Selasa, 16 Oktober 2012

KUMPULAN TULISANKU

Selasa, 16 Oktober 2012



MAHALARAT
            Dalam rangka untuk memulai masa bahuma tahun ini warga Desa Angkinang Selatan khususnya di jiran Langgar Al-Kautsar menggelar acara mahalarat. Mahalarat digelar dalam upaya melestarikan tradisi masyarakat dalam mengawali masa pertanian khususnya menanam padi.
            Acara diawali dengan shalat Maghrib berjamaah. Kali ini dengan imam ustadz Ahmad Bakeri dari Padang Batung. Sebelumnya para jamaah meletakkan sebotol air mineral yang tutupnya sudah dibuka. Ustadz ini sering menjadi pemateri pada acara babacaan di Langgar Al-Kautsar setiap malam Kamis.
            Setelah shalat Maghrib dilanjutkan dengan shalat hajat, membaca surah yasin, tahlil, dan do’a. Lalu shalat Isya berjamaah.
            Setelah shalat Isya do’a. Jamaah langgar disuguhi nasi bungkus dan nasi ketan.

Kandangan, 11-10-2012

MENINGGAL DUNIA

            Pukul 18.40 WITA saya menerima sms dari nomor ponsel 089691467873 anak murid saya di MTsN Angkinang yang memberitahukan “ Bapak, Wahyudin meninggal.” Inna Lillahi wainna ilahi rajiun. Wahyudin siapa ? Di MTsN Angkinang yang saya kenal anak murid ada Wahyudin kelas IX C. Ayahnya bernama  Bahtiar  orang Bakarung. Orang Angkinang mengenalnya dengan nama Lagut.
            Benarkah Wahyudin itu yang meninggal ? Jam berapa meninggalnya ? Meninggal karena apa ?
            Padahal tadi sore saya ke sekolah tak ada kabar tentang itu. Tapi pulangnya saya berpapasan dengan  Utuh Ghalib yang membonceng isterinya naik motor arah ke hilir. Ia adalah keluarga Bahtiar. Mungkin ke tempat Wahyudin ?
            Pikiran sayapun melayang. Wahyudin selama ini saya kenal sebagai siswa periang. Walau nakal tapi nakalnya yang cerdas. Selalu ceria. Senang olahraga terutama voli dan sepakbola.
            Kami kehilangan siswa yang satu ini. Selamat jalan. Semoga amal ibadahnya diterima Allah SWT. Dan keluarga yang ditinggalkan tabah.
            Pertemuan terakhir dengan Wahyudin hari Kamis (20/9/2012) ia datang ke perpustakaan dengan teman-temannya dari kelas IX C. Baca koran BPost. “ Aku baca sepakbolanya haja,” ujar Wahyudin.

Kandangan, 21-09-2012
          

ATLAS TEMATIK KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN

            Sekolah saya mendapat buku baru. Sebanyak 50 eksemplar yakni buku Atlas Tematik HSS terbitan tahun 2011. Penerbit Intan Pariwara. Saya suka isinya. Namun yang disayangkan kenapa mesti orang luar yang menulis dan menerbitkannya.
            Bukan orang HSS asli. Tak apalah hal itu. Saya akan mengikuti lembar demi lembar buku itu. Buku itu tebalnya 76 halaman.
            Pada cover depan terdapat tulisan Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan gambar peta HSS. Sumber buku diantaranyta dari humashss.blogspot.com, dsb. Memuat foto-foto menarik, data akurat yang mungkin diambil dari sumber yang terpercaya. Baik dari internet maupun langsung ke sumber.
            Tak ada gading yang tak retak. Buku inipun terdapat kekeliruan. Seperti salah cetak. Contoh yang sangat fatal adalah penulisan Gunung Kantawan (yang benar). Tapi di dalam buku disebut Gunung Kentawang. Ini terjadi berulang-ulang.
            Apapun adanya buku ini sudah banyak membuat saya terhibur dan menambah wawasan saya. Walau lahir dan hidup di HSS. Tapi jarang saya menemukan bahan bacaan seperti ini. Hingga motivasi saya menampilkan HSS diblog saya lebih detail dan akurat. Foto HSS diperbanyak nantinya. OK ! Bravo HSS.
Kandangan, 03-10-2012


