Jumat, 06 September 2024

Akun Bagus Keseharian Warga Dayak Pedalaman Kalimantan

 Jumat, 6 September 2024



Baru saja saya temukan, ada akun Youtube bagus milik Megy Kahayasima, tentang aktivitas keseharian warga Dayak di pedalaman Kalimantan. Tepatnya di Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah. 

Pemilik akun saya perkirakan orang yang berpendidikan tinggi. Menguasai dunia teknologi, khususnya seputar pembuatan video yang berkualitas bagus. Kemungkinan Megy Kahayasima berprofesi sebagai pendidik atau PNS. 

Cara penulisan judul postingan yang sesuai kaidah Bahasa Indonesia. Jadi cukup enak membacanya. Setidaknya ia adalah peminat budaya Dayak. Buktinya selalu terselip postingan kesenian tradisional Kalteng, Karungut. 

Nama pemilik akun merujuk nama sungai di Kalteng, sungai Kahayan. Dalam satu postingan Megy berasal dari Puruk Cahu. 

Istilah yang kerap hadir pada setiap postingan akun ini diantaranya Suku Dayak Siang, Dayak Murung, Desa Olung Siron, Desa Cinta Budiman, Desa Makunjung, Kecamatan Tanah Siang, Barito Tuhup Raya, dsb. Warga di sana memiliki kepercayaan Hindu Kaharingan. 

Salut buat akun ini. Terus menantikan postingan terbarunya untuk disimak dan dinikmati. Kapan-kapan ada waktu dan kesempatan saya bisa datang langsung bertandang ke sana. (ahu) 

Dari Diary Akhmad Husaini, Ahad (28/07/2024) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pulang dari Menghadiri Maulid 1446 H di Tempat Paman Sani

 Kamis, 19 September 2024 Pulang dari menghadiri peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW Tahun 1446 H / 2024 M, di tempat Paman Sani, di P...