Senin, 26 Februari 2018

Listrik Padam, Bawa Mengurus Ayam Saja

Selasa, 27 Februari 2018


Senin (12/02/2018) siang listrik di tempat saya bekerja padam. Karena menggantungkan energi listrik, saya tak bisa berbuat lebih banyak. Biasanya saya baru pulang ke rumah menjelang Maghrib. Karena rumah saya dengan tempat bekerja hanya berjarak sekitar satu kilometer saja.

Saya naik sepeda motor setiap hari ke tempat kerja. Karena listrik padam itulah, saya pulang lebih awal. Di rumah ada aktivitas yang baru digeluti. Mengurus ayam kampung yang saya pelihara, jenis ayam bangkok.

Saya mesti memberi pakan kepada ayam-ayam itu agar bisa riang gembira. Pakan berupa beras dan gabah padi, juga ada BR diberikan. Air minum juga disiapkan. Kandang dibersihkan dari kotoran. Kandang tersebut dari kayu yang bisa diangkat dan diletakkan dimana saja.

Ada dua kamar tersedia pada kandang tersebut. Untuk jenis jantan dan betina saling dipisah. Banyak pelajaran yang didapatkan dari memelihara ayam ini. Penuh dengan kesabaran, ketelatenan, kasih sayang, dsb.

Ada satu ayam yang susah diatur. Yang lain  sudah masuk kandang, malah baru dikejar-kejar baru bisa dimasukkan. Tapi itulah asyiknya memelihara ayam. (ahu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)