Senin, 29 Januari 2018

Menengok Taman Makam Pahlawan Aseri Balangan

Selasa, 30 Januari 2018












Saat berkunjung ke Kabupaten Balangan, saya sempat singgah di Taman Makam Pahlawan Aseri. Berada di sisi kanan jalan arah Kecamatan Juai – Kecamatan Halong. Tepatnya berada di Batu Wapak Desa Teluk Bayur, Kecamatan Juai. Berjarak sekitar 30 kilometer dari Paringin, atau 70 kilometer dari Angkinang, tempat saya tinggal.

Di area makam tersebut terdapat sebuah prasasti cerita sang pahlawan, tiang bendera dan makam. Suasananya cukup sepi dan senyap kala berada disana untuk beberapa saat. Di lokasi itu terdapat satu makam, yang kemudian saya ketahui bernama Aseri.

Berdasar cerita dari Alan (alm) tahun 1985, Aseri temasuk pejuang / pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia (RI) dari serangan pasukan Belanda (NICA) tahun 1949. Pada 10 Februari 1949 terjadi pertempuran di Mungkur Batu Wapak dipimpin oleh Sahibat berkekuatan 29 orang.

Dibantu pasukan dari Batang Alai Utara 11 orang, dipimpin oleh Amad melawan pasukan Belanda yang berkekuatan dua buah truk dengan senjata lengkap. Dalam pertempuran tidak seimbang persenjataan itu, Aseri gugur sebagai pahlawan kusuma bangsa. (ahu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)