Rabu, 07 Maret 2018

Semangat Beternak Ayam Kampung

Kamis, 8 Maret 2018


Mumpung banyak rejeki, Dugal terus semangat menggeluti dunia peternakan ayam kampung. Baik jenis ayam bangkok maupun ayam kampung biasa. Ada sudah delapan ekor ayam bangkok yang dia pelihara.

Ayam itu terdiri dari empat jantan dan empat betina. Kedelapan ayam itu dikurung di kandang dua kamar yang saya beli dari tetangga kampung. Dugal terus semangat, ia ingin menambah koleksi ayam hingga ratusan ekor jumlahnya.

Ia terpicu semangat setelah melihat tayangan video beternak ayam di youtube. Dimana bisa meraup untung ratusan juta rupiah dalam memelihara ayam kampung termasuk ayam bangkok. Untuk itu ia berusaha sebanyak mungkin.

Juga kandang ayam, baik dibuat sendiri maupun minta buatkan tetangga kampungnya. Setelah semua siap Dugal akan berburu ayam ke pasar-pasar. Seperti ke Pasar Birayang, Bagambir, Halong, dsb.

Pengalaman membuktikan jangan memelihara ayam anak-anak, tapi ayam remaja, akan layak hidup ketimbang ayam anak. Dugal punya mimpi punya banyak ayam. Ayamnya akan bernilai jutaan rupiah. (ahu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi AHU : Watak Simbol Intonasi Perangai Jingga

 Jumat, 22 Maret 2024 Cerita guramang alasan manis kian sinis watak simbolis kehendak penawar lara senarai kehendak intim suara nurani ego k...