Rabu, 15 Desember 2021

Diary Hangkinang Rasa Cacapan Bawang Habang

 Kamis, 16 Desember 2021


[SELASA, 14 DESEMBER 2021]

>Shalat Subuh di Langgar Al Kautsar, Selasa, Imam Yusan, dan Muazin Sariansyah. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan H Imi, dan samping kiri Sony Ashar. Pakaian yang saya kenaka baju sasirangan kuning, tapih hijau Amin, dan kopiah hitam III baru. Jamaah selain saya ada H Imi, Sony Ashar, Sariansyah, Bandi Puspa, Rasyidi, Chamuy, Budi Nida, dan anak Budi Nida. Cuaca di luar Langgar Al Kautsar saat saya pulang menuju rumah dalam keadaan mendung.


[SENIN, 13 DESEMBER 2021]

>Shalat fardhu Subuh di Langgar Al Kautsar, Senin, Imam Rasyidi, dan Muazin Bandi Puspa. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan H Imi, dan samping kiri Bandi Puspa. Pakaian yang saya kenakan baju muslim hijau, tapih putih Chamuy, dan kopiah hitam III baru. Jamaah selain saya ada Budi Nida, Chamuy, Yus’an, Bandi Puspa, H Imi, dan anak Budi Nida. Cuaca di luar Langgar Al Kautsar saat saya pulang menuju rumah dalam keadaan cerah.


[AHAD, 12 DESEMBER 2021]

>Wadai mengenyangkan, tahan lama di perut untuk menahan rasa lapar, diantaranya ada ardat, gumpal, dan pastil. Semua berbahan baku gumbili.

>Kuliah Maghrib atau Babacaan, malam Senin, di Langgar Al Kautsar, bersama Ustadz Sairazi tentang Bab Sabar. Kisah tentang Nabi Zakaria yang dikejar orang Yahudi. Masuk ke dalam pohon lalu digergaji oleh orang Yahudi. Posisi saya saat Babacaan, samping kanan Abin, dan samping kiri Bandi Puspa.

>Shalat fardhu Isya di Langgar Al Kautsar, malam Senin, Imam Ustadz Sairazi, Muazin Husai HG. Posisi saya saat shalat shaf depan kiri. Samping kanan Eza Dibah, dan samping kiri H Ardi. Pakaian yang saya kenakan baju muslim hijau, tapih putih Chamuy, dan kopiah hitam III baru.

>Shalat fardhu Maghrib di Langgar Al Kautsar, malam Senin, Imam Ustadz Sairazi, dan Muazin Bandi Puspa. Posisi saya shalat shaf depan kanan. Samping kanan Rizal, dan samping kiri Sony Ashar. Pakaian yang saya kenakan baju muslim hijau, tapih putih Chamuy, dan kopiah hitam III baru.

>Shalat fardhu Subuh di Langgar Al Kautsar RT 1 Desa Angkinang Selatan, Ahad, Imam Rasyidi, dan Muazin Sariansyah. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan Sony Ashar, dan samping kiri Bandi Puspa. Pakaian yang saya kenakan waktu shalat, baju sasirangan hijau Sanah Tapha, tapih hijau Amin, dan kopiah hitam III baru. Jamaah selain saya ada Sariansyah, Budi Nida, Bandi Puspa, H Imi, Chamuy, Sony Ashar, dan Rizal. Pembaca Do’a Budi Nida. Cuaca di luar Langgar Al Kautsar saat saya pulang menuju rumah, dalam keadaan cerah.


[SABTU, 11 DESEMBER 2021]

>Informasi yang saya dapatkan, walimah perkawinan Ibu Norlaila Fitri Yanti, seorang guru di MTsN 3 HSS, akan dilaksanakan pada 19 Desember 2021, di Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut.

>Shalat fardhu Isya di Langgar Al Kautsar, malam Ahad, Imam Bandi Puspa. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan bocah, dan samping kiri Lakum. Pakaian yang saya kenakan baju sasirangan hijau Sanah Tapha, tapih hijau Amin, dan kopiah hitam III baru. Cuaca di luar Langgar Al Kautsar, dalam keadaan cerah.

