dan merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.
            Warna hijau yang melingkar mengandung makna bahwa gerakan pramuka yang berada dilingkup Kementerian Agama adalah pemuda yang selalu mewarnai kehidupannya dengan kehidupan yang agamis.
            Warna Biru Tua yang dipergunakan dalam lambing Kabupaten Hulu Sungai Selatan adalah melambangkan kesetiaan.
            Logo Kementerian Agama mengandung makna dengan iman  yang teguh dan hati yang suci serta menghayati dan mengamalkan Pancasila yang merupakan tuntunan dan pegangan hidup dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara, karyawan Kementerian Agama bertekad bahwa mengabdi kepada Negara adalah ibadah.
            Tunas Kelapa adalah lambing Gerakan Pramuka Indonesia yang mengandung pengertian bahwa generasi muda yang selalu berkarya, rohaniah, dan jasmaniah sehat, kuat, dan ulet , dalam menghadapi segala tantangan hidup dan dalam menempuh segala ujian dan kesukaran untuk mengabdi kepada tanah air dan bangsa Indonesia. Pemuda yang dapat menyesuaikan diri dalam masyarakat dimana ia berada dan dalam keadaan yang bagaimanapun, mempunyai cita-cita yang tinggi dan lurus, yang mulia dan jujur dan tetap tegak tidak mudah diombang-ambingkan , berpegang teguh dasar-dasar dan landasan-landasan yang baik, benar kuat dan nyata, pemuda mempunyai tekad dan keyakinan untuk memperkuat diri guna mencapai cita-citanya manusia yang berguna dan membaktikan diri dan kegunaannya kepada tanah air, bangsa dan Negara kesatuan Republik Indonesia, agama serta kepada umat manusia.
            Warna merah putih adalah warna bendera Indonesia yang mengandung makna bahwa rakyat Indonesia selalu berjiwa patriot, suci dalam bertindak dan berbuat dan berani dalam membela kebenaran demi keutuhan NKRI.

KEHORMATAN

            MTsN Angkinang pada acara pembukaan Persilada I mendapat kehormatan sebagai pembawa lagu Indonesia Raya dan Hymne Satya Darma Pramuka. Mereka merupakan gabungan regu putera dan puteri. Tentu saja ini menjadi sebuah kebanggaan tersendiri.
Sementara petugas lain berasal dari berbagai Madrasah Tsanawiyah. Pemimpin Upacara  berasal dari MTs SA Pandak Daun. Pengucap UUD 1945 dari MTsN Nagara. Pengucap Pancasila dari MTs Izharussalam. Pengucap Darma Pramuka dari MTs SA Hamayung. Pembaca Do’a MTsN Habirau. Pembawa Acara MTs Nuruddin. Penyematan Tanda Peserta dari MTs Al Ihsan untuk putera dan MTs Halunuk untuk puteri. Sedangkan pembawa baki dari MTs Al Mustghfirin. (akhmad husaini)


SPANDUK

            Di gerbang depan Buper Batu Laki kami disambut dengan spanduk yang bertuliskan : Ahlan wa sahlan bikulu mikum. Motto : Agamis, Disiplin, Setia, dan Persaudaraan. Sementara Temanya adalah : Dengan Semangat Perkemahan Silaturrahmi Daerah I MTs Kita Semai Persaudaraan, Rajut Kebersamaan, dan Tumbuhkan Keikhlasan Sebagai Upaya Membentuk Karakter Anak Didik yang Berbudaya Islami. Batu Laki, 2 s/d 4 November 2012.
            Sementara pada spanduk lain di tempat kegiatan utama tertulis : Perkemahan Silaturrahmi Daerah (Persilada) . Isi lainnya sama dengan yang diatas. Namun yang berbeda adalah penanda tangan dibawah. Disini tertulis Kemenag Hulu Sungai Selatan. (akhmad husaini)


KEJADIAN LUCU

            Peristiwa ini saya alami saat menghadiri acara pembukaan Perkemahan Silaturrahmi Daerah (Persilada) I Madrasah Tsanawiyah se- Kabupaten Hulu Sungai Selatan Jum’at (02/11/2012) sore di Buper Batu Laki, Kecamatan Padang Batung. Saya datang kesana dengan Rizal, rekan saya. Kalau saja tahu lebih dahulu tentu saya tak melakukannya. Kami lewat jalan salah. Jalan itu ternyata tempat lewat pejabat teras HSS yang bakal membuka acara. Pantas saja pendamping dari Ibnu Mas’ud yang saya ajak lewat sana berkilah, cari jalan lain saja. Sementara saya dan teman saya yang cuma orang biasa lewat sana juga. Tentu saja pagar betis yang terdiri pramuka putera dan puteri di kiri kanan jalan ikut menghormati kami saat lewat. Padahal mereka di suruh untuk menyambut kedatangan Sekda HSS, HA Fikry, Kepala Kemenag HSS, dsb. (akhmad husaini)

PEMANDANGAN INDAH
            Benar-benar indah dan cukup mengesankan lokasi pelaksanaan Persilada I di Batu Laki. Dekat dengan sungai Amandit. Juga gunung Batu Laki yang gagah perkasa menjulang puluhan meter dari lokasi perkemahan. Sehingga jadi bahan latar peserta untuk berfoto.
Termasuk juga saya senang mengambil gambar pemandangan tersebut. Beberapa angle saya ambil. Pas ada anak-anak Batu Laki sedang mandi. Saya pun tak menyia-nyiakan ha itu. Mereka saya potret beberapa kali. (akhmad husaini)

TERTINGGAL

            Ada saja barang yang tertinggal yang dibawa regu pramuka putera MTsN Angkinang. Bukan tertinggal di sekolah tapi karena tidak membawa. Barang itu antara lain kompor tambahan. Juga piring, cangkir, bau kaos, dsb. Tentu saja hal ini sedikit mengganggu aktifitas mereka untuk hal konsumsi. (akhmad husaini)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi AHU : Watak Simbol Intonasi Perangai Jingga

 Jumat, 22 Maret 2024 Cerita guramang alasan manis kian sinis watak simbolis kehendak penawar lara senarai kehendak intim suara nurani ego k...