Minggu, 14 Juli 2024

MTsN 3 HSS Menjadi Madrasah Favorit di Angkinang

 Ahad, 14 Juli 2024

Dari Diary Akhmad Husaini, Sabtu (03/06/2023) 

Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Hulu Sungai Selatan (HSS), yang dulunya bernama MTsN Angkinang, terletak di Jalan A Yani Km 7,5 Desa Angkinang, Kecamatan Angkinang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Merupakan satu dari dua MTs di Kecamatan Angkinang.

MTsN 3 HSS satu-satunya MTs di Kabupaten HSS bahkan (mungkin) di Banua Enam yang berada di tepi jalan nasional / Trans Kalimantan. Tepatnya berada di sisi kiri arah ke Banjarmasin. Sehingga keberadaannya cukup strategis. 

Saat ini jumlah siswanya mendekati angka 500-an. Setiap tahun selalu bertambah. Saat ini yang jadi Kepala MTsN 3 HSS adalah Bapak H Obtain Hary Subagyo (OHS). Dibantu empat Wakil Kepala Madrasah (Wakamad). 

Yakni Wakamad Bidang Kurikulum Ibu Sri Indah Novita Lasari, Wakamad Bidang Kesiswaan Bapak M Mukhlianor, Wakamad Bidang Sarana Prasarana Bapak H Saleh Suaidi, dan Wakamad Bidang Hubungan Masyarakat (Humas) Bapak Hasmiadi.

MTsN 3 HSS memiliki 50-an lebih tenaga pendidikan dan kependidikan. Untuk Tata Usaha yang menjadi Kepala Tata Usaha (TU) sekarang Ibu Hj Nornajati. Dengan beberapa orang staf, yang berstatus ASN maupun PTT.

Satu sarana penunjang penting di MTsN 3 HSS adalah Perpustakaan. Nama perpustakaannya, Perpustakaan Darul Fikri, dengan Kepalanya Bapak Muhammad Jazuli. Memiliki banyak koleksi buku baik buku pelajaran maupun buku umum. 

Sementara untuk guru Olahraga / Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan (Penjasorkes) ada 4 orang, yakni tiga Aparatur Sipil Negara (ASN) dan satu Guru Tidak Tetap (GTT) . Mereka adalah Bapak Akhmad Yamani, Bapak Tomas Agi, Bapak M Zain Nuryadin, dan Bapak Abdul Rajak. 

Kemudian guru Bimbingan Konseling (BK) juga ada empat orang, tiga ASN dan satu GTT. Mereka adalah Ibu Jauharatunnisa, Ibu Mahfuzah, Bapak Zainudin, dan Ibu Nita Aprilasari.

Untuk Tahun Pelajaran 2022/2023 ini ada banyak kegiatan Ekstra Kurikuler (Ekskul) di MTsN 3 HSS. Diantaranya ada Futsal, Tari, Burdah, Multimedia, Drumband, Paskibra, dsb.

Prestasi MTsN 3 HSS cukup banyak. Terakhir ada Rehadatul Aisa, siswa Kelas IX yang meraih medali Perunggu cabor Kempo pada POPDA Kalsel Tahun 2023 di Banjarmasin. 

Lalu Juara I Putera Puteri Kejuaraan Bola Voli di Kabupaten Tapin. Juara II KSM Tingkat Provinsi Kalsel. Seorang siswanya ikut Jambore Nasional di Jakarta, bersama beberapa anggota pramuka Kabupaten HSS. 

Sekarang MTsN 3 HSS kembali aktif di dunia pemberitaan seputar madrasah, di bawah pengelolaan Hubungan Masyarakat (Humas) MTsN 3 HSS, baik lewat media Blog, Facebook, YouTube, dan Habar Salambar.

Dengan gencarnya penyebaran informasi MTsN 3 HSS diharapkan bisa mengenalkan potensi yang ada di madrasah ke masyarakat, yang kemudian bisa memunculkan ketertarikan dan rasa mencintai terhadap MTsN 3 HSS yang akan terus berkembang maju. (ahu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bapak M Zain Nuryadin Beri Arahan Kepada Siswa MTsN 3 HSS Sebelum Praktek PJOK

 Kamis, 19 September 2024 Bapak M Zain Nuryadin, seorang guru Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan (PJOK) di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MT...