Jumat, 21 Juni 2013

DALAM KENANGAN

JUM'AT, 21 JUNI 2013

TABLOID GERBANG


    Di Kandangan pernah terbit sebuah media yang bertajuk tabloid yakni Tabloid Gerbang. Terbit setengah bulan sekali. Saya bergabung tahun 2003 diajak Bahrul Fikri AM. Kantornya di dekat Lapangan Yonif Kandangan. Tepatnya di Jalan AES Nasution Kandangan.
    Sempat beberapa kali terbit. Sebelumnya tahun 2002 Gerbang juga pernah terbit dengan format tabloid budaya. Kantornya berada di Rumah Banjar Jl. Jend. Sudirman Kandangan. Kebetulan pemimpin umum Rahmadi Radiany mau mencalon jadi Bupati HSS periode 2003-2008.
    Saya cukup beruntung diajak bergabung untuk mengelola Tabloid Gerbang.  Beberapa nama yang mengelola Gerbang sudah tidak asing lagi di telinga. Karena karya mereka kerap saya temui di media massa cetak dan buku. Seperti Djarani EM, Burhanuddin Soebely, dan Aliman Syahrani. Juga para organisatoris HSS seperti Sufriatni Dharma, Supeli AG, Abdalludin, M. Farid, Waznan Amri, Fitriansyah Hidayat, dll.
    Sempat beberapa bulan tiap hari bola-balik ke Kandangan dari rumah saya di Angkinang. Naik taksi. Dari terminal menuju kantor jalan kaki. Maklum saat itu belum punya motor. Bila malam Minggu saya nginap di kantor. Kebetulan ada teman hingga suasana jadi ramai. Tapi saya sering sendirian nginapnya. Karena teman-teman pulang ke rumah masing-masing.
    Pernah ditugaskan mewawancarai bakal calon Bupati HSS yang berada di luar HSS. Seperti di Banjarbaru dan Banjarmasin. Subuh berangkat dengan Farid dan Fikri. Mobil minjam milik Bos Yayat. Farid ditugaskan di Banjarbaru mencari Safi’i. Sementara saya dan Fikri ke Banjarmasin mencari bakal calon yang lain.
    Saat di Gerbang pula Farid pernah suatu hari bertengkar dengan Fikri soal sepele. Farid memang sejak gabung Gerbang sudah sentimen dengan Fikri. Sempat adu mulut dan adu jotos. Untung rekan yang lain ada melerai. Dampaknya saya takut sekali. Tidak karuan rasa. Ingin malam itu pulang ke rumah.
    Hingga sekarang Tabloid Gerbang hanya tinggal kenangan. Entah sampai kapan Kandangan mempunyai penerbitan media sendiri ?


Kandangan, 14-06-2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi AHU : Watak Simbol Intonasi Perangai Jingga

 Jumat, 22 Maret 2024 Cerita guramang alasan manis kian sinis watak simbolis kehendak penawar lara senarai kehendak intim suara nurani ego k...