Jumat, 13 Agustus 2021

Diary Hangkinang Rasa Gangan Kaladi Dirasani Hari Sabtu

 Sabtu, 14 Agustus 2021

[RABU, 11 AGUSTUS 2021]

>Shalat Subuh di Langgar Al Kautsar, Rabu, Imam Yus’an, Muazin Sony Ashar dan Bandi Puspa. Posisi saya saat shalat shaf depan kiri. Samping kanan Chamuy, dan samping kiri Budi Nida. Pakaian yang saya kenakan baju sasirangan kuning, tapih putih Chamuy, dan kopiah hitam III baru. Jamaah selain saya ada Budi Nida, Chamuy, Rasyidi, Bandi Puspa, Sony Ashar, H Imi, Sariansyah, dan H Mastur. Cuaca di luar Langgar Al Kautsar saat saya pulang menuju rumah dalam keadaan cerah.

>Usai basalaman shalat Subuh, Rabu, Hj Yana basaruan usai shalat Maghrib malam Jum’at, ada aruh. Saya tak jelas, aruh apakah, dan tempatnya, di rumah atau di Langgar Al Kautsar.


[SELASA, 10 AGUSTUS 2021]

>Shalat Subuh di Langgar Al Kautsar, Selasa, Imam Yus’an, dan Muazin Sariansyah. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan Sony Ashar, dan samping kiri Rasyidi. Pakaian yang saya kenakan baju sasirangan hijau Sanah Tapha, tapih habang, dan kopiah hitam III baru. Jamaah selain saya ada H Imi, Sony Ashar, Rasyidi, Chamuy, Sariansyah, Budi Nida, Bandi Puspa, dan H Hamdan. Cuaca di luar Langgar Al Kautsar saat saya pulang menuju rumah dalam keadaan cerah.

>Selasa sekitar pukul 10.00 WITA, beli BR hayam ganal 3 kilogram di Muara Kayu Abang, Desa Bamban Selatan.

>Ada peringatan Tahun  Baru Islam 1 Muharram 1443 H di Pondok Pesantren RGA Dalpa Kandangan, Selasa pagi. Dihadiri Bupati HSS H Achmad Fikry, unsur Forkopimda dan undangan lainnya. Tausyiah singkat hikmah Tahun Baru Islam dibawakan TGH Ahmad Syairazi.


[SENIN, 9 AGUSTUS 2021]

>Shalat Subuh di Langgar Al Kautsar, Senin, Imam Yus’an, dan Muazin Sariansyah. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan Budi Nida, dan samping kiri Sariansyah. Pakaian yang saya kenakan baju muslim hijau, tapih habuk Chamuy, dan kopiah hitam III baru. Jamaah selain saya ada Budi Nida, Sariansyah, Sony Ashar, Bandi Puspa, Chamuy, Rasyidi, H Imi, dan Herman Apip. Cuaca di luar Langgar Al Kautsar saat saya pulang menuju rumah dalam keadaan cerah.

>Handakkah kuini, cari kakait. Handakkah babini, cari duit.

>Tahun 2024 pilih siapa Puan Maharani atau Airlangga Hartarto. Saya tak pilih siapa-siapa, karena tak suka keduanya. Marganya kada bakula, kada biasa barawaan.


[AHAD, 8 AGUSTUS 2021]

>Shalat Subuh di Langgar Al Kautsar, Ahad, Imam Yus’an, dan Muazin Sariansyah / Bahrudin. Posisi saya saat shalat shaf depan kiri. Samping kanan H Hamdan, dan samping kiri Chamuy. Pakaian yang saya kenakan baju sasirangan kuning, tapih bigi raman etnik, dan kopiah hitam III baru. Jamaah selain saya ada H Mastur, H Imi, Bahrudin, Budi Nida, Bandi Puspa, H Hamdan, Rasyidi, dan Sony Ashar. Cuaca di luar Langgar Al Kautsar saat saya pulang menuju rumah dalam keadaan cerah.

>Ada objek wisata baru di Kabupaten Hulu Sungai Utara, kalau tak salah namanya mirip nama lapangan golf di Banjarbaru, Wisata Susur Rawa Swargaloka. Terletak di Desa Pulantani, Kecamatan Haur Gading. Berdasar penelusuran sekilas di dunia maya dan mendengar di radio, wisata ini berupa kawasan rawa gambut. Kata Penjabat Gubernur Kalsel Safrizal ZA yang berkunjung ke sana, mengatakan ini merupakan ‘Amazonnya’ Kalimantan Selatan.

