Minggu, 21 Agustus 2011

HSS REALTIME





Senin, 22 Agustus 2011


JALAN ANGKINANG - TELAGA LANGSAT
RUSAK PARAH

Warga di dua kecamatan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan mengeluhkan kondisi jalan antara Pasar Angkinang ( Kecamatan Angkinang ) hingga Desa Mandala ( Kecamatan Telaga Langsat ). Pasalnya ruas jalan sepanjang kurang lebih 5 Km itu cukup parah dan memprihatinkan. Berlubang, banyak batu yang menonjol ke permukaan, aspal terkelupas dan anjlok.

Puluhan tahun tak pernah tersentuh tangan pemerintah. Bahkan saat HSS dibawah kepemimpinan Bupati HM Safi'i tak ada tanda-tanda diperbaiki. " Mereka lebih mementingkan yang lain. Lebih mendahulukan tanah kelahiran untuk dibenahi insfrastrukturnya, " keluh warga.

Pengguna jalanpun terganggu. Titik-titik kerusakan terdapat di : Simpang Tiga Desa Mandala, Depan Pekuburan Muslimin, Gala-Gala, Mandampa, Sungai Hanyar, dan Depan Kantor PDAM IKK Angkinang.

Kondisi terparah ada di Desa Mandampa dan Sungai Hanyar. Jalan tahantak (anjlok/amblas) beberapa meter. Sehingga pengguna jalan harus ekstra hati-hati ketika melewatinya.

Ketidaknyamanan dialami Manda, seorang pelajar SMA di Kandangan. Ia mengaku tiap hari melewati jalan tersebut. Rasa was-was kerap menghantui pikirannya.

" Jangan-jangan nantinya ban motor saya bocor. Karena kondisi jalan yang tidak bersahabat tersebut. Ada batu yang menonjol, berlubang, dan aspalnya terkelupas, " ujar pelajar yang tinggal di Telaga Langsat itu. Manda pernah tidak masuk sekolah gara-gara ban motornya bocor. Akibatnya rencana sekolah jadi terhambat. Ia juga pernah tabrakan dengan pelajar lainnya gara-gara menghindari lubang di tengah jalan.

Kalau tidak ditangani dengan segera, tidak menutup kemungkinan jalan Angkinang - Telaga langsat bakal terancam putus. Ini tentu akan lebih merugikan lagi. Secepatnya pihak terkait di Pemkab HSS menangani masalah yang satu ini. Entah sampai kapan hal ini akan berlangsung. Seakan terjadi semacam pembiaran oleh Pemkab HSS.

" Jangan jalan ampah ka Nagara haja nang mulus. Mantang-mantang Bupatinya urang Nagara. Kami gin handak jua marasai jalan nang mulus wan baaspal hotmix. Nyaman malancarakan parikunumian di dua kacamatan, " harap warga.

Adakah kepedulian Pemkab HSS dengan masalah ini ? Jangan anaktirikan Kecamatan Angkinang dan Telaga Langsat ! Mereka juga adalah bagian dari Kabupaten Hulu Sungai Selatan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jembatan MTsN 3 HSS Jumat Pagi

 Jumat, 26 April 2024 Melihat kondisi jembatan kayu ulin MTsN 3 HSS, pada hari Jumat (26/04/2024) pagi. (ahu)