Rabu, 07 Juli 2021

Diary Hangkinang Rasa Kukulih

 Kamis, 8 Juli 2021

[KAMIS, 8 JULI 2021]

>Shalat Subuh di Langgar Al Kautsar, Kamis, Imam Rasyidi, dan Muazin Sariansyah. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan Sony Ashar, dan samping kiri Bandi Puspa. Pakaian yang saya kenakan baju sasirangan hijau Sanah Tapha, tapih kuning hitam kotak-kotak, dan kopiah hitam III baru. Jamaah selain saya ada Sony Ashar, Bandi Puspa, Chamuy, Sariansyah, dan Budi Nida. Cuaca di luar Langgar Al Kautsar saat saya pulang menuju rumah dalam keadaan mendung.


[RABU, 7 JULI 2021]

>Shalat Subuh di Langgar Al Kautsar, Rabu, Imam Rasyidi, Muazin Sariansyah, dan Do’a Budi Nida. Posisi ssya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan Budi Nida, dan samping kiri Sariansyah. Pakaian saya kenakan baju muslim hijau, tapih bigi raman etnik, dan kopiah hitam III baru. Jamaah selain saya ada Budi Nida, Sariansyah, Rizal, Bandi Puspa, Chamuy, Sony Ashar, dan tamu. Cuaca di luar Langgar Al Kautsar saat saya pulang menuju rumah dalam keadaan cerah.

>Ternyata tulisan ZOSS yang ada di jalan nasional berwarna merah itu, akronim dari Zona Selamat Sekolah. Ini seperti saya lihat, Rabu pagi, pada plang rambu lalu lintas yang ada di depan rumah sewaan Kasum Adul. Plang besi itu bertuliskan Kawasan Zona Selamat Sekolah (ZOSS).

>Karena nyawa yang dipelihara, sudah menjadi resiko kalau uyuh dan bisa mati. Kita cukup bersabar, dan berbesar hati saja menghadapinya. Semoga ada hikmahnya, dan tidak jera beternak unggas. Satu lagi anak ayam ras peliharaan saya mati, Rabu pagi. Jadi tersisa 8 ekor lagi, setelah beberapa hari sebelumnya satu ekor juga mati. Anak ayam ras itu dibeli di Pasar Bagambir beberapa minggu lalu sebanyak 10 ekor.

>Kebakaran landa SDN Tanah Bangkang, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten HSS.

>Apa yang membuat perut saya pedih, walau sudah diisi nasi atau makanan?

>Shalat Maghrib di Langgar Al Kautsar, malam Kamis, Imam H Mastur. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan dinding Langgar Al Kautsar, dan samping kiri Harmuni. Pakaian yang saya kenakan baju muslim hijau, tapih habuk Chamuy, dan kopiah hitam III baru.

>Usai shalat Maghrib, malam Kamis, ke tempat Abahnya Nisa. Ada aruh mahaul Abahnya Nisa, H Junaidi bin Iman. Saya berada di dalam rumah. Samping kanan Irul Imi, dan samping kiri Bandi Puspa. Pemimpin pembacaan Sura Yasin, Tahlil dan Do’a Haul H Mastur. Menu yang disiapkan tuan rumah berupa nasi putih, haruan masak lamak, acan, bubur babigi, tapai, agar-agar,sumapan, dan teeh manis. Undangan merupakan jamaah shalat Maghrib, anggota Yasinan / Urunan malam Jum’at, dan keluarga Abahnya Nisa. Termasuk juga H Syamsuri, Camat Daha Utara beserta anak dan isteri. Usai shalat Isya Aam Ridha memberi bungkusan dua buah, berupa barakat. Satu untuk Amud, dan satu untuk saya. Sebelumnya sebelum, shalat Isya, Nisa sudah memberitahu, kalau selesai shalat Isya, kembali ke rumahnya ambil barakat.

