Senin, 10 Januari 2022

Diary Hangkinang Rasa Gangan Kaladi wan Humbut

 Selasa, 11 Januari 2022

[AHAD, 9 JANUARI 2022]

>Shalat fardhu Isya di Langgar Al Kautsar, malam Senin, Imam Bahrudin. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan H Imi dan samping kiri Raffi Ika Daud. Pakaian yang saya kenakan baju muslim hijau, tapih habuk Chamuy, dan kopiah hitam III baru. Cuaca gerimis. (ahu)

>Shalat fardhu Maghrib di Langgar Al Kautsar, malam Senin, Imam Yus’an. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan Farid RG, dan kiri Bahrudin. Pakaian yang saya kenakan baju muslim hijau, tapih habuk Chamuy, dan kopiah hitam III baru. Cuaca gerimis. Saya ke Langgar berpayung. (ahu)

>AHU.Bagitech18. Aplikasi teknologi digital Akhmad Husaini. Dengan  saluran turunan : KalirDigital, KalirTulisan, KalirRadio, KalirFotoVideo, KalirMusik, KalirDakwah, KalirBankKeinginan, dsb. Sementara untuk rubrik dan label media : PaisBahanBacaan, PaisPuisi, PaisDiary, PaisFoto, PaisKisah, PaisBerita, PaisBajalanan, dsb. (ahu)

>Shalat fardhu Subuh di Langgar Al Kautsar, Ahad, Imam H Mastur, dan Muazin Sariansyah. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan H Imi, dan samping kiri Farid RG. Pakaian yang saya kenakan baju sasirangan kuning, tapih bigi raman etnik, dan kopiah hitam III baru. Jamaah selain saya ada Bahrudin, H Imi, Farid RG, Rasyidi, Bandi Puspa, Budi Nida, Sariansyah, dan Sony Ashar. Cuaca di luar Langgar Al Kautsar dalam kedaan cerah. (ahu)

..............................................

[SABTU, 8 JANUARI 2022]

>Shalat fardhu Isya di Langgar Al Kautsar, malam Ahad, Imam Bahrudin. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan H Samhuri, dan samping kiri H Mastur. Pakaian yang saya kenakan baju sasirangan kuning, tapih bigi raman etnik. Jamamh selain saya ada Sony Ashar, H Samhuri, H Mastur, Raffi Ika Daud, Farid RG, dan Harmuni. Cuaca di luar Langgar Al Kautsar dalam keadaan cerah. (ahu)

>Shalat fardhu Maghrib di Langgar Al Kautsar, malam Ahad, Imam H Mastur. Posisi saya saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan Rafi Ika Daud, dan samping kiri Bahrudin. Pakaian yang saya kenakan baju sasirangan kuning, tapih bigi raman etnik, dan kopiah hitam III baru. Cuaca di luar Langgar Al Kautsar cerah. (ahu)

>Shalat fardhu Isya di Langgar Al Kautsar, malam Sabtu, Imam Yus’an. Posisi saya saar shalat shaf depan kanan. Samping kanan Kaspul Madah, dan samping kiri Lakum. Pakaian yang saya kenakan baju muslim hijau, tapih habang, dan kopiah hitam III baru. Cuaca cerah. (ahu)

>Shalat fardhu Maghrib di Langgar Al Kautsar, malam Sabtu, Imam Bahrudin. Posisi saya saat shalat depan kanan. Samping kanan Kaspul Madah, dan samping kiri Yus’an. Pakaian yang saya kenakan baju muslim hijau, tapih habang, dan kopiah hitam III baru. Cuaca cerah. (ahu)

>Shalat fardhu Subuh di Langgra Al Kautsar, Sabtu, Imam Rasyidi, Muazin Bandi Puspa / Farid RG, dan Pembaca Do’a H Mastur. Posisi saya saat shalat shaf depan kiri. Samping kanan anak Budi Nida, dan samping kiri Budi Nida. Pakaian yang saya kenakan baju muslim hijau, tapih habang, dan kopiah hitam III baru. Jamaah selain saya ada Budi Nida, Bandi Puspa, Sony Ashar, H Imi, H Mastur, Farid RG, dan anak Budi Nida. Cuaca di luar Langgar Al Kautsar saat saya pulang menuju rumah, dalam keadaan mendung. (ahu)

...............................................................................

