Senin, 21 Februari 2022

Diary Hangkinang Rasa Pancuk Jambu Karistal

 Selasa, 22 Februari 2022

 [JUM’AT, 18 FEBRUARI 2022]

>Sungguh menyiksa kebanyakan makan obat asma Luvisma dan Bupacaryl malam Jum’at, hingga sore Jum’at, perut masih pedih melilit-lilit. Jadi bahan pelajaran untuk tidak mengkonsumsi lagi kalau memang tak parah sekali asmanya. (ahu)

>Sandal gabin saya tapahurup di tempat Mama Febri / Ibu Dewi saat saruan menjamu Babacaan Rajab 1443 H, saat mau turun dari rumah menuju Langgar Al Kautsar, sandal gabin saya yang ada lobangnya di bagian bawah, tidak ada. Hurupannya sandal gabin lain tapi tak berlobang. Terpaksa saya bawa karena tak ada pilihan lain. Mudahan nanti lain hari ada jawabannya. Bisa kembali memakai sandal gabin itu, yang sudah berbulan-bulan saya gunakan untuk pergi ke tempat ibadah. (ahu)

>Lewat pengeras suara Langgar Al Kautsar, Bandi Puspa memberitahu seluruh warga,  diundang barataan pada acara di Pasar Angkinang, malam Sabtu. Peringatan Isra Mi’raj Nabi Besar Muhammad SAW, sekaligus Haul ke 17 KH Zaini Abdul Ghani atau Guru Sekumpul. (ahu)

>Rencana saya bayar hutang anu Nisa, yang semula di sakulahan Jum’at pagi, gagal. Tapi kemudian kesampaian juga, usai Babacaan Rajab 1443 H dan shalat fardhu Ashar, Jum’at sore. Nisa dan anaknya bersepeda motor mau ke Kandangan. Saya serahkan amplop putih berisi uang hutang. Saya ucapakan terima kasih dan barilaan. (ahu)

>Usai Jum’atan di Masjid Besar Al Aman Angkinang, ke tempat Ibu Dewi / Mama Febri. Ada Haul Jama keluarganya. Saya mengambil tempat di ruang dalam. Samping kanan Harmuni, dan samping kiri Kaspul Madah. Pemimpin pembacaan Surah Yasin dan Tahlil orang Pakumpayan, saya lupa namanya, kalau tak salah laki keluarga Lia Asyura. Doa Haul Kaspul Madah. Menu macam-macam. Saya pilih kepala haruan masak habang. Saya tak habis walau sedikit saja mangaut nasinya. Ada agar-agar, teh manis, dsb. (ahu)

>Babacaan Rajab 1443 H di Langar Al Kautsar, bersama Ustadz, saya tak tahu  namanya, namun kalau tak salah tahun kemarin beliau juga. Sementara Kalam Ilahi Saifurrahman. Materi yang dibawakan seputar Isra Mi’raj Nabi Besar Muhammad SAW. Tiga yang perlu jadi amalan di bulan Rajab. Yakni puasa sunat, minimal satu kali seumur hidup, lalu Istighfar, dan membaca Tasbih. Penjamu Babacaan Mama Febri / Ibu Dewi. Menu macam-macam, saya pilih telur masak habang. Ada agar-agar. Yang hadir cuma beberapa orang selain saya, yakni Tuan Guru / Penceramah, Qari Saifurrahman, Irul Imi, H Imi, dan Bandi Puspa. Karena undangan lainya sudah makanan di tempat yang sama, aruh mahaul, usai Jum’atan. (ahu)

>Shalat Jum’at di Masjid Besar Al Aman Angkinang, Jum’at, Khatib mengupas materi singkat tentang peristiwa luar biasa Isra Miraj Nabi Besar Muhammad SAW. Dengan hal utama pelaksanaan ibadah shalat lima waktu. Agar kita senantiasa diberi kesehatan dan kekuatan dalam mengerjakan shalat tersebut secara rutin di Langgar maupun Masjid. Pakaian yang saya kenakan baju muslim habuk tua, tapih habuk Chamuy, dan kopiah hitam III baru. Posisi saya shaf belakang dalam sisi kanan. Cuaca dalam keadaan mendung. (ahu)

........................................

