Kamis, 21 Maret 2013

HSS Bangga !

Jum'at, 22 Maret 2013




STQ ke 19 Tingkat Kabupaten HSS  Tahun 2013
di Bajayau
Kecamatan Daha Barat

KANDANGAN – Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Nasional XIX Tingkat Kabupaten Hulu Sungai Selatan berlangsung di Bajayau Kecamatan Daha Barat, 17 s/d 19 Februari 2013. Pembukaan berlangsung hari Minggu (17/2/2013) sekitar pukul 14.00 WITA. Para kafilah diinapkan dirumah-rumah penduduk. Dari Nagara mereka menumpang kelotok menuju tempat kegiatan. Kegiatan dilangsungkan siang hari saja tidak malam.
            Pembukaan berlangsung cukup meriah. Dibuka secara resmi oleh Bupati Dr. HM. Safi’i MS.i. Dihadiri unsur Muspida HSS. Seperti Wakil Bupati HSS H Ardiansyah dan Kepala Kantor Kemenag HSS H Matnor. Juga kafilah utusan dari 11 Kecamatan di HSS yakni Daha Barat, Daha Utara, Daha Selatan, Kandangan, Simpur, Sungai Raya, Angkinang, Telaga Langsat, Loksado, Kalumpang, dan Padang Batung. Dengan jumlah peserta sekitar 265 orang. Warga Daha Barat tumpah ruah ke tempat kegiatan berlangsung.
            Sebelumnya diadakan Pawai Ta’ruf di Dermaga Nagara. Tempat tersebut berubah menjadi semarak selain kafilah dan warga juga jajaran Pemerintah Kabupaten HSS, Tim Kerja LPTQ HSS, Dewan Hakim pada STQ Nasional Tingkat Kabupaten HSS. Pawai Ta’ruf dilepas oleh Wakil Bupati HSS H Ardiansyah yang juga selaku Ketua LPTQ HSS menandai digelarnya STQ. Setelah itu rombongan kafilah langsung menuju Bajayau, Kec. Daha Barat. Mereka menggunakan kelotok di sepanjang sungai Nagara.
            Tampil sebagai Juara Umum adalah Kecamatan Simpur. Sementara untuk Juara Umum Perorangan adalah Kamaruddin dari Kecamatan Angkinang. Tahun depan STQ/MTQ ke 20 akan berlangsung di Kecamatan Kalumpang dengan cadangan Kecamatan Daha Utara.
            Kecamatan Angkinang pada STQ kali ini tampil sebagai peringkat 3. Dengan torehan 7 piala. Yakni Aisyatur Ridha (Juara I Tahfiz 1 Juz), M. Zulfi (Tahfiz 5 Juz), M. Syaifurrahman (Tilawah Remaja), M. Hidayat (Tartil Anak), Nurul Huda (Tilawah Dewasa), Kamarudin (Tilawah Dewasa), Raudhatul Jannah (Tilawah Anak).
            Menurut Aisyatur Ridha, qariah asal Angkinang,  STQ kali ini  berlangsung dengan lancar dan sukses. “ Walau  masih ada kekurangan disana-sini, tapi tidak mengurangi  pelaksanaan kegiatan tersebut,” ujar Ridha.
            Suka duka yang dialami selama STQ ujar Ridha adalah saat menuju tempat kegiatan dengan kelotok. Ada sekitar 15 orang dalam satu kelotok. Sementara mobil dan motor ditinggal di dermaga. Ia baru pertama kali datang kesana. Asyik bermain air. Lalu naik keatap bubungan kelotok. Saat lomba. Pas angin badai hari Selasa merobohkan panggung utama. Makan diantar panitia ke penginapan. Ikan ayam dan nila. Ridha pada STQ kali ini meraih juara I Cabang Tahfiz 1 Juz. Dengan merebut piala dan uang tunai sebesar Rp.250 ribu.
Sementara Ali Akbar, peserta asal Loksado , walau kalah tapi ia bersyukur karena dapat banyak pengalaman dalam kegiatan ini. Namun ia mengeluh karena tempat perlombaan sering dialihkan ke tempat lain.
Lain lagi yang dialami Miftahul Jannah yang juga dari Loksado ia menyatakan cukup menyenangkan mengikuti STQ ini walau tidak juara. “ Mudahan pada kegiatan STQ tahun depan saya dapat meraih prestasi,” harap Miftah.(akhmad husaini)


Aisyatur Ridha
Juara I  Cabang Tahfiz 1 Juz
STQ ke 19 Tingkat Kabupaten Hulu Sungai Selatan
Di Bajayau Kec. Daha Barat
17 s/d 19 Februari 2013



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Akun Kegiatan Harian

 Kamis, 25 April 2024 Dugal punya akun kegiatan harian / vlog diary di Snack Video dengan nama OK 18, itu singkatan dari Orang Kebun, sement...