Oleh : Akhmad Husaini
Kai Imbran gigir. Sapida kasayangan sidin kadada di rumahnya.
Akibatnya sidin mandadak panyarikan. Nini Ipat, bini sidin pun jadi sasaran.
” Aku sudah muyak mandangar mamaian ikam,” ujar Kai Imbran singkat.
Kanapa maka Kai Imbran pina panatik banar lawan sapidanya nintu ?
” Karna inya baisi sajarah saurang gasan kahidupanku,” ujar Kai Imbran waktu ditakuni tatangganya nang umpat parihatin malihat kaadaan Kai Imbran imbah kahilangan sapidanya. Baginya sapida nintu adalah harta pusakanya.
” Amun sapintas lalu sapida nintu biasa-biasa haja. Di pasar gin banyak dijual,” baritahu Kai Imbran. Sapidanya nintu ujar Kai Imbran sudah tuha banar.
“ Sapida nintu ditukar waktu aku masih bujangan dahulu hasil bahuma,” ujar Kai Imbran.
Manurut Kai Imbran waktu pacaran lawan Nini Ipat dahulu sapida nintu jadi saksi bisu. Karna saat pacaran sapida nintu salalu dibawa. Kai Imbran sudah puluhan
tahun pansiun. Sidin dahulu jadi guru di dairah tarpancil, di hunjut banua. Wahini barsama lawan Nini Ipat mandiami sabuah rumah di sudut kampung kalahiran nang indah wan damai. Kai Imbran dan Nini Ipat baisi dua ikung anak. Anaknya bagana di pulau Jawa. Saban hari raya buhannya bulik kampung gasan basilaturrahmi lawan kuitan wan kaluarga nang lainnya.
Kanapa Kai Imbran pina
karas mancari kamana haja sapidanya nintu. Tarnyata sapida nintu baisi sajarah tarsandiri baginya. Banyak kanangan tasimpan di sapida nintu. Nang kada kawa
digambarakan lawan kata-kata.
Kai
Imbran sibuk mencari ke kolong rumah kalau-kalau sepedanya itu ada disana. Kai
Imbran mencari ke pasar loak. Kalau-kalau sepedanya bisa ditemukan di tempat
itu. Setiap sepeda diamati
secara detail dan hati-hati. Berjam-jam Kai Imbran berada disana. Namun
usahanya tetap nihil.
Minggu
berikutnya ia kembali melakukan hal yang sama.
”
Bagaimana kalau beli yang baru untuk mengganti sepeda itu ?” ujar Nini Ipat.
Namun
Kai Imbran tetap pada pendiriannya. ” Sepeda itu punya sejarah tersendiri yang
tak bisa dilupakan,” ujar Kai Imbran.
Hal ini tantu haja mambuat Nini Ipat kada bakutik. Manurut napa jar nang laki. Namun inya tatap turut bausaha mamacahakan masalah ini.
Dulu
sepeda itu selalu digunakan Kai kemanapun juga seperti ke kenduri, pasar,
sawah, dan tempat lainnya.
Antah kanapa hari itu Kai Imbran tidak memakai sapida itu lagi. Ia terlihat seperti saikung bibinian bungas nang kahilangan pasuna. Kadada lagi nang wani mamandangnya. Kaya urang nang buruk rupa. Bahkan kakanakan nang tinggal sa kampung lawan Kai Imbran wani maijik.
”Hilang
sapida kaya urang Kayu Tangi Ujung,” ucap kakanakan nintu sambari mamparlihatakan pantat buhannya ka arah muha Kai Imbran. Sungguh tarlalu.....
Tantu haja Kai jadi barang malihat palicihan diri tarsabut, sakaligus jua marasa tasinggung. Sampai-sampai mau malimpar kakanakan tarsabut dangan batu. Tapi anak-anak
itu kaburu bukah.
Sapida itu sangat khas. Tidak ada nang manyamainya. Karena sudah dimudipikasi sadamikian rupa. Tampil unik wan iligan. Wayah di pahumaan pun sapida nintu salalu dibawa. Karna jarak rumah dangan pahumaan lumayan jauh. Lalu, bila bagawi sapida nintu akan disimpannya ka dalam rampa.
Kai
Imbran bahkan handak malapurakan kajadian ini ka Komnas HAM sagala. Biar tuntas. Tapi bininya kada mandukung.
“ Buru-buru ngurus masalah kita, yang lain saja masih banyak yang belum
terselesaikan,” ucap isterinya ketus.
Kai Imbran tak lagi bergairah menjalani hidup. Sawahnya dibiarkan saja
terbengkalai. Dia tak mampu lagi mengurus rumah tangga. Akhirnya berantakkanlah
kehidupan mereka. Seperti mengurus kota yang semrawut oleh berbagai masalah.
Dari pasar yang kumuh, penertiban PKL, hingga terminal. Belum lagi masalah
kerusakan lingkungan.
Bagi Kai Imbran sepeda itu adalah pusaka berharga yang tak dapat dipisahkan
dari sejarah hidupnya.
