Rabu, 06 Februari 2013

SUARA BLOGGER

Rabu, 6 Februari 2013

JELAJAH HSS DI SORE HARI

    Saya hobi jalan-jalan. Hobi ini sudah saya geluti beberapa tahun terakhir. Kali ini jalan-jalan saya lakukan saat musim hujan dan banjir. Beberapa hari lalu tepatnya di sore hari.
    Kali ini touring seputaran Hulu Sungai Selatan saja. Saya sendirian naik motor. Tak lupa bawa kamera digital untuk mengabadikan momen-momen menarik yang akan saya temui selama diperjalanan.
    Pulang kerja saya istirahat sebentar. Usai shalat Ashar perjalanan saya mulai. Saya melewati Desa Kayu Abang, Kecamatan Angkinang. Nuansa pedesaan sangat terasa disini.
    Saya sempat memotret seorang wanita tua sedang mahancau disamping rumah. Karena hari itu kebetulan usai hujan lebat hingga air meluap. Anak ikan bisa didapat dengan mudah lewat mahancau.
    Puas melihat orang mahancau saya terus. Pemandangan sawah yang menghijau karena orang selesai batanam. Saya terus saja.
    Setelah puas di Desa Kayu Abang saya terus. Masih di Kecamatan Angkinang. Tepatnya di Desa Wawaran. Disini terkenal sebagai penghasil ikan. Hal yang sama saya temui. Banyak orang mahancau. Seperti yang saya temui diatas sebuah jembatan. Disana banyak orang berkerumun. Yang mahancau sekitar tiga orang. Kebetulan sungai dibawah jembatan tersebut sedang pasang. Saya beberapa saat berada disana. Foto-foto orang mahancau. Bercengkerama dengan warga disana.
    Puas di Wawaran saya terus. Saya lewat Sungai Kupang. Air sungai tampak menguning alias keruh. Membawa banyak sampah yang hanyut. Mungkin akan banjir ?
    Di Sungai Kupang yang masuk wilayah Kecamatan Kandangan, saya lewat persawahan yang berada dikiri-kanan jalan. Banyak orang memancing disana.
    Saya terus melewati Jembatan 3 Desember. Terus ke Amawang. Terus ke Kecamatan Simpur. Di Wasah Hilir singgah. Memotret masjid Su’ada. Masjid bersejarah di HSS. Yang merupakan lambang Kabupaten HSS. Masjid ini dikenal warga HSS sebagai masjid baangkat.
    Puas di Wasah Hilir saya terus. Belok kiri di Simpur. Beberapa desa terlewati, saya lupa nama-nama desa tersebut. Yang saya ingat Pamujaan. Ada orang mahancau dan memancing saya temui di daerah ini.
    Saya masuk Kecamatan Sungai Raya. Tepat di desa Batang Kulur. Disini banyak ditemui rumah orang bahari yang masih lestari.
    Perjalanan singkat beberapa jam melintasi beberapa desa di HSS cukup mengesankan.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Rumah Malam Sabtu

 Jumat, 26 April 2024 Suasana di dalam rumah saya, pada hari Jumat (26/04/2024) malam Sabtu sekitar pukul 22.15 WITA. (ahu)