Minggu, 12 Juni 2011

SAFARI MI'RAJ PEMKAB HSS





Suasana religius sangat tampak dalam kehidupan masyarakat. Seperti pada bulan Rajab. Bulan yang diperingatinya kejadian yang sangat sakral, yaitu dijalankannya Nabi Muhammad SAW yang disebut dengan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW.

Di Kabupaten Hulu Sungai Selatan suasana ini begitu terasa dengan peringatan – peringatan Isra Mi'raj tersebut. Kegiatan tersebut sudah terjadwal di masjid, langgar, ataupu surau. Tidak terkecuali Pemerintah Kabupaten HSS juga memperingati Isra Mi'raj tersebut. Seperti yang dilaksanakan di Mesjid Besar Al Mujahidin Kecamatan Padang Batung, belum lama tadi.

Bupati HSS H Muhammad Safi’i, Sekda H Achmad Fikry, Asisten Administrasi Pembangunan dan Kemasyarakatan, para Kepala SKPD, anggota DPRD tampak hadir pada kegiatan tersebut.

Camat Padang Batung Saiful Bahri, Muspika Padang Batung, Panitia Mesjid Al Mujahidin HM Yusuf serta tokoh agama dan tokoh masyarakat Kecamatan Padang Batung menyambut kedatangan Bupati Hulu Sungai Selatan.

Dimulai dengan pembacaan ayat suci Alquran oleh Qari Drs H Akhmad Syaukani dan kemudian diserahkan bantuan keagamaan baik untuk tempat ibadah, maupun kelompok keagamaan yang ada di Kecamatan Padang Batung, Kecamatan Angkinang, Kecamatan Telaga Langsat dan Kecamatan Loksado.

Untuk Kecamatan Padang Batung diserahkan bantuan kepada TK TPA Al Mutadzakkirin Unit 15 Desa Jembatan Merah, Kelompok Maulid Habsyi Nurul Huda Desa Pandulangan, Kelompok Urunan Raudhatul Jannah Desa Pahampangan, Panitia Renovasi Mesjid Nurul Ihsan Desa Pahampangan, Majelis Maulid Habsyi dan Burdah Sabilal Burdah Desa Kaliring dan MUI Kecamatan Padang Batung, Kecamatan Telaga Langsat diserahkan bantuan kepada Kelompok Belajar dan Tahlilan Nurul Huda Desa Ambutun, Kelompok Habsyi Al Hana Desa Ambutun, Kelompok Maulid Habsyi Darusshalihin Desa Longawang, Kelompok Maulid Habsyi Katrunnida Desa Pakuan Timur dan Bantuan Krikil Perbaikan Jalan Desa Gumbil, Kecamatan Angkinang diserahkan bantuan Panitia Langgar Makanul Khair Desa Bakarung, Panitia Urunan Barzanji Langgar Sirajul Harah Desa Bakarung, TK TPA Sulamunnajah Unit 06 Desa Bamban, Panitia Mesjid Jami’ As Sa’adah Desa Taniran Kubah, Pengurus TK TPA Manba’ul Ulum Desa Angkinang, Panitia Langgar Darul Muttaqin Desa Taniran Selatan, Bantuan Kegiatan Gotong Royong Pembersihan Sungai di Desa Angkinang dan di Desa Taniran Kubah, Kecamatan Loksado diserahkan bantuan kepada Panitia Langgar Nur Hidayah Pamparawin Desa Halunuk, Panitia Pembangunan Langgar Al Hikmah Desa Halunuk, Panitia Mesjid Fathul Husna Desa Panggungan dan Panlak Khataman AlQuran SD se Kecamatan Loksado.

Dalam sambutannya Bupati HSS H Muhammad Safi’i, mengajak masyarakat agar selalu menjaga silaturrahmi dan persaudaraan, juga dapat memaknai peringatan Isra Mi'raj yang dilihat baik dari dimensi waktu, dimensi tempat maupun dimensi sikap mental.

Dimulai dengan mengajak untuk selalu mensyukuri nikmat yang diberikan Allah SWT, KH Rusdianadi, BA sebagai penceramah pada acara Safari Mi'raj tersebut juga menyebutkan bahwa di Isra Mi'rajkan Nabi Muhammad SAW yaitu pada usia 51 tahun 9 bulan atau 12 tahun setelah diangkat menjadi Rasul.

Kejadian Isra Mi'raj yang selalu diperingati ini adalah tantangan keimanan seorang muslim, oleh karenanya dengan memperingati ini diharapkan selalu dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi AHU : Watak Simbol Intonasi Perangai Jingga

 Jumat, 22 Maret 2024 Cerita guramang alasan manis kian sinis watak simbolis kehendak penawar lara senarai kehendak intim suara nurani ego k...