Jumat, 09 Juni 2023

Diary Jum'at Penuh Berkah

 Sabtu, 10 Juni 2023

JUMAT, 9 JUNI 2023

>Saya shalat Jum'at di Masjid Al Husaini Bustani Mursinah Bakarung, Kecamatan Angkinang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). Khatib/Imam guru PP Tahfiz Gambah Dalam. Shaf tengah samping kanan. Cuaca cerah. Baju muslim bigi raman, celana panjang hitam, dan kopiah hitam. 

>Usai Jum'atan di Masjid Al Husaini Bustani Mursinah Bakarung, beli pentol dan es satrup depan Masjid. Seorang perempuan muda. Yang mengaku berjualan sampai malam hingga Isya. Ia menjualkan saja, yang membuat kakaknya. Saya beli total Rp 20 ribu. 

>Subuh di Langgar Al Kautsar, Jum'at, Imam Yusan, dan Muazin Sariansyah. Shaf depan kanan. Kanan H Imi dan kiri Budi Nida. Baju muslim habuk tua, tapih H Amat, dan kopiah hitam III baru. Cuaca cerah. 

>Usai shalat Subuh Jum'at, jamaah tetap berada di dalam Langgar Al Kautsar, ada Haul Jama anggota keluarga Hj Asa. Pemimpin pembacaan surah Yasin, Tahlil, dan Doa Haul Yusan, Kaspul Madah, dan H Mastur. Untuk makan di tempat Hj Isum. Nasi putih dengan lauk pilihan haruan masak habang, dan teh manis hangat. Samping kanan Kaspul Madah. Ini Subuh kedua aruh mahaul. Hari Kamis di tempat yang sama, ada mahaul keluarga Bandi Puspa, Djamhuri bin Ibas. Hari itu saya pilih lauk hati. 

>Jum'at saya kembali berhutang di tempat Yadi Pakumpayan, melalui isterinya Rp 100 ribu. Semoga bisa digunakan untuk hal bermanfaat dan ada rezeki membayarnya, bila gajian. 

>Rabu kaina di Majelis Talim Muara Tawia ada Habaib Musthapa Al Haddar dari Martapura. Itu saya lihat di baliho yang dipasang dekat jembatan Muara Tawia, usai Jum'atan di Bakarung. Apakah ada langkah saya ikut hadir ke sana. Karena ceramah beliau termasuk yang saya senangi. Karena unik dan khas. Ada kata-kata Tamparkah, dsb. 

>Tak perlu jauh-jauh, cukup di Kalimantan saja. Tak perlu naik pesawat terbang, cukup transportasi darat saja. Inilah aku dengan segala keinginanku dan segenap kekurangan yang ada. 

>Subuh Jum'at saya lihat Langgar Al Kautsar punya jam digital baru, pengganti yang lama, yang jamnya sudah tidak tepat lagi. Dulu warna hurufnya merah. Kini campuran hijau dan biru. Mungkin harganya mahal. Saya tidak sempat bertanya lebih jauh. 

>Shalat fardhu Maghrib berjamaah di Langgar Al Kautsar, malam Sabtu, Imam H Mastur. Shaf depan kanan. Kanan Kacit, dan kiri Harmuni. Baju muslim hijau, tapih kuning hitam Sekumpul, dan kopiah hitam. Cuaca cerah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)