Jumat, 21 Juni 2013

HOBI

JUM'AT, 21 JUNI 2013

Kampung Ayam Kampung

    Tak tanggung-tanggung saya punya mimpi besar beternak ayam kampung sebanyak 100 ekor lebih. Mimpi ini bisa jadi kenyataan bila dana tercukupi. Selain ayam juga perlu kandang.
    Jalan menuju keinginan tersebut sudah ada. Tinggal pencapaiannya saja lagi. Saya ingin memelihara ayam kampung yag terdiri dari ayam anak 20 ekor. Ayam dara 20 ekor. Ayam dewasa 20 ekor. Parinduan 10 ekor. Ayam jago 5 ekor. Ayam jenis bangkok 10 ekor. DOC 50 ekor.
    Apakah mimpi besar ini bisa terwujud ? Insya Allah tunggu saja. Saya akan beli kurungan ayam berbentuk bulat yang bisa diangkat kemana-mana di Barabai. Beli 5 buah. Bawa ke rumah dengan taksi mikrolet.
    Pembuatan kandang yang menyatu dengan rumah membutuhkan puluhan kabat paring. Juga sekitar satu kilogram paku riing paring dan riing papan.
    Tempat pemburuan ayam yang saya datangi antara lain Pantai Hambawang, Bagambir, Loklua, Kayu Abang, dan Wawaran. Sementara untuk jenis ayam hutan mencarinya ke Haratai dan kawasan pegunungan Meratus. Harga untuk sebuah kepuasan bathin memang mahal.
    Saya pingin memelihara ayam kampung sebanyak mungkin. Sekarang sudah ada tiga ekor ayam yang saya beli. Nanti kalau ada dana kembali beli beberapa ekor. Berbeda usia dan tingkatannya. Yakni ayam kampung anak, dara, jago, dan ayam bangkok.
    Lebih dulu beli paring bakabat untuk memperluas kandang. Puas bila melihat banyak ayam yang dipelihara. Ada kerjaan baru sekarang.
    Saya cukup senang pula bila melihat ayam makan. Kelayapan kesana-kemari. Banyak sekali. Semoga saya bisa membeli ayam lagi. Jadi peternak ayam yang sukses. Sukses materi dan sukses lahir batin.(akhmad husaini)

Kandangan, 08-06-2013

   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)