Jumat, 04 Februari 2011

HEBOH KUBURAN KERAMAT

Sabtu, 5 Februari 2011

Munculnya gundukan tanah seperti kuburan di Desa Malutu Kecamatan Padang Batung Kabupaten Hulu Sungai Selatan mulai meresahkan masyarakat. Kuburan itu menimbulkan kehebohan dan dikeramatkan.

Polres HSS pun menyelidiki kuburan di lahan kosong bekas kebun karet itu. Wakapolres HSS Kompol Asep Hidayat mengatakan polisi telah meminta keterangan sejumlah orang.

Menurut Kades Malutu Abdul Sani, munculnya gundukan tanah seperti kuburan itu mengagetkan dirinya. Soalnya, Sani yang puluhan tahun tinggal di Malutu, tak pernah melihat dan mendengar ada kuburan di lokasi tersebut.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, keberadaan kuburan itu pertama kali disampaikan oleh seorang warga Kota Kandangan --sebut saja SD-- kepada teman-temannya. SD mengaku mendapatkan mimpi.

Teman-teman SD kemudian menuju tempat yang disebutkan. Di sana mereka melihat ada sekitar 50 'kuburan'.

Dari kuburan yang berada di lahan seluas kurang lebih dua borongan tersebut, SD mengatakan ada kuburan seorang habib. Itu diketahuinya juga lewat mimpi. SD pun mengeramatkan 'kuburan' itu.

Klaim SD tak bertahan lama setelah ditanggapi serius kalangan habib Kandangan. Mereka menanyakan nama dan silsilah penghuni kuburan yang dinyatakan sebagai habib. Saat itu SD tak mampu menjelaskannya.

Beberapa hari kemudian, SD kembali menceritakan kalau kuburan keramat itu merupakan kuburan seorang wali, yang dimakamkan 500 tahun lalu. Namun klaim itu kembali menuai kontroversi.

SD juga menyatakan tiga kuburan lainnya merupakan kuburan Syarifah Putri Mayang Sari, Datu Pantai Batung dan Datu Bungkul.

Kini lokasi 'kuburan' itu sepi. Tidak ada lagi warga yang datang setelah mendengar kontroversi kuburan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jembatan MTsN 3 HSS Jumat Pagi

 Jumat, 26 April 2024 Melihat kondisi jembatan kayu ulin MTsN 3 HSS, pada hari Jumat (26/04/2024) pagi. (ahu)