[SELASA, 15 FEBRUARI 2022]

>Shalat fardhu Maghrib, malam Rabu, di Langgar Al Kautsar, Imam Yus’an. Posisi saya shaf depan kiri. Samping kanan Harmuni, dan samping kiri H Imi. Pakaian yang saya kenakan baju muslim hijau, tapih putih Chamuy, dan kopiah hitam III baru. Cuaca di luar Langgar Al Kautsar dalam keadaan rintik. (ahu)

>Shalat fardhu Isya di Langgar Al Kautsar, malam Rabu, Imam Yus’an, Muazin Yus’an / Harmuni. Jamaah saya dan Harmuni saja. Saya samping kiri, Harmuni samping kanan. Pakaian yang saya kenakan baju muslim hijau, tapih putih Chamuy, dan kopiah hitam III baru. Cuaca di luar Langgar Al Kautsar, dalam keadaan gerimis. (ahu)

...................................

[SELASA, 8 FEBRUARI 2022]

>Harus banyak-banyak bersabar dan sadar. (ahu)

>Shalat fardhu Subuh di Langgar Al Kautsar, Selasa, Imam H Mastur, Muazin Sariansyah. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan Budi Nida, dan samping kiri anak Budi Nida. Pakaian yang saya kenakan baju sasirangan kuning, tapih hijau Amin, dan kopiah hitam III baru. Jamaah selain saya ada H Imi, Budi Nida, anak Budi Nida, Rasyidi, Bandi Puspa, dan Sariansyah, H Hamdan, Sony Ashar, dan Wahid Papat. Cuaca di luar Langgar Al Kautsar dalam keadaan cerah. (ahu)

.................................................................

[SENIN, 7 FEBRUARI 2022]

>Shalat fardhu Maghrib di Langgar Al Kautsar, malam Senin, Imam Bahrudin. Posisi saya shaf kedua kanan. Samping kanan Farid RG. Pakaian yang saya kenakan baju muslim hijau, tapih habuk Chamuy, dan kopiah hitam III baru. Cuaca dalam keadaan gerimis. Usai shalat Maghrib, tidak babacaan, karena Tuan Gurunya berhalangan hadir. (ahu)

>Shalat Isya di Langgar Al Kautsar, malam Senin, Imam Bahrudin. Posisi saya saat shalat shaf depan depan kanan. Pakaian yang saya kenakan baju muslim hijau, tapih habuk Chamuy, dan kopiah hitam III baru. Cuaca dalam keadaan gerimis. (ahu)

>Malam Senin, saat melayat di tempat Almarhum Daud Suryana, bersama Sony Ashar disuruh mencari yang mengaji untuk Almarhum. Kami menuju ke Pulantan, ke rumah Bapak Dahri. Saat tiba di sana, saya mengetuk pintu dan mengucap Salam. Semua dimudahkan oleh Allah SWT. Tak lama Bapak Dahri keluar rumah, lalu Sony Ashar memberitahu maksud tujuan kami. Beliau masuk rumah ganti pakian baju muslim, lalu mengeluarkan sepeda motor. Kami pulang kembali menuju ke rumah kelurga Daud Suryana. Selain Bapak Dahri di rumah Ika sudah ada Kaspul Madah yang mengaji untuk Almarhum. (ahu)

