Rabu, 21 Agustus 2024

Sekilas Tentang MTsN 3 Hulu Sungai Selatan

 Kamis, 22 Agustus 2024

Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Hulu Sungai Selatan (HSS), merupakan satu madrasah berstatus negeri yang berada di bawah naungan Kementerian Agama Kabupaten HSS, yang senantiasa menciptakan generasi penerus bangsa yang memiliki kompetensi dan daya saing tinggi di bidang pendidikan. 

Madrasah ini dibangun sejak awal Januari 1967 terletak di Jalan Ahmad Yani Km 7,5 Desa Angkinang Selatan, Kecamatan Angkinang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Provinsi Kalimantan Selatan. Dengan luas bangunan dan lahan  +/-5,859 m2. 

Saat ini MTsN 3 HSS dipimpin oleh Kepala Madrasah Bapak H Obtain Hary Subagyo dan Kepala Tata Usaha Hj Nornajati.

Dengan Guru Tenaga Kependidikan (GTK) terdiri dari 40 Guru PNS, 5 Guru PPPK, 3 Guru Non PNS,  4  TU PNS, 6 TU Non PNS dan memiliki 18 rombel dengan jumlah siswa 436 orang.

MTsN 3 Hulu Sungai Selatan mengemban visi, Terwujudnya Madrasah yang Berakhlakul Karimah, Berkualitas, Berprestasi dan Berwawasan Lingkungan.

Dengan melaksanakan misi, Selalu Menanamkan Akhlakul Karimah dalam. Meningkatkan pembelajaran yang bermakna, efektif, kreatif, inovatif dan menyenangkan sehingga Menumbuh kembangkan kreativitas dan profesionalitas dalam mewujudkan manajemen berbasis komitmen, kerjasama dan kinerja dengan selalu 

Meningkatkan sarana prasarana yang lengkap dan representatif, kemitraan dan kerja sama dengan masyarakatdan instansi lain. Menciptakan lingkungan madrasah yang religi, nyaman, damai, tenang, bersih, sehat, indah dalam suasana kekeluargaan. 

Dalam upaya mengembangkan potensi minat dan bakat, madrasah menyediakan berbagai esktra kurikuler (ekskul) yang sangat diminati oleh para siswa di madrasah.

Ekskul itu antara lain Futsal, Pencak Silat, Musik Panting, Musik Band, Tari Daerah, Pramuka, Paskibra, Drumband, dan Paduan Suara. Ada beberapa program unggulan yakni Tahfiz, Teknik Komputer Jaringan serta Multimedia dan Broadcasting. 

Madrasah juga selalu menghasilkan siswa-siswi yang memiliki segudang prestasi, baik akademik maupun non-akademik. Diantaranya Juara I Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Bidang IPS Terpadu Tingkat Kabupaten HSS, Juara I KSM Bidang IPS Terpadu Tingkat Provinsi Kalsel, Juara II KSM IPA Tingkat Provinsi Kalsel, Juara I KSM IPA dan Juara III KSM IPS Tingkat Kabupaten HSS.

Kemudian Juara I Tari Tingkat Kabupaten HSS, Juara I MTQ Tingkat Kabupaten HSS, Juara II Fashion Show Tingkat Kabupaten HSS, dan Juara 3 Baca Puisi Tingkat Kabupaten HSS, dan masih banyak lagi prestasi membanggakan lainnya. 

MTsN 3 Hulu Sungai Selatan telah melaksanakan Kurikulum Merdeka dalam proses pembelajaran yang memberikan keleluasaan kepada madrasah dalam merancang kurikulum sesuai dengan kebutuhan dan potensi siswa, serta konteks lokal mereka. 

Dengan Kurikulum Merdeka, MTsN 3 Hulu Sungai Selatan dapat menyesuaikan strategi pembelajaran dengan karakteristik siswa, kondisi lingkungan, dan tujuan pendidikan yang ingin dicapai. 

Hal ini memungkinkan madrasah untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih bermakna bagi siswa, memperhatikan keberagaman potensi dan minat siswa, serta mengakomodir perkembangan pesat dalam dunia pendidikan dan teknologi. (ahu) 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Siswa MTsN 3 HSS Menyiram Tanaman Rabu Pagi

 Kamis, 19 September 2024 Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Hulu Sungai Selatan (HSS) menyiram tanaman di taman bak semen madrasah, ...