[JUM’AT, 7 JANUARI 2022]

>Jum’at pagi, saat saya isi Bahan Bakar Minyak (BBM) berupa Pertamak, di POM Mini Amid Pulantan, di kejauhan parak Langgar Pulantan banyak orang berkerumun. Ada mobil ambulans PMK Al Kautsar. Saat ditanya petugas POM Mini tak tahu. Hanya bilang gotong royong aruh pangantinan. Usai isi BBM saya balik haluan pulang ke rumah. Lewat kerumunan orang banyak tadi. Saya tanya orang yang ada di tepi jalan. Katanya ada warga yang vaksin Covid-19 bermasalah. Belakangan melalui H Imi, bahwa orang itu belum makan, tapi langsung ikut vaksin. Sementara dosis vaksinnya termasuk takaran tinggi. Warga itu dibawa ke Puskesmas Angkinang dan baimpus guna mendapatkan perawatan’lebih lanjut. (ahu)

ISI BBM DI PULANTAN

Jum’at pagi, saya isi BBM di POM Mini Amid Pulantan, berupa Pertamak sebanyak Rp 20 ribu. (ahu)

BAYAR REKENING BULANAN

Jum’at pagi, saya ke Kantor Pos Angkinang, bayar rekening bulanan untuk Januari 2022 : listrik / PLN dan air leding / PDAM. (ahu)

BELI PAPAN DAN GALAGAR

Jum’at pagi sawat dengan Ibu, membeli perabot rumah, papan galagar, dsb, di tempat pedagang kayu bangunan Pakumpayan. Tujuan untuk memperbaiki rumah, lantai rumah dan tawing yang japuk. Setelah selesai membayar harga dari semua yang dibeli, kami pulang. Anak tukang papan mengantarnya beberapa jam kemudian. Semula akan minta diantarkan Rusdi Anil, tapi karena sibuk anak tukang papan itu sendiri yang mengantarnya. (ahu)

HUJAN JUM’AT SIANG

Jum’at siang, hujan lebat mengguyur Hangkinang dan sekitarnya. (ahu)

BELI OBAT DI APOTEK ARI

Pulang dari Masjid Besar Al Aman Angkinang, saya singgah di Apotek Ari, dilayani Hikmah Hairin, beli obat asma dan obat sakit gigi, masing-masing sepasang. (ahu)

SHALAT JUMAT DI MASJID BESAR AL AMAN

Shalat fardhu Jum’at di Masjid Besar Al Aman Angkinang. Sebagai petugas Khatib / Imam saya tidak tahu namanya, kemudian Bilal Amang Putun. Dalam khotbahnya, Khatib menguraikan materi seputar arti pentingnya mengamalkan Al Qur’an dalam kehidupan. Posisi saya saat shalat shaf belakang dalam sisi kanan. Samping kanan dan samping kiri orang Lukdalam. Pakaian yang saya kenakan baju sasirangan kuning, tapih putih Chamuy, dan kopiah hitam III baru. Saat saya pulang menuju rumah, cuaca dalam keadaan cerah. (ahu)

....................................................................................

[JUM’AT, 7 JANUARI 2022]

>Shalat fardhu Isya di Langgar Al Kautsar, malam Jum'at, Imam Budi Nida. Pakaian yang saya kenakan baju sasirangan hijau Sanah Tapha, tapih habuk Chamuy, dan kopiah hitam III baru. Cuaca di luar Langgar Al Kautsar cerah. (ahu)

>Shalat fardhu Maghrib di Langgar Al Kautsar, malam Jum'at, Imam Yus'an. Posisi saya saat shalat shaf kedua kanan. Samping kanan Aman Ambru, dan samping kiri anak Ipah Lutfi. Pakaian yang saya kenakan baju sasirangan hijau Sanah Tapha, tapih habuk Chamuy, dan kopiah hitam III baru. Cuaca di luar Langgar Al Kautsar dalam keadaan cerah. (ahu)

>Shalat fardhu Subuh di Langgar Al Kautsar, Jum’at, Imam H Mastur, dan Muazin Sariansyah. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan Farid RG, dan samping kiri Sony Ashar. Pakaian yang saya kenakan baju sasirangan hijau ST, tapih habuk Chamuy, dan kopiah hitam III baru. Jamaah selain saya ada Bahrudin, Sariansyah, Budi Nida, Bandi Puspa, H Imi, Rasyidi, Sony Ashar, Farid RG, anak Budi Nida. Cuaca di luar Langgar Al Kautsar saat saya pulang menuju rumah, dalam keadaan mendung. (ahu)

