Minggu, 06 Maret 2016

Gotong Royong Bersihkan Gulma di Sawah

Senin, 7 Maret 2016




Melihat kondisi tanaman padi di sawah milik Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Angkinang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) penuh dengan gulma atau rumput maka dilakukan aksi gotong royong untuk membersihkannya, Sabtu (05/03/2016) pagi.

Kepala MTsN Angkinang, Gazali, S.Ag, M.Pd.I, menyampaikan ia ikut turun ke sawah bersama para guru dan siswa. Dengan melepas sepatu dan menyingsingkan lengan baju serta melipat celana. “Kami membersihkan gulma yang memenuhi tanaman padi, yang sempat kekeringan sehingga tumbuh dengan subur,” ucap Gazali.

Menurut Gazali, hal ini untuk menanamkan rasa kebersamaan dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Selain itu untuk mendekatkan siswa dengan alam dan lingkungan. Dimana di MTsN Angkinang berada di pedesaan. “Karena rata-rata mata pencaharian utama warga di sekitar madrasah sebagai petani,” ujar Gazali.

Ditambahkan Gazali, dua petak sawah bisa diselesaikan dalam waktu beberapa jam saja. Dengan dibersihkan diharapkan tanaman bisa tumbuh subur. “Tinggal perawatan lanjutan hingga tanaman padi berbuah dan bisa di panen nantinya,” ujar Gazali.

Norpujati Syawaluna Syifa, siswi Kelas VII D MTsN Angkinang yang ikut membersihkan gulma di sawah madrasahnya, mengaku walau agak melelahkan dan merasakan gatal-gatal terkena gulma tapi hal itu tak jadi masalah. “Kami para siswa bisa merasakan bagaimana hidup sebagai seorang petani layaknya,” ujar Norpujati Syawaluna Syifa. (akhmad husaini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tabat di Desa Bamban Selatan Sabtu Pagi

 Sabtu, 21 September 2024 Suasana di sekitaran tabat / irigasi, yang ada di Desa Bamban Selatan, Kecamatan Angkinang, Kabupaten Hulu Sungai ...