Rabu, 30 November 2016

Pengalaman Mengikuti ASKS

Kamis, 1 Desember 2016


Kalau tak ada aral Aruh Sastra Kalimantan Selatan (ASKS) XIII Tahun 2016 digelar di Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, 2 s.d 4 Desember 2016.  

Merupakan akhir putaran pertama pelaksanaan ASKS. Dimana seluruh kabupaten/kota se Kalsel masing-masing pernah satu kali melaksanakan ASKS.

ASKS I Tahun 2004 di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, ASKS II Tahun 2005 di Kabupaten Tanah Bumbu, ASKS III Tahun 2006 di Kabupaten Kotabaru, ASKS IV Tahun 2007 di Kabupaten Hulu Sungai Utara, ASKS V Tahun 2008 di Kabupaten Balangan, dan ASKS VI Tahun 2009 di Kabupaten Barito Kuala.

Kemudian ASKS VII Tahun 2010 di Kabupaten Tabalong, ASKS VIII Tahun 2011 di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, ASKS IX Tahun 2012 di Kota Banjarmasin, ASKS X Tahun 2013 di Kota Banjarbaru, ASKS XI Tahun 2014 di Kabupaten Tapin, serta ASKS XII Tahun 2015 di Kabupaten Banjar.

Selama ASKS yang saya ikuti ada hal menarik. Saya mencoba melihat dari sisi pejabat yang hadir membuka atau meresmikan pelaksanaan ASKS, berdasar ingatan saya saja.

Pada ASKS I Tahun 2004 di Kandangan yang membuka Bupati HSS (saat itu) HM Safii, ASKS IV di Amuntai dibuka Bupati HSU (saat itu) HM Fahrudin.

Lalu ASKS V di Paringin dibuka Wakil Bupati Balangan H Ansharudin, ASKS VI di Marabahan terasa lebih istimewa karena dibuka olah Gubernur Kalsel (saat itu) H Rudy Ariffin, ASKS VII di Tanjung saya lupa siapa yang membuka.

Kemudian ASKS VIII di Barabai dibuka Sekda HST, ASKS IX di Banjarmasin dibuka oleh Wakil Walikota, ASKS X di di Banjarbaru saya lupa siapa yang membuka, ASKS XI di Kabupaten Tapin bukan Bupati atau Wakil Bupati tapi Asisten saja yang membuka, ASKS XII di Martapura dibuka Pejabat Bupati saat itu.

Dua kali saya absen tak ikut saat ASKS II dan ASKS III. ASKS XIII Tahun 2016 di Kabupaten Tanah Laut Insya Allah saya akan berpartisipasi kembali. Saya berangkat bersama rombongan sastrawan Kabupaten HSS.

ASKS merupakan ajang pertemuan akbar sastrawan Kalsel yang dihelat setahun sekali. Untuk putaran II nanti Kabupaten HSS siap menjadi tuan rumah pertama pada ASKS XIV Tahun 2017. (akhmad husaini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suasana di Ruang Tata Usaha MTsN 3 HSS Selasa Pagi

 Selasa, 14 Mei 2024 Suasana di ruang Tata Usaha MTsN 3 HSS, pada  Selasa (14/05/2024) pagi. (ahu)