Minggu, 06 Februari 2011

PERSIAPAN UN 2011

Senin, 7 Februari 2011

Dinas Pendidikan Hulu Sungai Selatan telah mempersiapkan berbagai rencana terkait pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2011 , diantaranya melakukan pendekatan terhadap semua siswa dan orang tua siswa.

Kepala Dinas Pendidikan HSS Johansyah SSos MAP melalui Kepala Bidang Pendidikan Menengah (Kabid Dikmen) M Arlian Sahrial MPd mengatakan, rencananya Dinas Pendidikan juga akan melakukan intervensi dengan semua sekolah di kabupaten yang menyelenggarakan UN.

Intervensi yang dilakukan adalah untuk mendapatkan kepastian apakah pihak sekolah memahami atau tidak masalah-masalah yang akan dihadapi ketika UN berlangsung.

“Kita akan lemparkan program ke semua sekolah yang menyelenggarakan UN,” ujar Arlian.
Lebih rinci Arlian mengatakan, dalam aturan, Disdik HSS hanya melakukan UN satu kali dalam setahun dan tidak ada ujian ulangan. Terkait dengan pelaksanaan ujian susulan, akan dilaksanakan satu minggu setelah ujian utama. “Sedangkan ujian teori kejuruan dilakukan di sekolah soalnya sendiri diambil dari Dinas Pendidikan Pusat,” jelasnya.

Menurut Arlian, pengertian UN secara umum adalah hasil penilaian belajar yang dilakukan oleh pemerintah. Dengan tujuan untuk menilai pencapaian kompetensi lulusan secara nasional, pada mata pelajaran tertentu dalam kelompok Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. “Ujian Nasional sendiri untuk melakukan pemetaan mutu program satuan pendidikan yang tengah diberlakukan,” katanya.

Sedangkan dasar seleksi adalah untuk kelanjutan, dimana dapat masuk pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Ujian Nasional yang dilaksanakan ini adalah untuk penentu kelulusan siswa dalam satuan pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi AHU : Watak Simbol Intonasi Perangai Jingga

 Jumat, 22 Maret 2024 Cerita guramang alasan manis kian sinis watak simbolis kehendak penawar lara senarai kehendak intim suara nurani ego k...