>Urunan Yasinan, malam Jum’at, di tempat Amud. Pemimpin pembacaan Surah Yasin Kani Ibur, Tahlil dan Do’a Imun. Babacaan bersama Tuan Guru, saya tidak tahun nama beliau, tentang manfaat mengamalkan Fatihah Empat untuk penghuni kubur. Posisi saya samping kanan Irul Imi, dan samping kiri Palan. Sajin untuk anggota Urunan Yasinan berupa teh manis, dengan  wadai bingka bulat madu, dan lumpia. Malam Jum’at depan di rumah Kani Ibur. Penerima uang Arisan Abahnya Diansyah. Sementara penerima anggota yang ingin menabung H Imi. Urunan Yasinan sebagai sarana silaturrahmi warga RT 1 Angkinang Selatan setiap malam Jum’at. Juga sarana ibadah menambah wawasan ilmu agama untuk diamankan di dunia dan akhirat. Kegiatan ini sudah berlangsung sejak puluhan tahun silam. (ahu)

..............................................................

[KAMIS, 6 JANUARI 2022]

>Shalat fardhu Subuh di Langgar Al Kautsar, Kamis, Imam Rasyidi, dan Muazin Sariansyah. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan H Imi, dan samping kiri H Samhuri. Pakaian yang saya kenakan baju muslim hijau, tapih hijau Amin, dan kopiah hitam III baru. Jamaah selain saya ada Diansyah, Sony Ashar, Budi Nida, Budi Puspa, Sariansyah, H Mastur, H Imi, dan anak Budi Nida. Cuaca di luar Langgar Al Kautsar saat saya pulang menuju rumah, dalam keadaan mendung. (ahu)

.......................................................

[RABU, 5 JANUARI 2022]

>Shalat fardhu Isya di Langgar Al Kautsar, malam Kamis, Imam Bahrudin. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan kosong, dan samping kiri H Samhuri. Pakaian yang saya kenakan baju muslim hijau, tapih kuning hitam kotak-kotak, dan kopiah hitam III baru. Jamaah selain saya ada H Samhuri, Rizal, Harmuni, Bandi Puspa, Yus’an. Cuaca di luar Langgar hujan lebat. Saya berangkat dan puang memakai payung. Hujan turun menjelang Isya, saya menembus hujan lebat dengan payung menuju Langgar Al Kautsar untuk shalat Isya. Akibatnya, walaupun memakai payung, pakaian saya tetap basah. Yakni tapih bagian bawah, serta baju muslim sisi kiri belakang. Mudahan ada hikmah dari turunnya hujan ini. (ahu)

>Shalat fardhu Maghrib, di Langgar Al Kautsar, malam Kamis, Imam Yus’an. Posisi saya saat shalat shaf kedua kanan. Samping kanan H Mastur, dan samping kiri Farid RG. Pakaian yang saya kenakan baju muslim hijau, tapih kuning hitam kotak-kotak, dan kopiah hitam III baru. Cuaca dil luar Langgar Al Kautsar saat saya pulang menuju rumah, dalam keadaan cerah. (ahu)

>Rejeki Rabu pagi, ada katupat tiga bigi, lauk haruan, basambal acan. Ada juga wadai ruti galambin dan gambung. (ahu)

>Shalat fardhu Subuh di Langgar Al Kautsar, Rabu, Imam Rasyidi, dan Muazin Sariansyah. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan H Imi, dan samping kiri Sariansyah. Pakaian yang saya kenakan baju sasirangan hijau ST, tapih hijau Amin, dan kopiah hitam III baru. Jamaah selain saya ada H Mastur, H Imi, Sariansyah, Bandi Puspa, Budi Nida, Laki Dayah Lastri, Diansyah, Sony Ashar, Yus’an, dan anak Budi Nida. Cuaca di luar Langgar Al Kautsar saat saya pulang menuju rumah, dalam keadaan cerah. (ahu)

..................................................

