Rabu, 19 Juni 2013

LIPUTAN KHUSUS

RABU, 19 JUNI 2013

MELIPUT PELANTIKAN BUPATI HSS



    Senin, 17 Juni 2013 adalah hari pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Periode 2013-2018. Yakni pasangan H. Achmad Fikry dan H. Ardiansyah.
    Untuk itulah saya bela-belain pergi ke Kandangan dengan apa adanya. Maksudnya di tengah kondisi keuangan yang lagi seret.
    Pukul 09.00 WITA saya berangkat dari MTsN Angkinang, tempat saya bekerja. Menempuh jarak sekitar 7 kilometer. Di persimpangan Jalan Aluh Idut Tinggiran banyak anggota kepolisian yang berjaga. Saya ditanya oleh salah seorang dari mereka, “ Mau kemana ?”  Terus saya jawab, “ Mau meliput pelantikan.”  Mereka menyilakan saya jalan terus.
    Dalam liputan kali ini tak lupa saya membawa kamera digital. Ingin mengabadikan momen bersejarah tersebut. Sebelumnya kontak rekan jurnalis untuk ikut liputan.
    Saya memarkir motor di dekat BRI Unit samping Gedung MTQ Kandangan. Lalu berjalan kaki ke Kantor Bupati HSS. Tepatnya ke Press Room.
    Saat saya lewat di Lapangan Lambung Mangkurat Kandangan banyak orang berkumpul di tenda-tenda yang terpasang berjejer memenuhi lapangan. Mereka para guru anggota PGRI HSS.
    Disamping press room duduk-duduk diatas kendaraan yang terparkir ada Sofan (Media Kalimantan), Muchdi (Duta TV), Ida Laeny (Barito Post), dan Norda (Kalimantan Post).
    Tak berapa lama kami beranjak menuju Pendopo HSS yang berjarak sekitar 300 meter. Kami jalan kaki kesana. Suasana Kandangan kian ramai. Sementara pihak keamanan terlihat siaga. Ada water canon yang disiagakan di dekat Gedung DPRD HSS. Juga polisi yang bertugas mengatur lalulintas tak kalah kerja kerasnya demi suksesnya pelaksanaan pelantikan Bupati HSS kali ini.
    Di dekat Pendopo kami berhenti untuk duduk santai. Sambil menikmati sajian kue tradisional suka pilih. Ada kukulih, puracit, lupis, dsb. Saya mengambil lupis beberapa buah untuk saya dan rekan-rekan. Juga air mineral. Ida Laeny tak habis menyantap lupis-nya. “ Manis banar,” ujarnya.
    Selesai menikmati lupis kami masuk ke pendopo lewat pintu samping kiri. Mengambil tempat khusus bubuhan pers. Acara pun dimulai.
    Satu-persatu acara berjalan. Suasana dalam pendopo terasa khidmat. Sejuk dan damai. Karena ada AC. Pembacaan kalam ilahi oleh Qari asal Angkinang, Kamarudin.
    Pembukaan rapat paripurna oleh Ketua DPRD HSS, Ja’far S.Hut. Ditengah acara hujan lebat mengguyur bumi Antaludin. Kami yang berada di dalam pendopo tidak apa-apa. Entah yang berada diluar. Seperti di tenda-tenda di Lapangan Lambung Mangkurat. Pelantikan. Sambutan Gubernur Kalsel, H. Rudy Ariffin. Pelantikan berlangsung sekitar pukul 10.50 WITA.
    Rekan-rekan wartawan dan fotografer tak henti-hentinya mengabadikan momen bersejarah tersebut. Adapun wartawan yang bertugas meliput yang lain adalah Arsuni
Karim (Tabloid Prospek), Sunarti (Radar Banjarmasin), juga ada dari TVRI Kalsel. Dulu pernah di Metro TV.
    Usai acara kami balik haluan. Ke Lapangan Lambung minta jatah nasi kotak. Lalu ke press room. Sofan sempat ke ruang Humas mem-print foto naskah sambutan Gubernur Kalsel saat pelantikan. Ada staf Humas HSS seperti Alfu Syahri dan Iqbal. Lalu ke press room. Kami makan siang.
    Setelah itu saya pamit mau mengambil motor yang diparkir dekat Gedung MTQ sekaligus mau shalat Dzuhur dulu. Saya shalat Dzuhur di masjid Istiqamah. Setelah itu kembali ke press room.
    Dengan Sofan ke Gedung DPRD HSS. Menyaksikan acara pelantikan Ketua TP PKK dan Dekranasda HSS oleh Ketua TP PKK Kalsel, Hj. Hayatun Fardah.  Usai itu ada acara foto-foto. Saya termasuk beruntung bisa foto bareng dengan Bupati HSS yang baru dilantik, H. Achmad Fikry. Menggunakan kamera digital saya yang difotokan Sofan MK. Sofan juga sempat foto dengan Bupati dan Wabup HSS.
    Kami kembali ke press room. Disana ada Ahyar (Banjarmasin Post), Arsuni Karim, dan beberapa rekan wartawan lainnya. Ahyar menulis hasil liputannya untuk dikirim ke medianya.
    Menjelang shalat Ashar saya pulang ke rumah.


Kandangan, 17 Juni 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi AHU : Watak Simbol Intonasi Perangai Jingga

 Jumat, 22 Maret 2024 Cerita guramang alasan manis kian sinis watak simbolis kehendak penawar lara senarai kehendak intim suara nurani ego k...