Jumat, 28 April 2023

Shalat Jum'at di Bakarung

 Sabtu, 29 April 2023

Jum'at (28/04/2023) bertepatan dengan 7 Syawal 1444 H saya shalat Jum'at di Masjid Al Husaini Bustani Mursinah.

Masjid ini terletak di sisi kiri tepi jalan nasional arah Barabai menuju Kandangan, tepatnya berada di Desa Bakarung, Kecamatan Angkinang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). 

Berjarak sekitar 3 kilometer dari tempat saya tinggal, Desa Angkinang Selatan. Ke sana saya naik sepeda motor butut yang selalu setia menemani saya kemana saja.

Saya berangkat dari tempat kerja di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 HSS, berjarak sekitar 2,5 kilometer dari masjid tersebut, setelah para guru dan siswa sudah pulang. 

Ada banyak perbedaan saya lihat di Masjid Al Husaini Bustani Mursinah setelah beberapa tahun saya tak kesana shalat Jum'at. 

Diantaranya yang paling menonjol ada bangunan tempat istirahat jamaah dari jauh yang singgah ke sana. Lalu di ruang dalam ada dipasang AC untuk pendingin ruangan. Mungkin ini satu-satunya masjid di Kecamatan Angkinang yang ber-AC.

Saya mengenakan baju muslim biru tua, celana panjang hitam, kopiah hitam, dan pasahapan yang khusus saya bawa langsung dari rumah. 

Pada shalat Jum'at pertama di bulan Syawal 1444 H kali ini,bertindak selaku Khatib / Imam Ustadz Fathullah dari Pulantan Angkinang. Sementara Bilal Saifurrahman dari Tawia. 

Yang saya ingat isi khotbah yang dibawakan Ustadz Fathullah tentang Ramadhan ibarat madrasah, tempat untuk menimba ilmu. Semoga kita bisa bertemu kembali pada bulan Ramadhan tahun depan***

Dari Diary Akhmad Husaini, Jum'at (28/04/2023)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)