Selasa, 18 Januari 2022

Diary Hangkinang Rasa Katupat Balamak Bacacap Kijing

 Rabu, 19 Januari 2022

[RABU, 19 JANUARI 2022]

>Shalat fardhu Subuh di Langgar Al Kautsar, Rabu, Imam Rasyidi, dan Muazin Bandi Puspa. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan Budi Nida, dan samping kiri Bandi Puspa. Pakaian yang saya kenakan baju muslim  hijau, tapih putih Chamuy, dan kopiah hitam III baru. Jamaah selain saya ada Budi Nida, Bandi Puspa, H Imi, Laki Dayah Lastri, dan Anak Budi Nida. Cuaca di luar Langgar Al Kautsar saat saya pulang menuju rumah, dalam keadaan mendung. (ahu)


[SELASA, 18 JANUARI 2022]

>Rejeki Selasa pagi, ada lapat, wadai ruti pisang, gambung, dan mie instan. (ahu)

>Shalat fardhu Subuh di Langgar Al Kautsar, Selasa, Imam Rasyidi, dan Muazin Bandi Puspa. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan Budi Nida, dan samping  kiri Laki Erni Abin. Pakaian yang saya kenakan baju sasirangan hijau Sanah Tapha, tapih bigi raman etnik, dan kopiah hitam III baru. Jamaah selain saya ada Budi Nida, Bandi Puspa, Laki Erni Abin, Farid RG, dan Anak Budi Nida. Cuaca di luar Langgar Al Kautsar saat saya pulang menuju rumah, dalam keadaan mendung. (ahu)


[SENIN, 17 JANUARI 2022]

>Shalat fardhu Isya di Langgar Al Kautsar, malam Selasa, Imam Bahrudin. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan Farid RG, dan samping kiri Kacit. Pakaian yang saya kenakan baju sasirangan hijau Sanah Tapha, tapih bigi raman etnik, dan kopiah hitam III baru. Cuaca di luar Langgar Al Kautsar saat saya pulang menuju rumah, dalam keadaan cerah. (ahu)

>Shalat fardhu Maghrib di Langgar Al Kautsar, malam Selasa, Imam Bahrudin. Posisi saya saat shalat shaf kedua tengah. Samping kanan H Imi, dan samping kiri laki Rina. Pakaian yang saya kenakan baju sasirangan hijau Sanah Tapah, tapih bigi raman etnik, dan kopiah hitam III baru. Cuaca di luar Langgar Al Kautsar saat saya pulang menu rumah, dalam keadaan cerah. (ahu)

>Kabar duka, informasi dari Umanya Iril, juga Umanya Rini Ghalib, bahwa nenek Ustadz Salman Pulantan meninggal dunia. Ibu saya dan anggota Babacaan Kamis, ikut melayat ke Pulantan, Senin siang. (ahu)

>Shalat fardhu Subuh di Langgar Al Kautsar, Senin, Imam H Mastur, dan Muazin Bandi Puspa. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan H Imi, dan samping kiri laki Erni Abin. Pakaian yang saya kenakan baju muslim hijau, tapih habuk Chamuy, dan kopiah hitam III baru. Jamaah selain saya ada H Imi, Sony Ashar, Farid RG, laki Erni Abin, Rasyidi, Bandi Puspa, Budi Nida, anak Budi Nida. Cuaca di luar Langgar Al Kautsar saat saya pulang menuju rumah, dalam keadaan cerah. (ahu)


[AHAD, 16 JANUARI 2022]

>Shalat fardhu Subuh di Langgar Al Kautsar, Ahad, Imam Rasyidi, dan Muazin Sariansyah. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan Sony Ashar, dan samping kiri Bandi Puspa. Pakaian yang saya kenakan baju sasirangan kuning, tapih hijau Amin, dan kopiah hitam III baru. Jamaah selain saya ada H Imi, H Hamdan, Sony Ashar, Bandi Puspa, Budi Nida, dan Sariansyah. Cuaca di luar Langgar Al Kautsar saat saya pulang menuju rumah, dalam keadaan gerimis. (ahu)