>Shalat Isya, malam Kamis, di Langgar Al Kautsar, Imam H Mastur, dan Muazin Tapjani. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan Lakum, dan samping kiri Rizal. Pakaian yang saya kenakan baju muslim hijau, tapih habuk Chamuy, kopiah hitam III baru. Jamaah selain saya cukup banyak, setelah menghadiri aruh mahaul di tempat Abahnya Nisa.

>Malam Kamis, di Radio Amandit FM Kandangan, dengar lagu Banjar tentang mawarung setiap malam. Dari Pinang Habang ke Sungai Buluh, dari Lampihong ke Batu Mandi. Tidak ingat untuk shalat Subuh.

>Malam Kamis, sekitar pukul 21.40 WITA, hujan lebat mengguyur Hangkinang dan sekitarnya.


[SELASA, 6 JULI 2021]

>Hj Sulastri binti Maslan (55 tahun) dishalatkan di Langgar Al Kautsar, Selasa saat shalat Ashar, dan dimakamkan di Alkah Keluarga.

>Tak nyaman hati berada di ruang Tata Usaha, Selasa pagi, saya sempat pulang ke rumah.

>Ada proyek pembangunan jembatan / rehab di jalan arah Bakarung menuju Telaga Sili-Sili. Mungkin ini proyek kabupaten atau provinsi.

>Mungkin orang bertanya tentang saya, tak kelihatan batang hidungnya.

>Selasa pagi, ke kios Yadi Pakumpayan, beli Teh Gelas 1 dos.


[AHAD, 19 JULI 2020]

>Ahad pagi, ke Taniran Kubah, tempat Guru H Halim, minta banyu gasan Umanya Amud. Saya ditemani Paman Sani, yang sering ke sana. Setelah menceritakan apa masalahnya, lantas saya jurung air mineral botol. Lalu beliau membacakan do’a. Semoga Umanya Amud segera sembuh.

>Ahad sekitar pukul 09.00 WITA, diitemani Rahman Alack ke Makam Datu Kandang Haji Juai, Balangan. Berjarak sekitar 60 kilometer dari Angkinang Selatan. Tiba di sana saya membaca Surah Yasin dan Do’a. Minta banyu dan minyak. Banyu untuk Umanya Amud. Ada dua perempuan tua, dan tiga bocah. Sementara penziarah saat itu selain saya, ada pasangan suami isteri.

>Ahad sekitar pukul 15.30 WITA, H Junaidi, Abahnya Nisa, meninggal dunia di kediaman Nisa di dekat SMPN 1 Angkinang, karena sakit. Lantas dibawa ke kediaman di Angkinang Selatan. Akan dimakamkan Senin (20/07/2020) pagi. Saya ikut membantu memasang tenda tamu, dan tenda di pemakaman.

>Satu ekor anak ayam mati, Ahad pagi, jadi tinggal 29 ekor ayam anak lagi.


[AHAD, 24 NOVEMBER 2019]

>Amat Pakumpayan / Abahnya Rezky Akbar datang ke rumah cari Abah, masalah jual tanah pematang. Saya menjemput Abah yang ada di pahumaan higa rumah.

>Hujan lebat berpadu dengan guntur, Ahad sore. Bagian dalam rumah, lantainya basah. Ada kebocoran atap rumah padapuran. Karena tempias, hujan cukup lebat dihembus angin. Semoga tidak terjadi apa-apa, ada cara atau jalan untuk mengatasinya.


[SELASA, 22 JUNI 2021]

>Malam Rabu jelang Isya, Bandi Puspa lewat pengeras suara Langgar Al Kautsar mengumumkan undangan Saprah Amal Langgar Ihya Ulumuddin, Desa Lokbinuang, Kecamatan Telaga Langsat, pada Rabu (23/06/2021). Acara mulai pukul 08.00 WITA sampai malam. Malam Kamis, ada Ceramah Agama bersama KH Murjani (Guru aAndang) dan juga pembacaan syair Maulid Habsyi, pimpinan Habib Faisal.

