Selasa, 18 Juni 2019

Pertempuran Bagambir

Rabu, 19 Juni 2019

Bagambir adalah kampung yang ada di Angkinang, terletak sekitar 12 kilometer dari Kandangan, ibukota Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), arah ke utara. Di tempat ini pada akhir tahun 1948, pasukan gabungan ALRI Divisi IV yang terdiri dari pasukan O-12 dipimpin oleh Alimin.

Kemudian Pasukan Z-61 dipimpin oleh Said Charly dan Pasukan R-27 dipimpin oleh Surjani alias Pambalah Batung, melakukan penghadangan terhadap konvoi militer Belanda.

Dikutip dari buku Lintas Revolusi Fisik Tahun 1945-1949 Daerah Kalimantan Selatan di Hulu Sungai Selatan, konvoi truk dan jeep yang berjumlah 6 buah tersebut membawa pasukan berikut perbekalannya dari Barabai ke Kandangan.

Pertempuran sengit yang berlangsung cukup lama itu menimbulkan banyak korban dari kedua belah pihak. Di pihak ALRI Divisi IV gugur 6 orang. Diantaranya adalah Johannes (Yohannes) yang tertembak tangannya ketika hendak melemparkan granat.

Granat tersebut meledak melukai dirinya sendiri. Johannes diangkut ke Padang Batung dan meninggal di sana, setelah sempat dirawat selama tiga hari. (ahu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Ruang Tata Usaha MTsN 3 HSS Selasa Pagi

 Selasa, 14 Mei 2024 Suasana di ruang Tata Usaha MTsN 3 HSS, pada  Selasa (14/05/2024) pagi. (ahu)