Jumat, 01 Maret 2019

Ingin Menulis Biografi Abdul Muin Dulmas

Sabtu, 2 Maret 2019

Waktu duduk dibangku Sekolah Dasar (SD) dulu, saya paling senang, bila jam istirahat, ke perpustakaan sekolah. Satu buku yang pernah saya baca, penulisnya berasal dari Kecamatan Angkinang, tepatnya dari Kalinduku, Telaga Sili-Sili. Judul bukunya saya lupa, penulisnya Abdul Muin Dulmas.

Saya kurang tahu berapa buah buku beliau yang sudah terbit, selain satu buku yang pernah saya baca. Sekarang beliau sudah meninggal dunia. Saat itu, beliau masih jadi guru atau kepala sekolah di sebuah SD di Kecamatan Angkinang.

Beliau tinggal di Sungai Batung, Muara Tawia. Karena memang isterinya berasal dari sana. Adapun anak-anak beliau yang saya ketahui ada Bahrul Fikri, Taptajani, Himbawan dan Rindu Karisma.

Saya ingin sekali menulis perjalanan hidup Abdul Muin Dulmas dalam menekuni dunia kepenulisan khususnya dan dunia guru / pendidikan umumnya. Dimana guru SD punya jalur mudah ikut lomba menulis cerita anak, diadakan departeman terkait yang ada di pusat.

Setahu saya di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) selain Abdul Muin Dulmas, yang terkenal sebagai penulis cerita anak dan bukunya sudah terbit menasional adalah Djarani EM, Iwan Yusi, Hardiansyah Asmail, Sadyi Masun, dll.

Mudahan keinginan saya ini ada yang merespon, baik dari pihak keluarga beliau, atau teman-teman seperjuangan beliau yang masih hidup. Bagaimana kiprah seorang Abdul Muin Dulmas dalam dunia kepenulisan di Kabupaten HSS, juga sebagai seorang pendidik. (ahu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)