[SELASA, 4 JANUARI 2022]

>Shalat fardhu Isya di Langgar Al Kautsar, malam Rabu, Imam Bahrudin, dan Muazin Bahrudin / Yus’an. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan H Samhuri, dan samping kiri Yus’an. Pakaian yang saya kenakan baju sasirangan hijau, tapih hijau Amin, dan kopiah hitam III baru. Cuaca di luar Langgar Al Kautsar dalam keadaan cerah. (ahu)

>Shalat fardhu Maghrib di Langgar Al Kautsar, malam Rabu, Imam Yusan, dan Muazin Sukransyah / Farid RG. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan Raffi Ika Daud, dan samping kiri Abin. Pakaian yang saya kenakan baju sasirangan kuning, tapih hijau Amin, dan kopiah hitam III baru. Cuaca di luar Langgar Al Kuatsar dalam keadaan cerah. (ahu)

>Usai basalaman shalat Subuh, Selasa, Bandi Puspa kembali basaruan kepada jamaah, agar hadir pada aruh mahaul (alm) Romansi, parak masigit, pada Selasa siang, usai shalat Dzuhur. (ahu)

>Shalat fardhu Subuh di Langgar Al Kautsar, Selasa, Imam H Mastur, dan Muazin Sariansyah. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan Budi RT, dan samping kiri H Imi. Pakaian yang saya kenakan baju sasirangan hijau Sanah Tapha, tapih putih Chamuy, dan kopiah hitam III baru. Jamaah selain saya ada Sariansyah, Budi RT, H Imi, Rasyidi, Sony Ashar, Bandi Puspa, H Hamdan, Amly, Budi Nida, dan anak Budi Nida. Cuaca di luar Langgar Al Kautsar dalam keadaan mendung. (ahu)

.....................................................

[SENIN, 3 JANUARI 2022]

MAHAUL (ALM) ROMANSI

Usai shalat Maghrib, malam Selasa, Bandi Puspa manyaru kepada jamaah untuk hadir pada aruh mahaul (alm) Romansi, pada Selasa siang besok, usai shalat Dzuhur. (ahu)

ROTI HJ INUNG

Amud malam Selasa, ke rumah usai shalat Maghrib, bawakan roti Hj Inung, katanya datang dari Martapura antar Acil Hj Iyam. (ahu)

DOORPRIZE GEBYAR VAKSINASI HSS

Pengundian Hadiah Doorprize Gebyar Vaksinasi Covid-19 Kabupaten HSS di Pendopo Bupati HSS, malam Selasa. Dengan 100 lebih item hadiah. Live Radio Amandit FM Kandangan. Yang beruntung dapat sepeda motor : Barniah (Telaga Sili-Sili), Muhammad Noor (Taniran Kubah), Indra (Tabihi). (ahu)

>Shalat fardhu Maghrib di Langgar Al Kautsar, malam Selasa, Imam Bahrudin. Posisi saya saat saat shalat shaf kedua tengah. Samping kanan Rafi Ika Daud, dan samping kiri Farid RG. Pakaian yang saya kenakan baju sasirangn hijau ST, tapih putih Chamuy, dan kopiah hitam III baru. Cuaca di luar Langgar Al Kautsar saat pulang menuju rumah, dalam keadaan cerah. (ahu)

>Shalat fardhu Isya di Langgar Al Kautsar, malam Selasa, Imam Bahrudin, dan Muazin Bandi Puspa / Farid RG. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan Kaspul Madah, dan samping kiri Farid RG. Pakaian yang saya kenakan baju sasirangan hijau Sanah Tapha, tapih putih Chamuy, dan kopiah hitam III baru. Jamaah selain saya ada Kaspul Madah, Farid RG, Lakum, Bandi Puspa, H Hamdan, Harmuni, dan Laki Daya Lastri. Cuaca di luar Langgar Al Kautsar dalam keadaan cerah. (ahu)

>Menikmati kastila masak saracak, Senin siang. Kastila itu dibeli Ibu saya tadi pagi di Pasar Hangkinang, sebanyak satu biji. Rasanya beda dari kastila biasa. Serasa menikmati mangga atau kasturi. Entah apa nama kastilanya, berapa harganya, saya tak tahu pasti. Berdasarkan referensi yang pernah saya baca, kastila atau pepaya punya banyak manfaat, satu diantaranya untuk kesehatan mata. (ahu)

JADI KAYU BAKAR

Dua kotak buah, yang dulu kurungan unggas, Senin siang digunakan sebagai kayu bakar merebus air. Karena unggas tersisa yang dipelihara tinggal dua ekor anak ayam bangkok barian Bastani saja lagi. Mungkin yang lainnya akan juga mengalami nasib yang sama, jadi kayu bakar. Dimana ada sekitar empat kotak buah, dan satu kurungan besar yang tersisa. (ahu)

