Kamis, 20 Mei 2010

NAPA SHAY ?

Jum'at, 11 Juni 2010


LOMBA GOTONG ROYONG

Jum'at (11/06/2010) digelar lomba gotong royong di Tembok Rel Desa Angkinang Selatan, Kec. Angkinang Kab.HSS.Diikuti warga masyarakat dan unsur muspika Kec. Angkinang dan pelajar. Menumbuhkembangkan sikap kebersamaan warga dalam mengatasi suatu masalah.



SELAMAT ULTAH 
TABLOID URBANA
Oleh : Akhmad Husaini
( Pengelola blog : www.sketsahss212.blogspot.com )

Menginjak tahun pertama saya telah menjadikan Tabloid Urbana sebagai bacaan utama. Pertama saya kenal Tabloid Urbana pada Agustus 2009, dikenalkan rekan saya Muhammad Faried, kontributor sekaligus agen Urbana untuk wilayah Kandangan dan Rantau. Pertama kenal Urbana saya sudah jatuh hati.
Lewat surat ini izinkanlah saya pribadi mengucapkan selamat ulang tahun ke 1. Semoga tercapai apa yang dicita-citakan sesuai motto : Jujur Memberi Makna.
Sebagai rasa suka cita yang mendalam satu tahun keberadaan Tabloid Urbana di Kalimantan Selatan, saya turut berbangga dan turut mengacungkan jempol untuk seluruh staf dan kru yang terlibat langsung maupun tidak langsung dalam pengelolaan Tabloid Urbana.
Minta maaf ! Saya tidak menggurui. Kiranya dalam mengelola sebuah media perlu dimiliki wawasan yang luas. Saya berharap Tabloid Urbana dapat bertahan untuk terus terbit bagaimanapun sulitnya. Tidak ada keberhasilan tanpa ada pengorbanan yang banyak. Bila pengelolanya ikhlas, berusaha terus belajar dan tidak jatuh ke golonganisme Insya Allah Tabloid Urbana dapat merebut hati para pembacanya yang tersebar di Kalimantan Selatan.
Tabloid Urbana diharapkan pula dapat menjaga prinsip pers bebas dan bertanggung jawab. Jangan mudah terpancing oleh usul-usuk dari pembaca yang menginginkan Urbana diisi macam-macam yang dapat menimbukan instabilitas di daerah ini. Juga diharapkan Urbana tidak menampilkan foto-foto yang menjurus kepada pornografi.
Terima kasih banyak atas kerjasama dan bantuannya selama ini memuat tulisan saya di rubrik Mubina. Mudah-mudahan berikutnya tulisan saya dapat dimuat kembali. Tidak hanya berkisar tentang pengalaman misteri tapi juga nantinya tulisan untuk rubrik : Interaktif, Tahukah Anda, Bingkai, Sastra, Oase, dsb.
Akhirnya, sekali lagi saya ucapkan selamat berulang tahun moga panjang umur. Tetap diberikan bimbingan oleh Allah SWT agar menjadi lebih baik lagi. Salah khilaf mohon dimaafkan.
Salam
Akhmad Husaini
Jl. A.Yani Km.8 Angkinang Selatan
RT.1 No.40 Kec. Angkinang Kab. HSS
Kandangan 71291





KERAJINAN KUNINGAN NAGARA
Oleh : Akhmad Husaini
(Pengelola blog : www.sketsahss212.blogspot.com)


Sejak dulu Nagara, Kabupaten Hulu Sungai Selatan dikenal sebagai daerah industri tradisional barang-barang kuningan. Umumnya produk lama barang kuningan daerah ini berkualitas bagus dan bervariasi bentuknya. Barang-barang kuningan produksi lama yang sangat terkenal dari daerah tempat kelahiran Bupati HSS DR. H. Muhammad Safi’i M.Si ini antara lain : peralatan menginang, abon, sasanggan, gayung, dan piala. Sedangkan produk barang-barang kuningan sekarang bentuknya sangat sederhana, pembuatannya lebih praktis. ” Hanya membuat barang-barang kuningan yang cepat laku di pasaran,” ujar satu perajin.
Produk barang-barang kuningan Nagara sekarang kebanyakan berupa roda kapal, tuangan kue, dan setrika.
Bahan baku pembuatan barang-barang kuningan Nagara dibuat dari barang kuningan bekas, lalu dicampur dengan logam lain seperti tembaga, timah, atau seng dengan perbandingan 25 : 7 : 3. Sedang bahan bantu yang digunakan untuk pembuatan barang-barang kuningan antara lain : lilin wanyi, tanah liat, kayu arang, dan kayu bakar. Sementara peralatan yang digunakan antara lain : kuali, tungku, palu, ayakan, perapen pembakaran, kakaut ulayan, penjepit, dan kikir.
Pembuatannya melalui proses yang cukup panjang. Diawali dengan membuat lempengan lilin wanyi yang dibentuk sesuai dengan model cetakan (sangiran) yang diinginkan. Lempengan yang sudah berbentuk obyek itu disebur limbagan lilin, kemudian dibungkus dengan tanah, dipanaskan, lilin yang mencair dikeluarkan melalui lobang maka terciptalah limbagan tanah. Berikutnya limbagan tanah diisi dengan cairan kuningan, setelah dingin limbagan tanah dipecah. Maka terciptalah barang-barang kuningan. Sekarang ini cara yang lebih praktis sudah menggunakan cetakan kuningan.




NGGAK ASYIK LAGI

Ah kenapa Tribun Nesw. Com bertingkah ? Sulit memuat berita yang kutulis. Mau ngirim foto cepat hilang. Dunia-dunia. Jangan menyayangi terlalu-lalu entar bosan jadinya. Kamu sih keterlaluan.

Belum lagi soal gajian bulanan yang belum cair. Utang menumpuk. Ah.....aku kini sedang resah. Masalah...masalah. (akhmad husaini)



MAMANDA DI MANDAPAI

Tadi malam di Mandapai, Kec. Padang Batung, HSS, digelar kesenian tradisional mamanda tentang kerajaan Gumilang Kaca.

Kegiatan ini untuk menghibur warga dan peserta Napak Tilas Luran Teks Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan. Pemain gabungan dari sanggar La Posko Bastari, sanggar Kantawan, dan sanggar Sampuraga. (akhmad husaini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi AHU : Watak Simbol Intonasi Perangai Jingga

 Jumat, 22 Maret 2024 Cerita guramang alasan manis kian sinis watak simbolis kehendak penawar lara senarai kehendak intim suara nurani ego k...