>Usai shalat fardhu Isya, malam Ahad, ke kios Ida, beli jus jeruk dan Le Minerale.

>Sabtu siang, hujan lebat disertai angin kencang, melanda Hangkinang dan sekitarnya. Tak lama setelah itu hujan reda.

>Keren dan mantap, saya menemukan secara tak sengaja ada media online baru d Kalimantan Selatan, namanya TABIR KOTA. Pengelolanya sudah tak asing lagi, namanya Rusmanadi. Dulu ia pernah berdiam di Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, sebagai kontributor media, yakni Kantor Berita Antara dan Tabloid Urbana. TABIR KOTA menjadi satu-satunya media di Kalsel yang menggunakan tiga bahasa. Yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Basa Banjar. Saya tertarik untuk bisa juga berkontribusi di media tersebut. Setidaknya ada tulisan seputar Banua setiap bulannya, tayang di TABIR KOTA. Mudahan niat baik, tulus dan ikhlas karena hobi menulis dan cinta Banua, bisa jadi kenyataan nantinya.


[SELASA, 7 SEPTEMBER 2021]

>Shalat fardhu Subuh di Langgar Al Kautsar, Selasa, Imam Rasyidi, Muazin Sariansyah. Posisi saya shaf depan kanan. Samping kanan Sony Ashar, dan samping kiri Sariansyah. Pakaian yang saya kenakan baju sasirangan hijau Sanah Tapha, tapih hijau Amin, dan kopiah hitam III baru. Jamaah selain saya ada  H Imi, Sony Ashar, Sariansyah, Bandi Puspa, Chamuy, H Hamdan, dan Budi Nisa. Cuaca di luar Langgar  Al Kautsar saat saya pulang menuju rumah dalam keadaan cerah.

>Shalat fardhu Maghrib di Langgar Al Kautsar, malam Rabu, Imam Bahrudin, dan Muazin Bahrudin / Harmuni. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan kosong, dan samping kiri H Imi. Pakaian yang saya kenakan baju muslim hijau, tapih putih Chamuy, dan kopiah hitam III baru.

>Shalat fardhu Isya di Langgar Al Kautsar, malam Rabu, Imam Bahrudin. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan H Imi, dan samping kiri Budi Nida. Pakaian yang saya kenakan baju muslim hijau, tapih putih Chamuy, dan kopiah hitam III baru. Jamaah selain saya ada Sony Ashar, H Imi, Yus’an, Azhari, Budi Nida, dan anak Budi Nida.


[SELASA, 14 SEPTEMBER 2021]

>Ke Pasar Pantai Hambawang, Selasa pagi. Beli anak itik japun 19 ekor Rp 250 ribu. Beli rarapan janggut dan korek talinga Rp 20 ribu. Kadut 10 lembar Rp 25 ribu.

>Selasa pagi, ke BPR Angkinang ambil uang Rp 1 juta.

>Isi bensin Rp 20 ribu di tempat Amid Pulantan.

>Selasa pagi, pesan kayu bapangkih anu Yudi Mandampa Rp 100 ribu, lewat keluarganya saya titipkan amplop berisi uang.

>Ke warung Gaza Palestina Bakarung. Menikmati satrup es dan beberapa gorengan. Ke kios Agustin Istiqomah Bakarung dilayani ibunya beli BR hayam 2 kg.

>Saat di BPR Angkinang, ada nasabah orang Tawia ternyata alumni MTsN 3 HSS angkatan Zikri. Kini ia jadi Sekdes Tawia. Saya lupa namanya.

>Sementara saat di Pasar Pantai Hambawang, saya sempat bertegur sapa dengan orang Ulin Simpur, orang itu kenal dengan H Lutfi Ifah. Saya lupa nama beliau. Beliau saat itu tengah membeli anak ayam ras.

>Bayar hutang anu Bini Yadi Pakumpayan Rp 100 ribu, Selasa pagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)