Minggu, 04 Juni 2023

Mahaul H Syamruni

Ahad, 4 Juni 2023

Ahad siang, usai shalat fardhu Dzuhur berjamaah di Langgar Al Kautsar, saya ke tempat Ati Dibah. Ada mahaul abahnya yang ke 19, yakni H Syamruni bin Matdapat. 

Posisi saya, kanan H Mastur, dan kiri Bandi Puspa. Pemimpin pembacaan Surah Yasin Budi Nida, Tahlil Imun, dan Doa Haul H Mastur. 

Pakaian yang saya kenakan baju muslim habuk tua, tapih H Amat, dan kopiah hitam III baru. 

Cuaca cerah dan panas terik mentari siang. Tapi  syukurlah di dalam rumah agak segar, ada beberapa buah kipas angin. 

Menu yang disajikan tuan rumah berupa nasi putih, lauk haruan masak kecap, teh manis, dan cuci mulutnya agar-agar dan apam dalam wadah plastik mika. 

Undangan yang hadir merupakan anggota arisan / yasinan Langgar Al Kautsar malam Jumat, sanak sekeluarga, dan warga sekitar. 

Haul merupakan momen yang tepat untuk mengumpulkan anggota keluarga, sarana silaturrahmi, untuk sedekah, serta mendekatkan diri kepada Allah SWT. 

Seperti saya lihat kali ini. Tampak keluarga besar H Syamruni hadir bersama suami, isteri, anak, menantu, dan cucu. Dimana rata-rata bekerja sebagai PNS/ASN di daerah lain.  

Yang saya lihat ada Hj Irat bersama suami, anak, menantu, dan cucu. Mereka tinggal di Kabupaten Tabalong. 

Saya tak tahu pasti apakah Hj Irat sudah pensiun atau tidak sebagai guru di Kecamatan Tanta, Kabupaten Tabalong.***

Dari Diary Akhmad Husaini, Ahad (04/06/2023)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)