Kamis, 25 Juni 2015

Shalat Jumat di Masjid An Nashoha Sirih Kecamatan Kalumpang

Jum'at, 26 Juni 2015


Berangkat dari Angkinang sekitar pukul 11.30 WITA. Menuju ke Kecamatan Kalumpang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). Tepatnya ke Masjid An Nashoha, Sirih. Berjarak sekitar 20 kilometer. Jum’at (26/06/2015) atau hari ke 9 Ramadhan 1436 H ini saya kembali melakukan Safari Jumat (SJ) untuk kesekian kalinya. Sekitar 30 menit diperjalanan saya sampai juga ke tempat tujuan. Dengan naik motor butut, Supra Fit yang setia menemani kemanapun.

Setibanya di Masjid An Nashoha Sirih saya memarkir sepeda motor terlebih dahulu ditempat yang telah disediakan. Lalu menuju ruang pauduan untuk berwudhu. Setelah itu masuk ke ruang dalam masjid. Saya mengambil shaf paling belakang. Ini sudah kebiasaan saya agar bisa memantau suasana yang di depan. Jamaah mulai berdatangan.

Panitia kemudian seperti biasa yang saya temui di masjid lainya, mengumumkan beberapa hal kepada jamaah. Seperti tentang saldo kas masjid dalam minggu ini yang mencapai Rp 130 juta. Juga petugas Jum’at seperti bilal, khatib dan imam. Namun saya tidak tahu nama-namanya. Karena hanya disebutkan berasal dari jiran langgar yang ada di sekitar Sirih.

Shalat dimulai pukul 12.24 WITA. Tanda shalat di masjid ini menggunakan dua jenis yakni pertama sirine kemudian dilanjutkan dengan dauh atau bedug. Dalam khotbahnya khatib menyampaikan materi seputar kondisi Ramadhan di era modern dan rahasia puasa.

Yang menarik dari masjid yang berdiri sekitar tahun 1950 ini adalah 80 persen bahan bangunannya masih menggunakan kayu. Juga perbedaaan mendasar dengan masjid lain yang pernah saya datangi adalah bedug diletakkan di bagian belakang masjid. Sejam kemudian shalat berakhir dan saya pun beranjak pulang. Saya selalu berdoa agar kebiasaan SJ ini terus dilakukan untuk lebih mengenal dan bersilaturrahmi dengan warga yang menjadi jamaah shalat Jum’at di masjid-masjid yang saya kunjungi. (akhmad husaini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi AHU : Watak Simbol Intonasi Perangai Jingga

 Jumat, 22 Maret 2024 Cerita guramang alasan manis kian sinis watak simbolis kehendak penawar lara senarai kehendak intim suara nurani ego k...