PUISI AKHMAD HUSAINI  :

MENATAP WAJAH KANDANGAN HARI INI

Terasa benar-benar membosankan
aku salah
aku bodoh
masihkah ada harapan
menatap wajah kandangan hari ini
terasa pesimistis menghadang
bilakah seperti mereka
bisa merangkai kata lebih bermakna
tinggalkan keegoan
Farid WSH pergi mendahului
Om Ibuy pergi membawa pesan
ada banyak mimpi-mimpi
namun gersang menghadang
lamunan memendar mayapada
tinggalkan segala kebosanan
antara igau dan mimpi
meretas puji hutan imajiner

Kandangan, 10 Oktober 2012


MENENGOK KEGIATAN ARISAN / YASINAN
MALAM JUM’AT DI JIRAN LANGGAR AL-KAUTSAR
DESA ANGKINANG SELATAN KECAMATAN ANGKINANG
KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN

            Arisan / yasinan malam Jum’at sudah berlangsung sejak puluhan tahun silam. Digelar setiap Kamis malam dari rumah ke rumah / bergiliran. Sebagai ajang silaturrahmi antar warga. Memperat ukhuwah Islamiyah. Yang diharapkan akan tetap terus berlangsung.
            Usai shalat Isya warga yang menjadi anggota yasinan beranjak menuju rumah warga yang kena giliran. Hampir setiap kaum laki-laki baik tua maupun muda di Jiran Langgar Al-Kautsar adalah anggota yasinan / arisan malam Jum’at.
            Tiba dirumah mereka menempati tempat yang disediakan dengan duduk lesehan. Sambil menunggu yang lain mereka berbincang.
            Sementara Irul, yang bertugas mencatat anggota yang bayar arisan. Setelah warga terkumpul acara dimulai. Kaderi, tetuha agama mengomando. Diawali dengan pembacaan surah Yasin. Dilanjutkan dengan shalawat kamilah, tahlil, dan diakhiri dengan do’a.
            Setelah itu ada tausyiah bersama tuan guru yang sudah diundang. Materinya menyesuaikan momen yang dihadapi. Bisa juga pelajaran fiqh.
            Selesai ceramah warga dijamu dengan makanan yang sudah disediakan tuan rumah. Begitulah aktivitas keagamaan di tempat tersebut. Diharapkan tetap eksis sebagai wahana pemersatu ummat.
Kandangan, 24-8-2012



MUSIM MALING

            Akhir-akhir ini warga HSS dihantui ketakutan. Takut dengan bergentayangannya rampok dan maling di daerah mereka.
            Diduga pelaku berasal dari luar daerah bahkan luar pulau. Was-was pun mengganggu tidur malam. Juga siang hari pelaku tetap melakukan aksinya. Positifnya atas kejadian ini wargapun giat siskamling pada malam hari. Tingkat kewaspadaan cukup tinggi.
            Warga sangat peka dan kritis. Bila ada kendaraan bermotor mencurigakan singgah di tempat mereka. Lantas dicatat lalu ditanyai sopirnya.
            Hingga ada kejadian lucu. Seorang pambakal yang malam itu sedang ronda bersama warganya. Tiba-tiba lewat seorang yang mencurigakan memakai sarung dan samurai. Lantas dicegat oleh pambakal. Tapi tiba-tiba wajah pambakal berubah pucat pasi. Ternyata yang dicegat adalah ayahnya sendiri.
            Berbagai modus dilakukan oleh perampok. Dengan berusaha menjadi penjual minyak urut. Diduga mereka mencari sasaran dengan survei tempat yang bakal diincarnya dikemudian hari.
            Kejadian lain seorang wanita pedagang pancarikinan kedatangan tamu. Ditanya, “ Suaminya kemana?” Lantas dijawab sedang madam. Mendengar hal itu tamu yang ternyata maling itupun cukup leluasa menguras harta pemilik warung itu.
            Sikap kehati-hatian cukup digalakkan saat seperti ini. Agar keamanan selalu terjaga. Perampok dan maling yang cukup meresahkan warga ini enyahlah segera dari muka bumi !