>Usai shalat Subuh, Ahad, ke tempat Ami Miji. Ada selamatan. Pemimpin pembacaan Surah Yasin Budi Nida. Doa Selamat Rasyidi. Posisi saya samping kanan Bandi Puspa, dan samping kiri H Imi. Menu nasi kuning bungkus lauk ayam masak habang. Juga teh hangat manis, lamang dan wadai ruti. Pulang ke rumah bahujan. Undangan bulik disangui tuan rumah sebungkus nasi kuning. (ahu)

>Ahad pagi, hujan lebat guyur Hangkinang dan sekitarnya. (ahu)

>Rejeki Ahad pagi, ada guguduh dan tahu isi. (ahu)

>Usai shalat Isya, malam Senin, ke tempat Abin. Ada mahaul Ibunnya, Siti Rubiah binti Lungkut. Pemimpin pembacaan Surah Yasin, Tahlil, dan Doa Haul Ustadz Sairazi. Posisi saya saat aruh, samping kanan H Imi, dan samping kiri Rizal. Menu tauman / haruan masak lamak ketupat baacan. Ada juga teh manis, dan cuci mulut ada wadai. (ahu)

>Shalat fardhu Isya di Langgar Al Kautsar, malam Senin, Imam Ustadz Sairazi, dan Muazin Bahrudin. Posisi saya saat shalat shaf kedua kiri. Samping kanan H Udin Machi, dan samping kiri Lakum. Pakaian yang saya kenakan baju muslim hijau, tapih habuk Chamuy, dan kopiah hitam III baru. Cuaca di luar Langgar Al Kautsar saat saya pulang menuju rumah, dalam keadaan cerah. (ahu)

>Babacaan di Langgar Al Kautsar, malam Senin, usai shalat Maghrib bersama Ustadz Sairazi ulangan minggu terdahulu. Juga tentang Basmalah. Tercetus rencana praktek memandikan dan mengkafani jenazah. Posisi saya saat mengikuti Babacaan samping kanan Ipung, dan samping kiri Bahrudin. Pakaian yang saya kenakan baju muslim hijau, tapih habuk Chamuy, dan kopiah hitam III baru. (ahu)

>Shalat fardhu Maghrib di Langgar Al Kautsar, malam Senin, Imam Ustadz Sairazi, dan Muazin Ustadz Sairazi / Farid RG. Pakaian yang saya kenakan baju muslim hijau, tapih habuk Chamuy, dan kopiah hitam III baru. (ahu)

>Senang sendiri. Dugal berteman sepi. Tidak suka dalam keramaian. Karena semua yang diinginkan jadi nyata, ada di depan mata. (ahu)

>Masih ada di Hangkinang. Siapa bilang Dugal tidak ada lagi. Dugal masih tetap ada. Tidak ke mana-mana. (ahu)

>Sepengetahuan saya di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) ada dua desa bernama Pandulangan. Pertama Desa Pandulangan di Kecamatan Padang Batung, dan kedua Desa Pandulangan di Kecamatan Telaga Langsat. Yang sering saya lewati adalah Desa Pandulangan di Kecamatan Padang Batung. Desa ini berbatasan dengan Telaga Sili-Sili, Kecamatan Angkinang. Yang khas di desa tersebut, ada pohon besar di dekat jembatan. Sudah ada sejak puluhan tahun silam. (ahu)

>Lelaki tua yang shalat di Langgar Al Kautsar, setiap Maghrib, Isya, dan Subuh, dalam beberapa hari ini, ternyata laki Erni Abin. (ahu)


[SABTU, 15 JANUARI 2022]

>Shalat fardhu Isya di Langgar Al Kautsar, malam Ahad, Imam Bahrudin. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan Sony Ashar, dan samping kiri Bandi Puspa. Pakaian yang saya kenakan baju sasirangan kuning, tapih hijau Amin, dan kopiah hitam III baru. Jamaah selain saya ada Amly, H Hamdan, Bandi Puspa, Sony Ashar, H Imi, dan Farid RG. Cuaca di luar Langgar Al Kautsar saat saya pulang menuju rumah, dalam keadaan cerah. (ahu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)