“ Sudahlah Pak, kalau memang Tuhan menghendaki hilang bagaimana lagi. Manusia
saja bisa mati,” ujar isterinya.
Memang benar juga kenapa memikirkan sepeda yang usianya sudah tua itu. Hidup
didunia saja tak ada yang abadi.
” Jabatan bupati saja bisa berakhir belum saatnya bila ada yang menggoyang
ataupun bupatinya yang keburu meninggal dunia,” ujar Nini Ipat lagi.
Tapi Kai Imbran bingung. Apakah sepedanya itu hilang karena lupa meletakkan
atau diembat oleh maling.
Tatapan orang tak lagi
bersahabat terhadap Kai Imbran. Mereka menganggap Kai Imbran sudah kehilangan
wibawa dan kharismanya. Setelah sepedanya itu hilang. Sungguh kejam sekali
hukum masyarakat ini. Dunia ! Dunia !
Kai
Imbran masih ingat lawan
sapidanya nintu. Ban muka wan ban balakang baru diganti. Sementara velg-nya dicat warna hijau muda. Rantai dan
bagian lainnya masih terlihat mengkilap. Karena memang tiap pagi selalu diberi
minyak kelapa biar tidak berkarat. Itu semua dilakukan karena kecintaan kepada
sepeda kesayangannya itu. Di usia tuanya Kai Imbran berharap sepeda itu jadi
manfaat untuk menjalani sisa-sisa hidup.
Dulu
sepeda itu tiap subuh dibawa oleh isterinya untuk berjualan sayuran ke pasar
subuh. Paginya giliran Kai Imbran yang memakai untuk keperluan lainnya.
Kai
Imbran sadar. Hidupnya penuh dengan liku-liku yang tentu dia jalani dengan
ikhlas. Sepeda yang hilang itu jadi salah satu bahan pemikirannya.
” Kenapa
sampai terjadi kesenjangan dimuka bumi ini Pak ?” ujar Nini Ipat kepada
suaminya untuk mengalihkan pokok pembicaraan. Yang ditanya malah diam saja
bahkan terlihat melamun.
” Pak,”
ucap Nini Ipat sembari tangannya menggoyang-goyang bahu suaminya itu.
Kai Imbran melihat jalan hidup ini betapa
terjalnya. Sepeda itu tak akan kembali lagi kepadanya. Tapi Kai Imbran tak mau
berputus asa. Ia menghubungi temannya yang berprofesi sebagai paranormal. Kai
Imbran menyerahkan masalah tersebut kepada teman lamanya itu.
” Sepeda
itu tidak hilang cuman ada yang meminjam saja,” ucap temannya itu yang sudah
puluhan tahun menggeluti profesinya itu. Kai Imbran tambah bingung. Perjalanan
itu terlalu jauh. Bagai roda sepedanya yang hilang itu.
” Tidak
punya pekerjaan tetapi tetap bekerja. Tidak punya penghasilan tetap tetapi
punya penghasilan,” ujar Kai Imbran.
Isterinya tertawa lebar mendengar
kalimat-kalimat manis sang suaminya itu.
” Kaya
dulu baru idealis, bukan idealis baru kaya,” timpal Nini Ipat.
Begitu
harmonisnya hubungan Kai Imbran dengan Nini Ipat. Walau sepeda mereka hilang
tak tahu entah kemana rimbanya.
Tertatih
Kai Imbran meniti kehidupan ini. Sepeda tuanya bukanlah bagian penting
hidupnya. Namun sepeda itulah yang membuatnya bergairah menjalani hidup.
Walaupun
zaman sudah berubah. Semua orang memakai motor dan mobil. Tapi Kai Imbran tetap
eksis dengan sepedanya. Sementara anak muda saat ini bangga memakai motor dan
mobil, terlihat gagah dan angkuh, padahal milik orangtua mereka. Yang belum
tentu lunas bayar kreditnya.
Kai
Imbran masih ingat saat zamannya dulu. Naik sepeda menonton orkes dangdut.
Begitu ramai sekali. Dijalan menggoda wanita. Tapi sekarang anak muda sudah
naik motor semua. Yang memakai sepeda pancal diketawakan. Dianggap kuno dan
ketinggalan zaman. Ke sekolahpun sekarang jarang yang memakai sepeda. Kalau
tidak naik motor, naik mobil orang alias naik taksi. Juga wanita tidak ada yang
naksir kepada cowok yang memakai sepeda. Mereka lebih suka mendambakan
laki-laki yang menggunakan jimat Jepang. Keterlaluan memang !
Tarnyata sapida kada lagi baisi karisma dimata saikung bibinian wayahini. Tapi di kuta-kuta lain di dunia sapida malah jadi alat transpurtasi nang dikatujui. Kaya di nagara Tirai Bambu, Cina. Karna kawa mangatasi masalah kamacitan lalu lintas wan pulusi udara nang disababakan ulih kandaraan bamutur wan pulusi pabrik industri nang tumbuh sasain maju.***
Kandangan, Maret 2015
Tidak ada komentar:
Posting Komentar