>Wahyu memberitahu, H Udan Pakumpayan meninggal dunia di Binuang, Ahad sore. Akan dimakamkan di Binuang juga, pada hari Senin pagi.

>Hujan lebat Ahad sore, jelang senja menuju malam Senin, mengguyur Angkinang Selatan dan sekitarnya. Sempat sebelumnya, angin kencang berhembus.


[SABTU, 7 AGUSTUS 2021]

>Shalat Subuh di Langgar Al Kautsar, Sabtu, Imam Yus’an, Muazin Sariansyah, dan Pembaca Do’a H Mastur. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan H Imi, dan samping kiri H Mastur. Pakaian yang saya kenakan baju sasirangan hijau Sanah Tapha, tapih kuning hitam kotak-kotak, dan kopiah hitam III baru. Jamaah selain saya ada Bandi Puspa, H Imi, H Mastur, Sony Ashar, Rasyidi, Chamuy, Budi Nida, Sariansyah, dan Herman Apip. Cuaca  di luar Langgar Al Kautsar saat saya pulang menuju rumah dalam keadaan cerah.

>Malam Sabtu usai shalat Isya banyak mobil pemadam kebakaran arah ke hilir. Belakangan saya ketahui lewat info Mas Uchok Amandit FM, kebakaran terjadi di Kantor Bappelitbangda / Bappeda Kabupaten HSS di Tibung Raya Kandangan. Menurut info tersebut bangunan kantor itu hangus terbakar. Puluhan BPK dari berbagai kawasan di Kabupaten HSS dan sekitarnya turut memadamkan api. Belum diketahui apa penyebab kebakaran tersebut. Mudahan ada hikmah dibalik musibah ini.

>Sabtu siang ke Bakarung. Pertama ke warung Gaza Palestina, dibungkus bawa pulang es campur dan roti pisang. Lalu kedua ke kios Agustin Istiqomah, dilayani ibunya. Saya membeli BR hayam 2 kg, pisang talas, minyak goreng, tepung beras, air mineral botol, dan Teh Kotak.


[JUM’AT, 6 AGUSTUS 2021]

>Sudah beberapa hari ini saya mendengarkan Tausyiah Tuan Guru Haji (TGH) Ahmad Syairazi, melalui Radio RGA Dalpa Kandangan. Tepatnya usai shalat Maghrib. Tausyiah itu penyampaiannya kepada para santri di Pondok Pesantren yang beliau asuh, yakni Ponpes RGA Dalam Pagar. Pada malam Jum’at, seingat saya materi yang disampaikan TGH Ahmad Syairazi tentang  (alm) Guru Kaspul.

>Shalat Jum’at di Masjid Besar Al Aman Angkinang, Imam / Khatib Abahnya Ernie Aprilianti Lukdalam. Materi khotbah seputar bekal / sangu menuju akhirat berupa Taqwa. Saat shalat saya berada di shaf belakang sisi kanan dalam. Samping kanan dan kiri orang Lukdalam. Pakaian yang saya kenakan baju sasirangan kuning, tapih habuk Chamuy, dan kopiah hitam III baru.

>Usai shalat Jum’at saya singgah ke Apotek Ari, beli obat asma dan salep Nosib.


[AHAD, 20 OKTOBER 2019]

>Sidang paripurna MPR dengan agenda acara Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI Periode Tahun 2019-2024. Dipimpin Ketua MPR Bambang Soesatyo, pukul 16.30 WITA. Hadir pada kesempat itu SBY, Megawati SP, dan para Wapres. Juga Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. Termasuk pula dua puluh utusan negara hadir pada acara tersebut.

>Kilau Raya MNCTV 28, Ahad malam, bertabur bintang. Diawali dengan penampilan Dewi Persikk live dari Mojokerto. Juga dari Studio RCTI.


[KAMIS, 15 JULI 2021]

>Menuntaskan maksud. Pas hari hujan gerimis Kamis pagi. Saya parai ke tempat kerja. Barabahan di rumah saja. Hilangkan perasaan gundah gulana. Mengusir stres. Nanti bisa kembali lagi ke sana kalau sudah dalam suasana nyaman.

>Benarkah beras KKS mama saya bisa diambil? Sudah beberapa bulan ini parai. Entah apa sebabnya. Nanti sore atau malam Jum’at bisa di cek.

>Kamis pukul 10.00 WITA ada acara di tempat Iwa. Tapung Tawar atau apakah, anak Muhajir. Kemarin, Rabu siang, Ipit basaruan ke rumah untuk ibu saya.

>Jalani saja semuanya. Awal yang resah. Nanti akan terbiasa juga. Agar kau bisa lebih serius dan semangat lagi dalam bekerja.

