Minggu, 28 Juni 2015

Delapan Jam Melintasi Empat Kabupaten

Senin, 29 Juni 2015



 Jalan Lingkar Barabai

 Masjid Al Akbar Balangan

 Masjid Raya At Taqwa Amuntai

Penjual ikan sepat kering di Muning Nagara

 
Kebahagiaan luar biasa tengah saya rasakan. Bagaimana tidak, saya bisa bajalanan atau jalan-jalan, yang merupakan hobi atau kesenangan saya, melintasi empat kabupaten di Kalimantan Selatan pada hari ke 11 Ramadhan 1436 H, tepatnya pada Minggu (28/06/2015).

Kali ini daerah tujuan adalah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Balangan, Hulu Sungai Utara (HSU) dan dan Hulu Sungai Selatan (HSS) sendiri. Berangkat sekitar pukul 08.00 WITA. Kembali pulang ke rumah pukul 16.00 WITA. Bersama Rizal, teman akrab saya se kampung. Dengan sarana transport sepeda motor butut saya, motor Honda Supra Fit bernopol DA 2294 DA.

Orang mungkin menilai apa yang saya lakukan ini cuma buang-buang waktu, tenaga dan tak ada hasilnya. Sementara bagi saya malah berguna. Sebagai sarana rasa syukur kepada Allah SWT yang telah memberi anugerah berupa kabupaten atau daerah yang mempunyai daya tarik untuk dikunjungi. Juga bisa membuka wawasan dan pengalaman.

Adapun tempat yang saya datangi kali ini diantaranya Masjid Al Akbar Balangan, Masjid Raya Amuntai, dsb. Walau dalam nuansa puasa Ramadhan perjalanan puluhan kilometer tetap kami jalankan.

Dari rumah saya di Angkinang, Kabupaten HSS kami menuju arah Barabai. Lewat Jalan Lingkar Barabai yang keluarnya di Tembok Bahalang, Ilung, Kabupaten HST. Jaraknya sekitar 8 kilometer. Jadi tidak lewat kota Barabai.

Yang berkesan saya lihat di Kecamatan Batu Mandi adalah adanya tugu atau monumen khas berupa buah tiwadak dan pampakin. Hal yang sama saya temui saat berada di Kecamatan Lampihong disini juga ada tugu khasnya berupa gula habang.

Masjid Al Akbar luar biasa. Berada disisi kiri jalan raya arah Paringin - Tanjung. Bangunannya cukup megah dan arealnya luas. Andai di Kabupaten HSS ada yang seperti ini. Wajar saja Balangan kaya raya dengan batubara sehingga mampu membangun masjid besar. Alhamdulillah saya bisa menginjakkan kaki langsung ke lokasi masjid berada. Tak lupa foto-foto, yang hasilnya bisa dilihat di blog ini. Juga mumpung berada disana tak lupa Shalat Tahiyatul Masjid dan Shalat Dhuha.

Setelah dari Masjid Al Akbar kami menuju Taman Hijau Balangan yang lokasinya tak jauh dari Masjid Al Akbar arah ke Paringin. Disini kami tak lama, sempat foto-foto beberapa saat. Setelah itu balik haluan menuju arah Lampihong. Tapi singgah dulu di depan Kantor Bupati Balangan untuk mengabadikannya dengan kamera. Sebagai bukti saya pernah kesana.

Lewat Lampihong terus ke Kecamatan Banjang, dan Pasar Amuntai. Singgah di Taman Putri Junjung Buih Amuntai. Sungguh segar berada disana saat kelelahan melakukan perjalanan panjang sebelumnya. Kami duduk dibangku yang tersedia di taman tersebut. Di area samping ada tenda berdiri. Untuk kegiatan Pasar Ramadhan 1436 H pada siang hari. Di depan kami sempat melintas seorang nenek yang menawarkan tapai baras. Saya memfotonya.

Kemudian kami ke Masjid Raya Amuntai untuk menunaikan shalat Dzuhur. Lalu menuju arah ke Kecamatan Danau Panggang. Terlewati kecamatan lainnya yang masih dalam Kabupaten HSU. Salah satunya Sungai Tabukan. Singgah di sebuah masjid dekat Dermaga Danau Panggang.

Hal yang tidak mengenakkan selama perjalanan ini kala melintasi jalanan yang kurang bagus. Rusak berat, berlobang, atau hanya berupa hamparan pasir dan kerikil saja. Selain karena kondisi motor yang sudah tua sehingga menimbulkan gararakan. Hal seperti ini hampir merata kami temui di jalan provinsi atau kabupaten di HST, Balangan, HSU maupun di HSS sendiri.

Lalu balik arah menuju ke Kecamatan Babirik. Memasuki wilayah Kabupaten HSS tepatnya Daha Utara dan Daha Selatan. Singgah sebentar cuci muka di Masjid Jami Ibrahim Nagara. Kemudian terus pulang. Di Muning singgah beli ikan sepat kering. Terus pulang ke rumah , melalui Wawaran dan Taniran, dengan kelelahan luar biasa. Karena selama perjalanan matahari terik menemani dengan setia. Walaupun sudah memakai jaket. (akhmad husaini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)