>Shalat fardhu Subuh di Langgar Al Kautsar, Senin, Imam H Mastur, dan Muazin Sariansyah. Posisi saya shaf depan kanan. Samping kanan Sony Ashar, dan samping kiri Kaspul Madah. Pakaian yang saya kenakan baju muslim hijau, tapih habuk Chamuy, dan kopiah hitam III baru. Jamaah selain saya ada Sony Ashar, Kaspul Madah, H Imi, Bandi Puspa, Rasyidi, Budi Nida, Wahid Papat, H Ardi, H Hamdan, Farid RG, dan anak Budi Nida. Cuaca di luar Langgar Al Kautsar dalam keadaan gerimis. (ahu)

>Daud Suryana, abahnya Ika dan Didi, meninggal dunia pada Ahad (06/02/2022) setelah shalat Isya, malam Senin, di rumahnya karena sakit. Menurut rencana beliau akan dimakamkan di Al kah Keluarga Angkinang Selatan, Senin (07/02/2022) usai shalat Dzuhur. Akan dishalatkan di Masjid Istiqamah Kandangan. (ahu)

>Rapat / musyawarah dalam rangka walimah perkawinan Yasir Sumuk, malam Senin, usai shalat Isya, dalam suasana hujan gerimis, dipimpin Kaspul Madah dengan keputusan pelaksanaan walimah, sesuai rencana pihak keluarga, pada hari Ahad (13/02/2022). Kemudian sebelumnya akan dilaksanakan gotong royong mendirikan sarubung dan yang lainnya, pada Sabtu (12/02/2022) pagi. Untuk itu kepada undangan yang hadir pada rapat tersebut atau yang tidak hadir untuk dapat membantu keluarga yang melaksanak pangantinan berupa tenaga, pemikiran, dll. Selain itu itu diharapkan sekali bisa membantu pada hari H pelaksanaan walimah perkawinan mulai awal hingga selesai. Lalu juga disaru pada hari H pangantinan. Akan diadakan hiburan berupa keyboard Anto. Acar ditutup dengan Do’a Selamat oleh Budi Nida. Undangan disuguhi dengan puracit / putu mayang serta teh manis. (ahu)

..........................................

[AHAD, 6 FEBRUARI 2022]

>Sabtu sore, ada amplop undangan dan permohonan bantuan dana, peringatan Haul ke 17 Guru Sekumpul, yang rencananya akan dilaksanakan PMK Al Kautsar, pada 18 Februari 2002 malam, di halaman depan Pasar Angkinang. Insya Allah bila ada rejeki akan saya isikan amplop tersebut. (ahu)

>Usai shalat Maghrib, malam Ahad, di Langgar Al Kautsar, ada mahaul ke 17 Guru Sekumpul. Yang jadi penyelenggara adalah Bahrudin. Posisi saya samping kanan Harmuni, dan samping kiri H Hamdan. Pakaian yang saya kenakan baju sasirangan hijau Sanah Tapha, tapih putih Chamuy, dan kopiah hitam III baru. Pemimpin pembacaan Surah Yasin dan Tahlil Budi Nida, dan Do’a Haul Kaspul Madah. Menu nasi bungkus lauk ayam goreng pakai sambal. Saya dapat dua bungkus, semuanya saya bawa pulang. Satu bungkus untuk saya dan satu untuk orangtua saya. (ahu)

>Shalat fardhu Maghrib di Langgar Al Kautsar, malam Ahad, Imam Kaspul Madah. Posisi saya shaf kedua kanan. Pakaian yang saya kenakan baju sasirangan hijau Sanah Tapha, tapih putih Chamuy, dan kopiah hitam III baru. (ahu)

>Shalat fardhu Isya di Langgar Al Kautsar, malam Ahad, Imam Kaspul Madah. Posisi saya shaf depan kanan. Samping kanan Harmuni, dan samping kiri Bandi Puspa. Pakaian yang saya kenakan baju sasirangan hijau Sanah Tapha, tapih putih Chamuy, dan kopiah hitam III baru. (ahu)