>Sudah terbiasa dengan ketidaknyamanan dan keprihatinan. Buktinya saat ini kada baduit banyak, bisa menjalani hidup. Lalu palatar penuh kotoran unggas dibiarkan saja, padahal selalu ada waktu dan upaya untuk membersihkannya. Seakan enak dipandang mata, padahal kulir saja.

>Cerita KH Murjani / Guru Andang dalam ceramahnya yang saya dengar di Radio Sehati FM Barabai, Kamis pagi, pernah ketinggalan tasbih di sebuah masjid. Karena sayang minggu berikutnya ia datang kembali, lalu bertanya kepada Kaum Masjid, apakah ada melihat Tasbih milik sidin yang tertinggal seminggu lalu. Alhamdulillah masih ada. Walau murah tapi sayang.


[AHAD, 18 JULI 2021]

>Berikut daftar keinginan saya bulan ini yang ingin segera digapai. Beli celana pendek dua lembar untuk digunakan dalam keseharian. Beli ikat pinggang / panding. Beli celana panjang hitam / warna gelap dua lembar untuk digunakan ke tempat kerja dan kegiatan di luar rumah. Beli baju putih, sasirangan, batik, dan hem yang digunakan untuk ke tempat kerja dan kegiatan di luar rumah. Beli sepatu dan sandal untuk digunakan ke tempat kerja. Beli baju muslim lengan panjang dan lengan pendek, serta tapih untuk baibadah. Bayar pajak sepeda motor untuk tahun ini sebelum tanggal 24 Agustus 2021 melalui bantuan Ihsan Pakumpayan. Perbaiki rumah yang mulai rusak seperti lantai dan dinding yang japuk. Beli papan, paku, upah tukang, dsb. Bayar hutang Infaq Jalan Raya MTsN 3 HSS yang saya pakai, juga hutang duit Umanya Amud serta hutang lainnya. Dapat dibayar dengan segera tidak dibawa mati. Beli unggas  seperti itik japun, ayam kampung dan ayam bangkok sebanyak mungkin sampai seribu ekor. Beli kotak buah sebagai kurungan, kadut untuk lapik kotoran unggas, umpan BR, gabuk, dsb. Servis sepeda motor, ganti olie, dsb. Menabung ke BRI Unit Angkinang, BPR Kandangan Cabang Angkinang, dan beli emas beberapa puluh gram.


[SABTU, 17 JULI 2021]

>Shalat Subuh di Langgar Al Kautsar, Sabtu, Imam Kaspul Madah, dan Muazin Sariansyah. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan Sony Ashar, dan samping kiri Rasyidi. Pakaian yang saya kenakan baju muslim hiju, tapih bigi raman etnik, dan kopiah hitam III baru. Jamaah selain saya ada Bahrudin, H Imi, Sony Ashar, Rasyidi, Chamuy, Sariansyah, Bandi Puspa, Budi Nida, dan H Hamdan. Cuaca di luar Langgar Al Kautsar usai shalat Subuh dalam keadaan cerah.

>Usai shalat Subuh, Sabtu, jamaah di Langgar Al Kautar tetap berada di dalam Langgar. Ada mahaul beberapa anggota keluarga Hj Asa. Pemimpin pembacaan Surah Yasin, Tahlil dan Do’a Haul Kaspul Madah. Posisi saya saya samping kanan Kaspul Madah, dan samping kiri Rasyidi. Untuk makan, jamaah pergi ke warung Hj Isum. Pilih sesuai selera masing-masing. Saya memilih nasi putih, lauk ayam filipina, dan teh manis. Duduk samping kanan etalase kaca menu, dan samping kiri Sariansyah.

>Saat kami makan, ada orang yang membeli nasi ke tempat Hj Isum. Memakai sepeda motor dinas, seorang perempuan cantik, jarang saya melihat. Belakangan H Imi menyebut itu isteri Ayut Muara Tawia yang bekerja di RS H Hasan Basery Kandangan. Kalau begitu ia berarti ibunya dari alumni MTsN 3 HSS, kalau tak salah nama sapaanya Bassam.

>Menempatkan posisi yang tepat.

 

[RABU, 7 JULI 2021]

>Rabu siang, Nisa datang ke rumah, basaruan mahaul, malam Kamis usai shalat Maghrib, sarumahan.

>Rabu, di rumah saja, nonton teve, kada kasakulahan.

>Ada penyewa rumah Adul Kasum, Rabu, lalakian, perbaiki rumah. Terutama yang bolong dengan papan. Hingga tengah hari ia baru menyelesaikan pekerjaan itu.

