Kamis, 01 November 2012

KECAMATAN ANGKINANG KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN




KECAMATAN ANGKINANG

            Kecamatan Angkinang beribukota di Angkinang. Kecamatan ini mempunyai wilayah seluas 58,4 Km persegi. Dilihat dari kelas kemiringannya, seluruh wilayah di kecamatan ini berada pada kemiringan 0-2 %. Sementara itu, wilayah seluas 4,596 Km. persegi di Kecamatan Angkinang berada pada ketinggian 0 – 7 m dari permukaan laut.
            Batas wilayah Kecamatan Angkinang sebagai berikut :
        Sebelah Utara     :  Kabupaten Hulu Sungai Tengah
        Sebelah Timur    :  Kecamatan Telaga Langsat
        Sebelah Selatan :  Kecamatan Padang Batung dan Kecamatan Kandangan
        Sebelah Barat    : Kecamatan Kandangan
            Secara Administratif, Kecamatan Angkinang terdiri atas sebelas desa, yaitu Angkinang, Angkinang Selatan, Bakarung, Bamban, Bamban Selatan, Bamban Utara, Kayu Abang, Taniran Kubah, Taniran Selatan, Tawia, dan Telaga Sili-Sili.
            Kecamatan Angkinang tidak memiliki lahan persawahan. Meskipun demikian, kecamatan  ini memiliki potensi perikanan dan peternakan yang cukup bagus. Kecamatan ini memiliki budi daya ikan seluas 2.048 ha. Sementara itu, di sektor peternakan kecamatan ini memiliki potensi ternak sapi, kambing, ayam, dan itik alabio.
            Hampir sama dengan Kecamatan Kandangan, Kecamatan Angkinang juga menjadi sentra industri dodol dan kerupuk. Oleh karena itu, di Kecamatan Angkinang sering diadakan bimbingan untuk peningkatan kualitas dan kemasan produk. Sebagian produk yang dihasilkan tersebut kini digemari masyarakat lokal dan wisatawan.

Kandangan, 30-10-2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Akun Kegiatan Harian

 Kamis, 25 April 2024 Dugal punya akun kegiatan harian / vlog diary di Snack Video dengan nama OK 18, itu singkatan dari Orang Kebun, sement...