Selasa, 31 Mei 2011

HSS WRITER CLUB

MENULISLAH

Menulis sekali lagi jangan menjadi hal yang menakutkan dan menyulitkan jadikan menulis itu mudah, dalam artian mudah itu tanpa melalui proses justru menulis dengan proses itulah tulis menulis menjadi mudah.

Lho kok mudah !!! terus prosesnya apa dong??? Tenang dulu pertama kali yang harus dilakukan seseorang untuk menulis adalah “ Niat” , berniatlah saya ingin menulis dengan keyakinan yang keras dan sungguh-sungguh karena dengan niat menjadikan motivasi yang kuat untuk mengerjakan dan menghasilkan suatu tulisan.

Saya sudah Niat menulis tapi tetap saja sulit menghasilkan tulisan , ya Pasti dong ..Niat saja tidak cukup dan tidak akan menghasilkan apa-apa , yang harus dilakukan pada tahapan setelah niat adalah adanya Aksi atau tindakan yang nyata untuk menulis… cobalah untuk menuliskan sesuatu tidak usah banyak-banyak dahulu cukup satu atau dua kalimat saja sebagai awalnya dan jangan membebani pikiran jenis tulisan apa yang akan ditulis ,…..bila hal ini cukup sulit juga cobalah untuk mengingat pengalaman hidup sendiri semenjak kecil hingga dewasa ..pasti dong terbayang …nah bila mampu mengingatnya tinggal mencoba mengetik atau menulis satu persatu apa yang ada di pikiran, sekali lagi tidak usah takut tidak nyambung antara satu kata dengan kata yang lainnya …toh nanti bila sudah selesai menulisnya masih banyak kesempatan untuk memperbaiki kembali.

Bila tindakan nyata ini sudah dilakukan dan dilayar komputernya sudah terdapat beberapa rangkaian kalimat yang tercipta dari hasil menulis , maka saya ucapkan Selamat ..anda sudah mampu membuat menulis itu menjadi mudah dan apa yang sudah dilakukan tadi adalah merupakan tindakan nyata yang cemerlang dengan cara meng “Copy Paste” bayangan dan ingatan Anda sendiri hingga menghasilkan suatu tulisan.

Dan apabila betul-betul mendesak ingin menulis namun kebuntuan masih tetap ada ya copy paste tulisan atau hasil karya orang lain jelas tidak bisa dibenarkan senantiasa harus seijin penulisnya dan jangan terlupa sumber tulisan pun disertakan . (ADE SUPRIADI, KOMPASIANA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi AHU : Watak Simbol Intonasi Perangai Jingga

 Jumat, 22 Maret 2024 Cerita guramang alasan manis kian sinis watak simbolis kehendak penawar lara senarai kehendak intim suara nurani ego k...