Rabu, 09 Januari 2013

NUANSA ISLAMI

Kamis, 10 Januari 2013


MACAM – MACAM PUASA SUNNAH

PUASA DAUD
Satu hari berpuasa, satu hari tidak, berselang-seling. Kapan saja, asal tidak pada hari yang diharamkan untuk berpuasa. Seperti dua hari raya (Idul Fitri dan Idul Adha) dan tiga hari tasyrik (11,12,13 Dzulhijjah).

PUASA ARAFAH
Dilakukan oleh muslim yang tidak sedang berwukuf di Arafah pada ibadah haji, 9 Dzulhijjah. Hikmahnya, dapat menghapus dosa kecil setahun sebelum dan setahun sesudah puasa.

PUASA ENAM HARI SYAWAL
Dilakukan enam hari, tidak harus berurutan selama Syawal, yang terpenting sesudah Idul Fitri. Himahnya, setelah puasa Ramadhan ditambah puasa enam Syawal, nilai pahalanya sama dengan puasa setahun penuh.

PUASA SENIN-KAMIS
Puasa rutin setiap hari Senin dan Kamis, tidak boleh melulu Senin atau melulu Kamis. Hikmahnya, menambah kemuliaan.

PUASA AYYAMUL BIDH
Puasa tiga hari setiap bulan hijriyah. Dilakoni tiga hari berturut-turut, pada tanggal 13,14, dan 15 disetiap bulannya.

PUASA ASYURA DAN TASU’A
Puasa Asyura adalah puasa pada 10 Muharram dan Tasu’a pada 9 atau 11 Muharram. Hikmahnya, menghapus dosa-dosa kecil setahun silam.

PUASA MUHARRAM
Berpuasa disepanjang bulan Muharram, tidak hanya pada Asyura dan Tasu’a saja. Menurut Rasulullah SAW, puasa dibulan Muharram adalah yang paling utama setelah Ramadhan.


PUASA SYA’BAN
Dari Aisyah RA berkata, “ Aku tidak pernah melihat Rasulullah SAW menyempurnakan puasa sebulan penuh kecuali bulan Ramadhan. Dan aku tidak pernah melihat beliau berpuasa dalam satu bulan lebih banyak daripada bulan Sya’ban.” (HR Muttafaq ‘alaih)

PUASA SEMBILAN HARI DZULHIJJAH
Maksudnya, berpuasa pada sembilan hari pertama di bulan Dzulhijjah. Sebab pada 10 Dzulhijjah adalah Idul Adha dan pada itu hari yang haram untuk berpuasa. Dalam sebuah hadits disebutkan, Allah amat mencintai ibadah ini.

PUASA KAUM BUJANGAN
Puasa ini adalah pengingat diri bagi pemuda yang bersyahwat tinggi tapi belum mampu menikah. Bisa dilaksanakan setiap hari terkecuali pada hari-hari yang diharamkan untuk berpuasa. Hikmahnya, perisai diri dari godaan syahwat.

( Diolah dari berbagai sumber )



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jembatan MTsN 3 HSS Jumat Pagi

 Jumat, 26 April 2024 Melihat kondisi jembatan kayu ulin MTsN 3 HSS, pada hari Jumat (26/04/2024) pagi. (ahu)