>Shalat fardhu Subuh di Langgar Al Kautsar, Ahad, Imam Rasyidi, dan Muazin Rasyidi /  Bandi Puspa. Posisi saya saat shalat shaf depan kiri. Samping kanan Bandi Puspa, dan samping kiri Wahid Papat. Pakaian yang saya kenakan baju sasirangan hijau Sanah Tapha, tapih putih Chamuy, dan kopiah hitam III baru. Jamaah selain saya ada Wahid Papat, Bandi Puspa, H Hamdan, Budi Nida, dan H Imi. Cuaca dalam keadaan gerimis. (ahu)

>Usai basalaman shalat Subuh, Ahad, Bandi Puspa, manyaruakan pada Ahad siang, usai shalat Dzuhur ada mahaul di tempat Abahnya Diansyah Herman. (ahu)

.............................................

[JUM’AT, 4 FEBRUARI 2022]

>Shalat fardhu Jumat di Masjid Besar Al Aman Angkinang, petugas Jiran Langgar Al Kautsar. Khatib / Imam Ustadz Sairazi. Bilal Saifurrahman. Posisi saya saat shalat shaf belakang dalam sisi kanan. Samping kanan dan samping kiri orang Lukdalam. Materi Khotbah tentang hikmah Isra Miraj Nabi Muhammad SAW sudah suci menjadi suci lagi. Pakaian yang saya kenakan baju muslim habuk tua, tapih putih Chamuy, dan kopiah hitam III baru. Cuaca dalam keadaan cerah. (ahu)

>Entah sampai kapan aku menunggu. (ahu)

>Rejeki pagi Jum’at, Ibu Khairi Muliani aruh mau pergi umrah. Ada nasi bungkus lauk haruan masak habang, dan bingka barandam. (ahu)

>Sepulang dari mengikuti Babacaan Rajab 1443 H di Langgar Al Kautsar dan shalat Ashar di rumah ada barakat dari Hj Asa berupa katupat, hintalu bajarang, dan sambal binjai. (ahu)

..................................

PANDUAN BULAN RAJAB 1443 H

 

1 Rajab 1443 H = Rabu, 2 Februari 2022

11 Rajab 1443 H = Sabtu, 12 Februari 2022

21 Rajab 1443 H = Selasa, 22 Februari 2022

24 Rajab 1443 H = 25 Februari 2022 adalah hari Jum’at terakhir di bulan Rajab 1443 H.

27 Rajab 1443 H = Senin, 28 Februari 2022

30 Rajab 1443 H = Kamis, 3 Maret 2022

............................................................................................................................................................

[SABTU, 29 JANUARI 2022]

>Berdiam diri di rumah saja seharian. Kelakuan Lelaki Rp 18 miliar. Jalani hari-hari dengan menulis dan ibadah, mendekatkan diri kepada Allah SWT. Hanya itu yang dilakukannya. Kalau sudah jenuh di rumah, bawa sepeda motor pergi jauh tak tentu arah. Asal hati senang dan bahagia. Dalam pikirannya menulis, ibadah, foto, tempat yang dikunjungi, dsb. Warisan apa yang akan ia berikan nanti bila sudah tiada? Foto dan tulisan di blog pribadi dan media lainnya. (ahu)

>Kucing habuk teman setia hari-hari Dugal. Kala siang atau malam. Mereka sudah cukup akrab. Dugal merasa tenang dan damai dengan adanya kucing itu. (ahu)

......................................

[SABTU, 19 FEBRUARI 2022]

>Shalat fardhu Subuh di Langgar Al Kautsar, Sabtu, Imam Rasyidi, dan Muazin Sariansyah, Pembaca Do’a Budi Nida. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan H Imi, dan samping kiri Sariansyah. Pakaian yang saya kenakan baju sasirangan kuning, tapih habuk Chamuy, dan kopiah hitam III baru. Jamaah selain saya ada H Imi, Sariansyah, Bandi Puspa, Budi Nida, dan anak Budi Nida. Cuaca di luar Langgar Al Kautsar, saat saya pulang menuju rumah dalam keadaan cerah. (ahu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)