Selasa, 14 Oktober 2014

Warga Manja Mendapatkan Air Bersih

Rabu, 15 Oktober 2014


            Kalau di daerah lain seperti di pulau Jawa dan Nusa Tenggara Timur warga kesulitan air bersih di musim kemarau, lalu mencari dengan rela menempuh puluhan kilometer untuk mendapatkannya. Walau dengan jumlah tak banyak.
            Tapi bebrebda dengan di Angkinang. Warga juga mengalami kesulitan air bersih. Sungai kering kerontang. Tak mengalir lagi. Airnya kotor dan penuh sampah. Namun mereka dimanjakan oleh keadaan. Mau enaknya sendiri. Seperti warga di sekitar sebuah madrasah. Mereka memanfaatkan keberadaan kran air di madrasah tersebut dengan sesuka hati.
            Walau belum tentu diizinkan pihak madrasah.Namun warga melenggang kangkung memanfaatkan air untuk mandi dan cuci pakaian. Entah berapa kubik air yang digunakan semenjak kesulitan air beberapa bulan terakhir ini.
            Biasanya mereka akan ramai saat sore hari. Dimana pihak madrasah seperti guru dan siswa sudah pulang ke rumah masing-masing. Hanya ada paman penjaga madrasah. Tapi warga cukup berani mengambil air dari kran. Tanpa minta izin sedikitpun kepada penjaga yang merupakan bagian dari madrasah.
            “ Biasanya pada sore hari hingga malam hari. Juga pada pagi-pagi sebelum kegiatan madrasah warga datang memanfaatkan kran air di madrasah itu,” ungkap penjaga madrasah.
            Penjaga madrasah itu merasa sungkan menegur. “ Ditagur salah kada ditagur jua salah. Sakahandak buhannya. Ngalih banar di kampung ini,” ujarnya.
            Seorang warga mengaku terpaksa memakai air di sana karena air sungai tidak bisa dimanfaatkan. “ Kami terpaksa kesini. Air PAM kadang macet dan sungai kering,” ujar warga.
            Masalah ini seharusnya mendapat perhatian semua pihak. Tak ada yang dirugikan. Namun langkah itu belum ada. Sambil menunggu kemarau berakhir air kran di madrasah tersebut dikuras oleh warga dengan gratis dan sekehendak hati. Tanpa ada rasa sungkan atau malu. (akhmad husaini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi AHU : Watak Simbol Intonasi Perangai Jingga

 Jumat, 22 Maret 2024 Cerita guramang alasan manis kian sinis watak simbolis kehendak penawar lara senarai kehendak intim suara nurani ego k...