Jumat, 23 Juli 2021

Balimbing Tunjuk

Sabtu, 24 Juli 2021


Satu tanaman yang tumbuh di kampung saya Hangkinang, adalah belimbing wuluh. Balimbing tunjuk merupakan nama lokal tanaman itu di kampung saya. Salah satu pohon balimbing tunjuk ada di depan rumah keluarga saya, tepi jalan raya.

Ada satu pohon yang berbuah cukup lebat bila sedang musimnya. Akibatnya buah basapai di tanah. Balimbing tunjuk bisa digunakan sebagai pelengkap masakan dan yang lainnya. Seperti sambal acan, dan lalapan.

Saya sering menggunakannya untuk membersihkan kaki dengan cara diremas-remas. Kalau saja di daerah lain mungkin bisa berguna untuk hal yang bernilai ekonomis.

Sementara di tempat saya bila sedang berbuah lebat atau sedang musimnya balimbing tunjuk cukup banyak sekali, dibiarkan saja berserakan di tanah.

Saya tak tahu nama latin dari tanaman ini. Juga manfaat lainnya bagi kesehatan dan kehidupan manusia. Semoga saja balimbing tunjuk tetap tumbuh dan lestari hingga kapanpun. (ahu)

 

Kandangan, 3 Juni 2020

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)