Selasa, 17 Juli 2018

KKN Mahasiswa FISIP ULM Banjarmasin di Angkinang

Rabu, 18 Juli 2018

Saya bingung mau menulis apa sekarang ? Dari pada kepada, saya pilih topik yang dekat dengan saya saja. Maksudnya yang lagi hangat di kampung atau desa saya, Angkinang Selatan, Kecamatan Angkinang, Kabupaten HSS. Yakni kehadiran mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik (FISIP) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin yang tengah KKN di Kecamatan Angkinang, ditempatkan di beberapa desa, termasuk salah satunya di desa saya. Saya lihat ada posko mereka di depan rumah saya, Balai Desa Lama, dekat Pasar Angkinang, yang dijadikan tempat mereka bermalam dan istirahat dari rutinitas KKN.

Mereka akan KKN di tempat ditugaskan selama sebulan. Di posko ada tiga sepeda motor, entah berapa jumlah mereka, semuanya laki-laki. Untuk mahasiswa perempuan saya tak tahu dimana mereka ditempatkan. KKN setahu saya kependekan dari Kuliah Kerja Nyata. Namun pada zaman reformasi sempat berubah jadi Korupsi, Kolusi dan Nepotisme.

Mudahan kehadiran mahasiswa yang KKN tersebut dapat membawa perubahan atau setidaknya ada yang bisa diambil untuk kemajuan sebuah desa. Jangan sampai meninggalkan kesan jelek setelah mereka selesai KKN. Selama di tempat tugas mahasiswa harus pandai-pandai membawa diri. Mereka lebih beruntung karena ditempatkan di wilayah dekat perkotaan.

Sementara itu Camat Angkinang Dian Marliana menyampaikan, mahasiswa KKN FISIP ULM Banjarmasin di Kecamatan Angkinang berjumlah 137 orang. Mereka ditempatkan di 11 desa yang ada di Kecamatan Angkinang. KKN dilaksanakan selama 1 bulan, mulai tanggal 16 Juli s.d 15 Agustus 2018. Adapun program kerja mahasisw tersebut antara lain membantu desa dalam membenahi administrasi dan melaksanakan kegiatan pemberdayaan masyarakat. Di Desa Angkinang Selatan termasuk yang menjadi lokasi KKN. Untuk sementara belum dapat tempat tinggal. Mereka difasilitasi desa di Balai Desa dan Kantor Posyandu (Kantor Kepala Desa Lama). “Mudah-mudahan keberadaan mahasiswa KKN tersebut dapat membawa manfaat untuk desa,” ujar Camat Dian Marliana. (ahu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Akun Kegiatan Harian

 Kamis, 25 April 2024 Dugal punya akun kegiatan harian / vlog diary di Snack Video dengan nama OK 18, itu singkatan dari Orang Kebun, sement...