Kandangan, 02-10-2012


KEBERUNTUNGAN
            Saya ke BKD HSS. Ada nama teman saya yang masuk database kategori I. Dia diangkat jadi PNS. Nasib seseorang siapa yang bisa menduga. Beginilah yang dialami teman saya Sarmiji (32). Ia kini diangkat jadi PNS.
            Padahal dulu itu sesuatu hal yang tidak mungkin. Apalagi ia hanya lulusan tsanawiyah. Tapi Tuhan Maha Adil.
            Kejujuran dan kesabaran sebagai jalan hidupnya. Setamat tsanawiyah ia membantu ibunya. Bertani, berkebun, dan membuat sangkar burung. Kerja serabutan.
            Ibunya berjualan di SDN Angkinang 1. Saat Angkinang sipimpin Camat Hj. Siti Erma, S.Sos, Sarmiji beruntung. Ia jadi pesuruh di Kantor Kecamatan Angkinang. Atas bantuan ibu camat pada pada Sarmiji mengakhiri masa lajang. Sekarang ia sudah dikaruniai anak.
            ” Saya tidak mengira,” ujar Miji.
            Dan kini Miji menyandang  status PNS. Sementara saya yang lulusan MAN sudah bertahun-tahun jadi honorer tak juga ada kabar statusnya. Baik status sebagai PNS maupun status kawin.
            Sarmiji gambaran manusia pantang menyerah dan sabar. Bermacam rintangan telah ia jalani. Kebal sudah dengan kemiskinan yang mendera.
            Sebelum bekerja di kantor camat Sarmiji pernah pula melakoni sebagai pangangarun. Merasakan pahit getirnya kehidupan. Ia bersyukur. Selalu sukses kawanku !
Kandangan, 9-4-2012
 

BELAJAR MEMBUAT BLOG
            Sabtu (25/8) pukul 09.30 WITA saya ke rumah ibu Novi di Bakarung. Beliau me sms tadi pagi mau diajari membuat blog. Rencana itu sudah lama beliau sampaikan kepada saya. Tapi baru kali ini ada waktu.
            Saat saya datang ibu Novi menyuruh ke dalam dulu. Dia mau shalat. Shalat dhuha kali ?
            Di kamar tampak dua anak laki-laki sedang bermain PS. Yang satu saya kenal Ilman, siswa kelas VII B. Saya duduk menikmati secangkir sirup. Tak lama kemudian Ibu Novi mengajak saya ke tempat komputer berada. Saya mengajari apa adanya. Semampu pengetahuan yang saya miliki. Beliau membuat blog PELANGI KANDANGAN dengan alamat http://noviabdullah.blogspot.com
            Saya merasa minder tatkala ibu Novi membuka blog milik MIN Habirau Tengah. Walau hanya blogspot tapi tampilannya mirip website resmi. ” Mereka ikut lomba blog guru dan blog sekolah. Ada pengumumannya di Kemenag HSS,’’ beritahu Ibu Novi.
            Sekitar se jam berada di rumah ibu Novi, saya pulang. “ Terima kasih banyak. Kalau ada yang perlu saya tanyakan bisa saya sms,” ujar ibu Novi.

Kandangan, 25-8-2012



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi AHU : Watak Simbol Intonasi Perangai Jingga

 Jumat, 22 Maret 2024 Cerita guramang alasan manis kian sinis watak simbolis kehendak penawar lara senarai kehendak intim suara nurani ego k...