>Selasa siang, di ruang TU MTsN 3 HSS ada tamu dari Kantor Kemenag HSS yakni Bapak Faturrahman, Aidil Fahrani, serta seorang ibu-ibu. Konfirmasi Renstra.

>Sebelumnya ada Bapak dari manakah datang ke MTsN 3 HSS mau lihat dan foto-foto bangunan aula terbuka di belakang. Pembangunannya menelan biaya Rp 20 juta lebih.

>Umanya Banu / Bini Aruah Pambakal Cabi mengundang Mama hadir pada aruh, Rabu, sekitar pukul 10.00 WITA.

>Ada gabuk dibeli anu Madan Rp 10 ribu.


[KAMIS, 24 JUNI 2021]

>Super Dugal Tulis Pemburu Unggas (SUDUT PEGAS).


[AHAD, 20 JUNI 2021]

>Ahad pagi pukul 07.45 WITA, hujan  turun mengguyur Angkinang Selatan dan sekitarnya. Cukup membasahi tubuh juga. Saya di rumah saja. Saya mendengar suara ada hujan jatuh ke atap rumah. Tanah basah oleh air hujan tersebut. Sekitar pukul 08.00 WITA hujan reda.

>Iklan itu PAD-nya sebuah media. Termasuk juga radio. Tapi saya paling tak suka dengan tayangan iklan baik promosi produk kesehatan, iklan layanan masyarakat, dsb. Buru-buru pindah channel yang tak ada iklannya. Mendengar lagu atau ceramah agama.

>Request Ahad pagi, ada di depan mata dan dirasakan. Ada kanas, nasi pundut nasi kuning, pais, dan air mineral botol.

>Saya lihat, Ahad pagi, tayangan di HSS TV produksi kue kering Barakah, Desa Kapuh, Kecamatan Simpur, Kabupaten HSS. Pemilik usaha Hj Rabiah. Pemasarannya sampai ke Kalteng.

>Rengginang Mama Yenni, Padang Batung.

>Ternak unggas yang kita pelihara akan uyuh atau mati adalah hal yang wajar. Karena yang kita pelihara adalah nyawa. Itu sudah menjadi resiko dalam beternak unggas. Apakah hal ini akan membuat kita patah semangat dalam beternak unggas ?


[SELASA, 10 NOVEMBER 2020]

>Hujan lebat mengguyur Angkinang Selatan dan sekitarnya, Selasa siang, tepatnya pukul 14.45 WITA. Hujan disertai dengan hembusan angin.

>Shalat Maghrib di Langgar Al Kautsar, malam Rabu, Imam Bahrudin, Muazin Bandi Puspa. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan Amud, dan samping kiri Rizal. Pakaian yang saya kenakan baju muslim hijau, tapih habang, dan kopiah hitam lawas.


[SELASA, 2 JUNI 2020]

>Shalat Maghrib di Langgar Al Kautsar malam Rabu, Imam Bahrudin, dan Muazin Lakum. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan dinding Langgar, dan samping kiri Rizal.

>Usai shalat Maghrib di Langgar Al Kautsar, malam Rabu, ke Apotek Ari beli obat sakit gigi dan asma.

>Shalat Isya di Langgar Al Kautsar, malam Rabu, Imam Bahrudin, dan Muazin Bandi Puspa. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan Iki Bahrudin, dan samping kiri Lakum. Pembaca Do’a Bandi Puspa. Pakaian yang saya kenakan baju muslim abu-abu, dan tapih paduan kuning dan hitam.

>Rizal memberitahu di Wawaran arah ke Tawia ada orang menjual bibit tanaman kastila Rp 5 ribu / batang.

>Usai shalat Isya, malam Rabu, ke kios Ida beli mie instan, Teh Gelas, snack, dan permen.

>Bustani Agus nikah dengan orang Bamban ? Kapan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)