Senin, 06 Desember 2021

Diary Hangkinang Rasa Urap wan Pacal

Selasa, 7 Desember 2021


[SENIN, 6 DESEMBER 2021]

>Lihat perempuan bisa menyetir mobil, saya ikut kagum. Luar biasa keren melihatnya. Apalagi bibiniannya bungas, anum, dan parawaan. Saya sendiri tidak bisa menyetir mobil, karena memang tak ada mobilnya. Jadi lihat bibinian manyupir, sungguh luar biasa kagumnya. Kenapa saya yang lalakian tidak bisa?

>Hobi saya saat ini banyak. Mendengarkan radio, menulis puisi, menulis diary, ngeblog, mengkhayal dan bermimpi, serta baca artikel Mongabay Indonesia. Lalu hobi saya lainnya adalah menyendiri, bersunyi di tempat sepi, tidak suka dengan keramaian atau hiruk pikuk, banyak orang.

>Senin pagi sekitar pukul 09.45 WITA, Budi RT datang bersama seorang lalakian anum, mengaku petugas dari Kementerian Sosial RI, verifikasi lapangan warga yang dapat KKS. Ditujukan kepada ibu saya. Tapi karena ibu sedang tidak ada di rumah, saya saja yang mewakili wawancara singkat petugas itu. Diantaranya ada pertanyaan adakah membeli pakaian dalam waktu satu tahun terakhir, nilai rupiah sayuran dibeli perhari / minggu, dsb. Lalu petugas itu minta izin memfoto rumah kami pada bagian depan. Petugas itu mengucapkan terima kasih dan pamitan untuk melanjutkan ke tempat lain. Semoga apa yang saya sampaikan sesuai dengan keadaan sebenarnya di lapangan.

>Senin (06/12/2021) upacara Peringatan Hari Jadi ke 56 Kabupaten Tanah Laut Tahun 2021 di halaman Kantor Bupati Tanah Laut. Cuaca hujan. Kalau tak salah tema atau tagline-nya, Gawi Bahimat, Tanah Laut Kuat. Dihadiri Wakil Gubernur Kalsel H Muhidin. Live RRI Banjarmasin bersama reporter Surya Permana. Paduan suara ibu-ibu ASN Tala, membawakan lagu-lagu daerah dan nasional. Kegiatan sebelumnya ada pementasan wayang kulit semalam suntuk. Kemudian Gema Al Qur’an diikuti masyarakat Kabupaten Tanah Laut.

>Shalat Subuh di Langgal Al Kautsar, Senin, Imam H Mastur, dan Muazin Sariansyah. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan Budi Nida, dan samping kiri Bandi Puspa. Pakaian yang saya kenakan baju muslim hijau, tapih habuk Chamuy, dan kopiah hitam III baru. Jamaah selain saya ada H Hamdan, Chamuy, Sony Ashar, Bandi Puspa, Rasyidi, Bahrudin, H Imi, dan anak Budi Nida. Cuaca di luar Langgar Al Kautsar, saat saya pulang menuju rumah dalam keadaan cerah.


[AHAD, 5 DESEMBER 2021]

>Pagi Ahad, terhidang manis di depan mata untuk dinikmati, ada pais, guguduh tiwadak, dan tahu, ditemani  secangkir teh manis.

>Shalat fardhu Subuh di Langgar Al Kautsar, Ahad, Imam H Mastur, dan Muazin Sariansyah. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan Budi Nida, dan samping kiri Rasyidi. Pakaian yang saya kenakan baju sasirangan kuning, tapih hijau Amin, dan kopiah hitam III baru. Jamaah selain saya ada Sony Ashar, Bahrudin, Budi Nida, Rasyidi, Bandi Puspa, Chamuy, H Imi, dan Sariansyah. Cuaca di luar Langgar Al Kautsar saat saya pulang menuju rumah dalam keadaan cerah.


[SABTU, 4 DESEMBER 2021]

>Shalat Isya di Langgar Al Kautsar, malam Ahad, Imam Bahrudin. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan Lakum, dan samping kiri Bandi Puspa. Pakaian yang saya kenakan baju sasirangan kuning, tapih hijau Amin, dan kopiah hitam III baru. Cuaca di luar Langgar Al Kautsar dalam keadaan cerah.


[RABU, 15 SEPTEMBER 2021]

>Shalat Maghrib di Langgar Al Kautsar, malam Kamis, Imam Yus’an. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan Abin, dan kiri Kaspul Madah. Pakaian yang saya kenakan baju sasirangan kuning, tapih hijau Amin, dan kopiah hitam III baru.

>Usai shalat Maghrib, malam Kamis, ke kios Abahnya Ahyar. Beli Teh Gelas, Teh Rio, mie instan, dan wadai, yakni guguduh gumpal dan gambung.

>Shalat Isya di Langgar Al Kautsar, malam Kamis, Imam Yus’an. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan Kaspul Madah, dan samping kiri Bandi Puspa. Pakaian yang saya kenakan baju sasirangan kuning, tapih hijau Amin, dan kopiah hitam III baru. Jamaah selain saya ada Sony Ashar, Harmuni, Bahrudin, Kaspul Madah, Bandi Puspa, Lakum, Diansyah, dan tamu.

>Gerobak Rombong Aulia SH / Rina Ashar, selain kacang hijau, juga jual minuman Susu Telur Madu Jahe (STMJ)  pada malam hari di Pasar Angkinang.

>Lucak di depan rumah saya, usai diguyur hujan beberapa waktu sebelumnya. Tak nyaman melakukan aktivitas. Semoga cepat kering.

>Kulai-kulai yang tengah kehilangan habitat.


[RABU, 18 NOVEMBER 2020]

>Shalat Isya di Langgar Al Kautsar, malam Kamis, Imam Kaspul Madah, dan Muazin Husai HG. Posisi saya saat shalat shaf depan kiri. Samping kanan Maseri, dan samping kiri Rizal. Pakaian yang saya kenakan baju muslim biru lusuh, tapih kuning hitam kotak-kotak, dan kopiah hitam lawas.

>Usai shalat Maghrib, malam Kamis, ke tempat Umanya Iril. Ada acara aruh peringatan kematian ibunya, Purnama binti Yasin, ke 40 hari? Saya lupa. Pemimpin pembacaan Surah Yasin Kaspul Madah, Tahlil Imun, dan Doa Arwah H Mastur. Menu ayam goreng tahu, terong, acar, kerupuk, nasi putih dan teh manis. Posisi saya saat aruh di rumah Umanya Iril, samping kanan H Imi, dan samping kiri Rizal.

>Shalat fardhu Maghrib di Langgar Al Kautsar, malam Kamis, Imam H Mastur, dan Muazin Bandi Puspa. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan dinding Langgar, dan samping kiri Amud. Pakaian yang saya kenakan baju muslim biru lusuh, tapih kuning hitam kotak-kotak, dan kopiah hitam lawas.

>Usai shalat Maghrib, Bahrudin manyaru, Sabtu pukul 10.00 WITA aruh Tasmiyah anak Puput. Rencananya ada pembacaan syair Maulid Habsyi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)