Rabu, 09 Maret 2016

Menyaksikan Garaha di Angkinang

Kamis, 10 Maret 2016




Rabu (09/03/2016) pukul 08.30 WITA langit di Desa Angkinang Selatan, Kecamatan Angkinang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), tempat saya tinggal terlihat gelap. Fenomena Gerhana Matahari Total (GMT) yang terjadi hanya beberapa menit saja, setelah itu terang kembali. Langit terlihat gelap gulita, seperti malam hari.

Warga tampak ke luar rumah melihat garaha, sebutan orang Banjar untuk gerhana tersebut, dimana ada yang turut mengabadikan momen langka tersebut dengan kamera handphone. Walau tidak terkena GMT 100 persen tapi gerhana cukup terasa di Angkinang. Ada sekitar beberapa menit berlangsung setelah itu hilang. Tampak angin tak berhembus.

Sebelumnya saya ingin menyaksikan GMT di Kabupaten Balangan, namun karena batal saya di rumah saja hari itu. Tapi saya merasakan kepuasan yang luar biasa saat menyaksikan gerhana di Angkinang. Tak lupa mengucap takbir tasbih. Sebelumnya pagi-pagi saya sudah bangun menyiapkan menyaksikan fenomena langka tersebut. Sesekali keluar masuk rumah untuk menantikan gerhana matahari tiba. (akhmad husaini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Melihat Sungai Angkinang Selasa Pagi

 Ahad, 22 September 2024 Melihat kondisi terkini sungai Angkinang yang mengalir di RT 3 Desa Angkinang Selatan, Kecamatan Angkinang, Kabupat...