>Terus berharap, dan berdo’a. Semua bisa jadi kenyataan. Bayar hutang dang membeli apa yang diinginkan selama ini. Bisa dapat duit ratusan juta rupiah. Digunakan untuk membayar hutang, beli emas, ditabung ke bank, dan investasi unggas. Juga keperluan lainnya.  Tak lupa bersedekah.

>Ada keinginan bermalam di beberapa tempat di Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Bermalam di rumah warga di Nateh. Bermalam di teras sebuh masjid yang ada di Barabai. Bermalam di sebuah penginapan sederhana di Barabai. Bermalam di sebuah hotel ternama di Barabai.

>Urang rami maunjun inya ranai haja. Kadada keinginan maunjun seperti orang. Walaupun waktu luang teramat banyak. Karena memang maunjun tidak hobinya.

>Apa yang saya tuliskan adalah do’a dan harapan. Maingun 100 itik japun, 100 ayam bangkok, dan 100 ayam kampung biasa.


[JUM’AT, 16 JULI 2021]

>Hari Jum’at, ke Pasar Bagambir, selain bagunting nomor satu, saya juga membeli pisang manurun 20 biji Rp 25 ribu.

>Kata Wahyu pagi Jum’at, ada kebakaran di Tawar, Kandangan.

>Musibah kebakaran yang landa Ponpes Al Falah Putera, Landasan Ulin, Banjarbaru, kerugian ditaksir miliaran rupiah. Simpati warga Kalsel galang dana untuk membantu korban musibah kebakaran ini.

>Mulyadi, Ketua Panitia Pengelola Masjid Besar Al Aman Angkinang menyampaikan informasi, Senin pagi, ada gotong royong persiapan Shalat Idul Adha 1442 H bersama Koramil, dan lainnya. Untuk Khatib / Imam adalah Ustadz Khairinnor dari Padang Batung.

>Sepulang dari shalat Jum’at di Masjid Besar Al Aman Angkinang, singgah di Apotek Ari. Beli obat asma dan Antangin.

>Lihat tayangan di HSS TV, Dishub HSS giat patroli di beberapa titik di Kabupaten HSS. Juga jalan setiap pukul 07.00 s.d 09.00 WITA untuk mengurangi kemacetan arus lalu lintas. Termasuk pula di Pasar Bagambir setiap Jum’at pagi, dan Nagara pada hari Senin pagi.


[SELASA, 8 SEPTEMBER 2020]

>Shalat Maghrib di Langgar Al Kautsar, malam Rabu, Imam Yus’an, dan Muazin Bandi Puspa. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan dinding, dan samping kiri H Imi. Pakaian yang saya kenakan baju muslim biru lusuh, tapih kuning hitam, dan kopiah hitam lawas.

>Shalat Isya di Langgar Al Kautsar, malam Rabu, Imam Kaspul Madah, dan Muazin Bandi Puspa. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan Rizal, dan samping kiri Iki Bahrudin. Pakaia yang saya kenakan baju muslim biru lusuh, tapih kuning hitam kotak-kotak, dan kopiah hitam lawas.

>Usai shalat Isya, beli pentol di depan kios Warga Favor.

>Santuy Malam di Trans TV, malam Rabu, tamu Dewi Persikk dan Sapri. Ada Saiful Jamil (Andre Taulany).

>Di ruang Tata Usaha hari Selasa, selain saya, ada Ibu Hj Nornajati, Fauzan Zainury, Kamad H Muliadi, Hasmi, Sanah Thapa, dan Umi.

>Hari Rabu ada undangan Tasmyiah / Aqiqah anak Atma Fathana, di tempat orangtuanya Bapak Abdurrahman di Pangambau. Apakah saya diundang? Karena saya tak punya HP ba WA, jadi tak tahu kabar. Kalau disaru saya akan saruan dan datang ke sana, sendirian atau baimbaian.


[SENIN, 19 JULI 2021]

>Shalat Isya di Langgar Al Kautsar, malam Selasa, Imam Budi Nida, dan Muazin Sariansyah. Pembaca Takbir dan Do’a Kaspul Madah. Posisi saya saat shalat shaf depan kiri. Samping kanan  Lakum, dan samping kiri Laki Rina. Pakaian yang saya kenakan baju muslim hijau, tapih bigi raman etnik, dan kopiah hitam III baru.

>Usai basalaman shalat Isya, malam Selasa, di Langgar Al Kautsar, Bandi Puspa manyaruakan, Subuh Selasa usai shalat Subuh ke tempat Abahnya Nisa. Lalu malam Rabu, saya tak jelas mendengar setelah Masghrib atau Isya ke tempat H Imi / H Mas’ud.

