Minggu, 22 Juli 2012

PERNIK RAMADHAN 1433 H





KANDANGAN DI BULAN RAMADHAN


            Pasar Muara Ulin Desa Wasah Kec. Simpur  Kab. HSS merupakan salah satu tempat pasar wadai setiap bulan Ramadhan tiba. Disini dijual aneka kue khas dan masakan lainnya. Bisa digunakan untuk berbuka maupun santap sahur.
            Selain di Muara Ulin,  pasar wadai juga bisa ditemukan di kawasan Pasar Kandangan dan Angkinang. Biasanya buka pada pukul 11.00 – 13.00 WITA. Ramadhan begitu  berkesan. Pada malam hari  ada warung pencok yang menjual dagangannya. Ini bisa ditemui di sepanjang pinggir jalan di Kecamatan Angkinang.
            Saat bulan puasa seperti ini saya teringat masa kecil. Masa yang begitu indah. Ramadhan disambut warga kampung saya dengan suka cita. Langgar dibersihkan jauh-jauh hari.  Agar ibadah terasa nyaman dikerjakan.
            Malam usai tarawih kami tadarus Al-Qur’an. Biasanya berakhir tengah malam. Sebelum pulang kami menikmati hidangan kue dan secangkir teh manis. Hasil batuturuk atau diberi orang.
            Dinihari kami mengadakan bagarakan sahur. Kami lakukan hal itu untuk membangunkan warga untuk sahur. Kami menggunakan alat-alat bekas . Seperti panci, rinjing, botol, kaleng susu, dsb. Jadi irama musik yang syahdu mendayu-dayu.
            Anak-anak main meriam bambu atau kami sebut laduman paring. Juga main alili kambang sarai. Menyalakan lampu dari cangkang kalimbuai.
            Ramadhan sekarang terasa berbeda dengan yang dulu. Kini saya merasakan kehampaan . Banyak perbedaan yang signifikan ditemui.

Kandangan, 18 Juli 2012
( Menjelang tibanya bulan suci  Ramadhan 1433 H )


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi AHU : Watak Simbol Intonasi Perangai Jingga

 Jumat, 22 Maret 2024 Cerita guramang alasan manis kian sinis watak simbolis kehendak penawar lara senarai kehendak intim suara nurani ego k...