HUJAN PAGI SENIN

Hujan mengguyur Hangkinang dan sekitarnya, Senin sekitar pukul 10.00 wita. (ahu)

REJEKI HARI SENIN

Rejeki Senin pagi, ada lapat bakuah dan guguduh pisang manurun, belian Ibu di Pasar Hangkinang. (ahu)

SHALAT SUBUH SENIN

Shalat fardhu Subuh di Langgar Al Kautsar, Senin, Imam Rasyidi, dan Muazin Sariansyah / Farid RG. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan Budi Nida, dan kiri tamu. Pakaian yang saya kenakan baju muslim hijau, tapih habuk Chamuy, dan kopiah hitam III baru. Jamaah selain saya ada H Imi, H Hamdan, H Samhuri, Sariansyah, Bandi Puspa, Budi Nida, Farid RG, anak Budi Nida, dan tamu. Cuaca di luar Langgar Al Kautsar saat saya pulang menuju rumah, dalam keadaan cerah. (ahu)

...........................................................

[AHAD, 2 JANUARI 2022]

MADAN PELIHARAKAN ITIK JAPUN REMAJA

Ahad sore, sebanyak delapan ekor itik japun remaja, saya serahkan kepada Madan untuk pemeliharaan lebih lanjut. Karena Madan prihatin dengan keadaan itik saya itu, dikurung saja, jadi tubuhnya kurus. Kalau dilepas, akan berbeda pamakan, tidak terbatas makannya. Selama ini saya kurung, karena selalu ke pahumaan orang yang sedang maampak atau batanam. Dengan dipelihara Madan Insya Allah itik itu akan kembali sehat pertumbuhan tubuhnya. Mudahan saja. (ahu)

SHALAT ISYA MALAM SENIN

Shalat fardu Isya di Langgar Al Kautsar, malam Senin, Imam Ustadz Sairazi, dan Muazin Lakum. Posisi saya saat shalat shaf depan kiri. Samping kanan Yus’an, dan samping kiri kosong. Pakaian yang saya kenakan baju muslim hijau, tapih habuk Chamuy, dan kopiah hitam III baru. Cuaca di luar Langgar Al Kautsar cerah. (ahu)

SHALAT MAGHRIB MALAM SENIN

Shalat fardhu Maghrib di Langgar Al Kautsar, malam Senin, Imam Ustadz Sairazi. Posisi saya shaf depan kri. Samping kanan H Hamdan, dan samping kiri Kacit. Pakaian yang saya kenakan baju muslim hijau, tapih habuk Chamuy, dan kopiah hitam III baru. (ahu)

KULIAH MAGHRIB MALAM SENIN

Babacaan atau Kuliah Maghrib, malam Senin, di Langgar Al Kautsar, bersama Ustadz Sairazi, mengulas tentang air mata yang bisa membawa kita ke surga, yaitu air mata yang takut karena Allah SWT. Kita jangan sampai membuka aib atau kekurangan orang lain di dunia, kalau tak ingin aib kita bakal dibuka di akhirat kelak. Gengsi sesuatu yang tak bagus juga. Misalnya, kenapa mesti malu berjualan sayur dengan bersepeda atau dengan gerobak berkeliling. Posisi saya saat mendengarkan Babacaan sisi kanan Langgar, samping kanan H Udin Machi, dan samping kiri Abin. (ahu)

ADA LONTONG PAGI AHAD

Rejeki Ahad pagi, ada lontong berlauk haruan / tauman, dan dua buting wadai, yakni gambung dan gagatas,  belian Ibu di Pasar Hangkinang. (ahu)

SHALAT SUBUH HARI AHAD

Shalat fardhu Subuh di Langgar Al Kautsar, Ahad, Imam H Mastur, dan Muazin Sariansyah / Farid RG. Posisi saya saat shalat shaf depan kiri. Samping kanan Budi Nida, dan samping kiri kosong. Pakaian yang saya kenakan baju sasirangan kuning, tapih hijau Amin, dan kopiah hitam III baru. Jamaah selain saya ada Budi Nida, H Hamdan, Bandi Puspa, Sariansyah, Rasyidi, H Imi, dan Farid RG. Cuaca di Langgar Al Kautsar saat saya pulang menuju rumah, dalam keadaan cerah. (ahu)

AYAM UYUH DISEMBELIH

Ahad sawat, ada satu ekor ayam remaja warna kuning abu-abu, barian Bastani, uyuh, lantas disembelih. (ahu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)