>Shalat Maghrib di Langgar Al Kautsar, malam Selasa, Imam Bahrudin, dan Muazin Sariansyah. Tanpa Takbiran. Posisi saya saat shalat shaf kedua tengah. Samping kanan Didin, dan samping kiri Laki Ipit Hj Iruk. Pakaian yang saya kenakan baju muslim hijau, tapih bigi raman etnik, dan kopiah hitam III baru.

>Ternyata ia punya kelebihan lain, bisa membaca pikiran orang lain.

>Pedih di parut itu, akibat konsumsi obat asma berlebihan / kabanyakan.

>Nang panting gawian biris.


[KAMIS, 15 JULI 2021]

>Ingat Allah SWT dalam segala keadaan.

>Siap mental badagang, bisa untung bisa rugi. Terima dengan lapang dada. Tak pernah putus asa kalau rugi badagang. Sebagai pelajaran yang akan datang. Evaluasi dan perbaikan.

>QS Al Kalam : 32.

>Barakat Mama saruan ke tempat Iwa ada katupat dan lauknya haruan bapanggang. Cukup enak sekali, karena memang tidak banyak.

>Lauk makan di rumah hari Kamis, ada sapat karing, papuyu, dan samu haruan.

>Kebakaraan landa Ponpes Al Falah, Landasan Ulin, Banjarbaru, Kamis pagi. Semoga ada hikmah dari musibah ini. Diberikan ketabahan dan kesabaran. Ini berdasar info penceramah malam Jum’at di Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin yang saya dengarkan lewat RRI Banjarmasin, malam Jum’at.

>Akhirnya beras KKS untuk ibu saya bulan ini keluar atau masuk. Sehingga bisa diambil Kamis sore oleh ibu saya di tempat Danty Uwat sebanyak 20 liter, ditambah beberapa butir telur ayam ras. Yang membawakan pulang beras ke rumah Madan, yang kebetulan ada di Pakumpayan.


[JUM’AT, 12 FEBRUARI 2021]

>Shalat Subuh di Langgar Al Kautsar, Jum’at, Imam Kaspul Madah, dan Muazin Sariansyah. Posisi saya saat shalat shaf depan kanan. Samping kanan Budi Nida, dan samping kiri Rasyidi. Pakaian yang saya kenakan baju sasirangan hijau Sanah Tapha, tapih putih Chamuy, dan kopiah hitam III baru. Jamaah selain saya ada Nantung, H Mastur, Budi Nida, Rasyidi, Sariansyah, Bandi Puspa, Chamuy, Yadi Yanti, dan Harmuni. Cuaca di luar Langgar Al Kautsar saat saya pulang menuju rumah dalam keadaan cerah.

>Jum’at pagi sawat parak rumah mancari ayam. Dia membawa wadah umpan.

>Ke Pasar Bagambir, Jum’at pagi. Bagunting dan minum di warung langganan. Paguntingan orang Gumbil. Bicara tentang asal usul Gumbil dan Panyaungan. Gumbil itu kata paguntingan itu nama kayu. Sementara Panyaungan itu dulu tempat orang mengadu burung dan ayam.

>Ke kios Danty Uwat Jum’at pagi dilayani lakinya. Ambil beras KKS dan telur. Juga tarik tunai Rp 300 ribu.

>Ada lengkeng dan anggur, request anu Mama beli di Pasar Angkinang.

>Ke Apotek Ari, beli obat asma Luvisma dan Bupacaryl.

>Mantap Laki Ibu Hj Rahmaniah Lukdalam akan dilantik jadi hakim di Penagdilan Agama  Jember, Jawa Timur.


[AHAD, 8 NOVEMBER 2020]

>Makanan di rumah pagi Ahad, ada lapat basambal, mangga, gumbili nagara, dsb.

>Mendengarkan radio FM, yang saya lakukan di pagi Ahad. Ada beberapa stasiun, yakni RRI Banjarmasin, Purnama Nada, Dirgahayu, dan Sehati Barabai.

>Pasangan paling bahagia di dunia ini tidak pernah memiliki sifat yang sama, mereka hanya saling memahami dengan baik tentang perbedaan yang mereka miliki.

>Pada awalnya, cinta itu bisa melihat. Tapi, menjadi buta karena masuk ke dalam hati yang paling dalam. Cinta itu seperti angin. Kau tak dapat melihatnya, tapi kau dapat merasakannya.

>Saat seseorang mencintaimu, mereka tak harus mengatakannya. Kamu akan tahu dari cara mereka memperlakukanmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)